Tipe Guru yang Dibutuhkan di Abad 21

Guru adalah pelangi, yang bisa meberi warna warni kepada anak didiknya.
            Bagaimana menjadi guru di abad 21 ini? Yang mana notabene siswa yang dihadapi tidak seperti kita di zaman sekolah dulu. Bagaimana caranya menjadi guru yang tetap eksis dan dicintai, dan menjadi inspirasi bagi siswa. Bagaimana cara mengimbangi kemajuan teknologi komunikasi dan semakin mudahnya informasi diserap oleh generasimilenial ini?  mari kita simak ulasan berikut ini!
 Tipe Guru yang Dibutuhkan di Abad 21 bagi Generasi Milenial
1.      Tipe Guru yang Bisa Dipercaya
Menjadi guru bagi generasi milenial yang pertama adalah, bisa dipercaya. Apa maksudnya? Banayak anak yang berbohong kepada gurunya karena ada rasa takut.  Kita sebagai guru harus percaya kepada siswa, jangan karena ketakutannya kepada kita menjadikan dia suka berbohong untuk menyelamatkan dirinya saja saat itu. Selalu sampaiakn, “Ibu lebih senang Kamu jujur dari pada berbohong, karena kejujuran itulah yang membawa kita menuju keberhasilan. Karena satu kebohongan akan menimbulkan seribu kebohongan lainnya!” Jadi, janganlah kita menjadi guru yang menakutkan bagi siswa dengan mempercayai kata-kata siswa kita.
1.      Tipe Guru yang Mudah Beradaptasi

Menjadi siswa sekarang ini berbeda dengan kita menghadapi siswa pada era 70 atau 80-an. Kalau dulu kita di dalam kelas, melihat guru saja, sudah sangat takut dan segannya, sekarang anak milenial dengan santainya menggandeng tangan kita masuk ke kelasnya. Kalau dulu guru main pukul dan bentak, sekarang tidak bisa lagi. Bahkan ada siswa yang membalas ketika dipukul dan dibentak. Jadi sebagai guru di abad 21 ini, kita harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman dan karakter siswa. 

0 comments:

Post a comment