Menjadi guru yang Inspiratif

“Guru yang sedang-sedang saja memberitahukan. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang ulung mendemonstrasikan. Dan maha guru itu menginspirasi”
(William Arthur Ward)
Bagi sebagian besar pendidik, menjadi seorang guru adalah panggilan. Panggilan untuk bisa memotivasi siswa, menginspirasi dan memberi ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Tidak banyak guru yang merasa terpanggil dengan tugasnya. Terbukti, masih banyak kita dengar keluhan guru denga tugas yang menumpuk, karakter siswa yang luar biasa, dan berbagai macam godaan dan masalah yang dihadapi di sekolah. Namun bagi guru yang mengajar dengan hati, itu semua bisa diatasi. Mereka menjadikan mengajar sebagai hiburan. Sebagai ladang amal untuk menyebar kebaikan. Dengarlah para guru, tidak perlu berharap apapun kepada siswamu, namun yakinkan hatimu bahwa salah satu di antara tangan mereka akan membawamu kelak ke syurga-Nya.
Menjadi  guru yang inspiratif bagi siswa adalah sebuah prestasi dan impian semua pendidik. Bayangkan jika kita mengisnpirasi seorang siswa dengan cerita dan pelajaran kita, mereka akan menjadikan kita sebagai roll model  dalam kehidupannya. Mereka akan menjadikan kita sebagai sosok yang inspiratif, dan menjadi idola serta motivasi dalam menjalankan hidupnya. Untuk itu, sebagai panutan dan contoh bagi siswa, sudah sepantasnyalah seorang guru harus memiliki wawasan yang luas, serta kreatif. Tidak semua guru bisa menjadi idola, dan sumber motivasi bagi siswanya. Namun sebagai pendidik, tentu kita bisa belajar untuk menjadi inspirasi bagi siswa kita. karena guru yang inspiratif tidak hanya mengajar, tapi mendidik dan berbicara dengan hati. 

0 comments:

Post a comment