Skenario Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Berita


SKENARIO PEMBELAJARAN UNTUK DIANALISIS
A. MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1.        Pendidik mengucapkan salam dan meminta Ketua Kelas untuk memimpin doa.
2.        Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya (jika mulai di jam pertama).
3.        Pendidik memeriksa kehadiran  dan kesiapan peserta didik.
4.        Mengaitkan materi dengan pengalaman peserta didik  atau dengan tema sebelumnya  yaitu mengidentifikasi  dan menyimpulkan isi berita.
5.        Mengajukan pertanyaan pendahuluan:
ü  Apakah kalian tahu tentang berita?
ü  Dimana saja kita bisa membaca atau menyimak berita?
ü  Unsur apa saja yang terdapat dalam berita?
6.        Pendidik memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari teks berita dalam kehidupan sehari-hari.
7.         Pendidik menyampaikan kompetensi dasar, tujuan dan garis besar kegiatan pembelajaran.
8.        Peserta didik menyaksikan tayangan berita singkat tentang peristiwa  aktual yang terjadi di tengah masyarakat.
9.        Peserta didik melakukan curah pendapat untuk menggali pengalaman mereka berkaitan dengan berita yang pernah didengar, ditonton, atau dibaca dalam kehidupan sehari-hari.
10.    Peserta didik merepon pertanyaan-pertanyaan membangun konteks berkaitan dengan berita yang diajukan oleh pendidik:
ü  Apakah yang kalian ketahui tentang berita?
ü  Peristiwa apa saja yang sering diberitakan?
ü  Apa tujuan orang menulis dan menyajikan berita?
ü  Mengapa berita itu penting dalam kehidupan?
ü  Bagaimana pendapatmu terhadap berita bohong atau hoax?
ü  Apa sikap kamu jika mendengar atau membaca berita bohong?
ü  Bagaimana penggunaan bahasa dalam sebuah berita?
11.    Peserta didik menyusun pertanyaan terkait dengan teks berita.
12.    Pertanyaan yang diharapkan muncul adalah
ü  Apa saja struktur teks berita
ü  Apa saja ciri kebahasan teks berita.
ü  Hal apa saja yang akan ditelaah pada telaah teks berita?
ü  Bagaimana hasil telaah struktur teks dan kaidah kebahasaan teks berita?
13.    Secara berkelompok peserta didik menerima lembar format telaah berita  yang didengar dan dibaca  yang telah disiapkan guru.
14.    Guru melakukan pengamatan untuk menilai sikap peserta didik.
15.    Secara berkelompok peserta didik mengamati beberapa berita pada koran atau majalah yang dibagikan oleh pendidik.
16.    Peserta didik memilih, membaca, dan mencermati satu teks berita sebagai teks model.
17.    Peserta didik membaca mengidentifikasi dan menuliskan bagian-bagain struktur teks berita
18.    Peserta didik menuliskan secara rinci kaidah kebahasaan yang menjadi ciri teks berita yang dibaca, ataralain kata baku, kalimat langsung, konjungsi temporal dan keterangan tempat dan waktu menggunakan format yang telah disediakan.
19.    Peserta didik menyimak berita yang diperdengarkan/tayangkan oleh pendidik.
20.    Secara berkelompok peserta didik menelaah struktur teks dan ciri kebahasaan teks berita yang disimak dengan mengisi format telaah menyimak berita. Format telaah berisi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan berita, antara lain: pokok-pokok berita pada setiap bagian struktur teks,
21.    Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan dan menelaah teks berita yang dibaca dengan mengisi format telaah yang disediakan oleh pendidik. Pada kegiatan menelaah peserta didik  mengisi format telaah berbentuk kartu telaah yang dibagikan guru. Kartu telaah berisi berita yang akan ditelaah  dan petunjuk cara penelaahan, yakni merici bagian-bagian struktur teks.
22.    Peserta didik menggambarkan struktur teks berita yang dibaca beserta bukti berupa paragraf ke - serta  kalimat yang disari dari teks berita yang dibaca.
23.    Peserta didik mendata penggunaan kata baku dan tidak baku, kalimat langsung, kata konjugsi temporal, dan kata keterangan tempat dan waktu, menelaah ketepatan penggunaan kata baku dan tidak baku dalam berita yang dibaca, menganalisi ketepatan penggunaan penulisan kalimat langsung dan perbaikannya.
24.    Peserta didik menempelkan hasil telaah (format telaah struktur teks, format telaah kaidah kebahasaan, gambar struktur teks dan buktinya, pada kertas plano.
25.    Peserta didik melakukan kunjung kerja ke kelompok lain, satu orang anggota kelompok bertugas menjelaskan hasil diskusi di kelompok masing-masing.
26.    Kelompok yang dikunjungi melakukan presentasi dan memberikan penjelasan hasil kerja kelompok, peserta didik yang berkunjung, memberikan merespon hasil dengan memberikan tanggapan dan pertanyaan untuk mendalami dan mengetahui kebenaran hasil telaah teks berita yang telah dibaca.
27.    Peserta didik yang bertugas mempresentasikan memberikan penjelasan-penjelasan beserta alasan logis untuk membuktikan kebenaran hasil telaah yang telah didiskusikan di kelompok masing-masing.
28.    Peserta didik yang berkunjung menuliskan  catatan-catatan di kertas post it berupa penilaian, tanggapan, atau masukan terhadap hasil kerja kelompok lain dan menempelkannya pada plano hasil kerja kelompok tersebut.
29.    Setiap kelompok menempelkan hasil diskusi pada tempat pajangan yang disediakan.
30.    Peserta didik mengungkapkan kembali tentang struktur dan ciri kebahasaan teks berita yang telah ditelaah melalui proses mendengarkan dan membaca.
31.    Peserta didik menuliskan simpulan di “kartu simpul”  yang telah disiapkan pendidik  mengenai struktur teks ciri-ciri kebahasan teks berita yang telah ditelaah melalui kegiatan mendengarkan dan membaca.
32.    Peserta didik menempelkan kartu simpul yang telah diisi pada kertas plano yang akan dipajangkan di dinding kelas.
33.    Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama  menyimpulkan struktur teks dan ciri kebahasan teks berita.
34.    Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
35.    Guru dan peserta didik Menyimpulkan pembelajaran tentang  menelaah  teks berita
36.    Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
37.    Pendidik menyampaikan tugas membaca materi untuk pertemuan selanjutnya yaitu menyajikan teks berita.
38.    Peserta didik dan pendidik mengakhiri kegiatan pelajaran dengan mengucapkan salam.

0 comments:

Post a comment