Soal OGN Bahasa Indonesia 2020



OLIMPIADE GURU NASIONAL (OGN)

            OGN (Olimpiade guru Nasional) adalah salah satu ajang uji kemampuan kognitif guru yang sangat kredibel. OGN ini diadakan oleh KESHARLINDUNGDIKMEN  dan berskala nasional. Lomba ini diadakan sebagai ajang uji kompetensi guru dalam bidang mata pelajaran yang diampunya. Untuk peserta OGN sekarang ini juga sudah dibuka secara daring ‘dalam jaringan’ (online), jadi guru dari tingkatan dan pelosok manapun bisa mengikuti ajang bergengsi ini.
            Apa saja manfaat yang bisa diambil dari mengikuti ajang OGN ini? Yang jelas kita bisa mengetahui kemampuan kognitif kita di bidang mata pelajaran yang kita ampu. Menambah wawasan karena kita bertemu dengan oarng-orang yang berwawasan tinggi yang biasa hanya bisa kita lihat di media eletronik saja. Bisa menambah teman dan saudara dan lain-lain. Belum lagi kalau kita bisa menang tingkat kota, provinsi dan nasional, biasanya tidak akan sedikit reword yang menanti.
            Tahun 2019 lalu, alhamdulillah saya mewakili Kota Bukittinggi untuk mengikuti OGN ke tingkat provinsi. Banyak pengalaman dan hikmah yang bisa saya ambil. Kali ini saya ingin berbagi kepada teman-teman yang mau mengikuti ajang OGN di bidang Bahasa Indonesia, saya akan berbagi soal-soal latihan yang akan di ujikan pada OGN tiap tahunnya.

NASKAH SOAL OLIMPIADE GURU NASIONAL  
BAHASA INDONESIA
Petunjuk pengerjaan tes:
Pilih satu jawaban yang paling tepat dengan cara menyilangi (X) salah satu alternatif jawaban (A, B, C, atau D) yang tersedia pada lembar jawaban!
Naskah Soal

1.             Berikut ini yang merupakan cakupan dari ranah afektif adalah, kecuali ….
A.    mencatat
B.     menerima
C.     menjawab
D.    menilai

2.             Kalimat berikut ini yang termasuk kalimat baku adalah….
A.    Pihak biro perjalanan mengeluhkan akan tingginya kenaikan harga BBM yang berpengaruh besar terhadap minat wisatawan untuk melakukan kunjungan.
B.     Berdasarkan hasil survey menunjukkan bahwa sampai saat ini wisata pantai masih tetap diminati, terutama oleh kaum muda.
C.     Menurut analisis asing, bahwa birokrasi di Indonesia terlalu rumit sehingga menimbulkan banyak masalah bagi investor yang mau bergabung
D.    Dengan adanya bencana alam yang menelan ratusan ribu nyawa manusia menggugah nurani dan sikap kedermawanan  semua orang.

3.             Perhatikan kalimat berikut!
        (1) Kami mempunyai seorang kawan
(2) Kawan itu bernama Suprapto
(3) Ia berangkat ke luar negeri
Bentuk yang paling baik bila ketiga kalimat itu digabungkan ialah
A.    Seorang kawan kami, ia bernama Suprapto, berangkat ke luar negeri.
B.     Seorang kawan kami yang namanya Suprapto, berangkat ke luar negeri.
C.     Seorang kawan kami, Suprapto, berangkat ke luar negeri.
D.    Seorang yang bernama Suprapto, teman kami, berangkat ke luar negeri.
4.             Contoh kalimat tanya tersamar untuk tujuan mengajak terdapat pada….
A.    Kawasan bebas rokok.
B.     Anda terlihat segar hari ini, sepertinya kita dapat mulai mengerjakan proyek ini bukan? *
C.     Anda tidak keberatan bukan kalau saya duduk di situ?
D.    Sayangilah taman ini dengan tidak menginjaknya.

5.        Berikut ini peninggalan-peninggalan yang menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan bahasa Melayu adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.  Prasasti Talang Tuo, Palembang, tahun 684
B.  Prasasti Kedukan Bukit, Palembang, tahun 683 *
C.  Prasasti Kota Kapur, Jambi, tahun 686
D.  Prasasti Karang Brahi Bangko, Jambi, tahun 688

6.        …Nita selalu berusaha mengemukakan pendapatnya di depan umu . Namun selalu gugup dan akhirnya penggunaan bahasanya jadi kacau seperti kejadian yang hampir sama menimpa Nita. Dia pernah mencoba mengemukakan pendapat  ngawur, tidak sistematis. Dia semakin minder dan tak pernah mencoba lagi.
Pertanyaan yang relevan dengan paragraf di atas adalah…
A. Mengapa Nita mengalami kejadian itu?
B. Apa yang dialami Nita ketika berpendapat di depan umum?
C. Dimana Nita sering bicara?
D. Apa penyebab timbulnya pembicaraan ngawur pada diri seseorang?

7.        Sebelum revolusi, dia calon rahib. Selama revolusi, dia komandan kompi. Diakhir revolusi, dia algojo pemancung kepala. Sesudah revolusi, dia masuk kerumah sakit jiwa.
Kaimat-kalimat yang terdapat dalam alinea tersebut, menurut strukturnya termasuk kalimat…
A.    Tunggal semuanya
B.     Tunggal, kecuali kalimat ketiga
C.     Majemuk kecuali kalimat keempat
D.    Majemuk semuanya

8.   Beragam teknik yang dapat digunakan dalam penilaian performansi, di antaranya adalah, kecuali....
A.      diskusi interaktif
B.       berwawancara
C.       presentasi
D.      berdeklamasi

9.        Perhatikan contoh berikut ini!
Tujuan:
1.     mendapatkan informasi tentang pertumbuhan/kemajuan belajar siswa.
2.     mendapatkan data kemajuan belajar siswa yang dapat diproses menjadi nilai rapor.
Nilai
Nilai rapor bahasa Indonesia Siska Darmayanti kelas IX semester 1, yaitu 8.
Deskripsi singkat
Kompetensi yang telah dicapai Siska Darmayanti di kelas IX semester 1, yakni:
1.   Menulis: sudah dapat menulis kreatif dan kritis dengan kata-kata sendiri, tetapi gagasannya belum lengkap.
2.   Penggunaan kaidah ejaan bahasa Indonesia sudah 75%.
3.   Membaca: sudah mampu memahami berbagai teks dengan cara menjawab pertanyaan yang terkait.
4.   Berbicara: mampu mengungkapkan ide/gagasan secara runtut dalam diskusi dan dipahami oleh peserta didik yang lain.
5.   Menyimak: memahami proses pembelajaran dengan mennayakaan materi yang dianggap belum dipahami.
Artefak dalam portofolio
1.   contoh satu buah proposal
2.   contoh dua buah teks dengan jenis yang berbeda
3.   contoh satu buah resensi novel
Tabel di atas merupakan contoh instrumen ....
A.  penilaian proyek
B.  penilaian performansi
C.  penilaian portofolio
D.  penilaian sikap

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
legenda Ikan Lebai Suka Kenduri

Menurut sahibul hikayat diriwayatkan pula, konon abuk-debu yang beterbangan selama ini menuju laut menjadi sejenis ikan. Banyak sekali ikan itu hidup memenuhi karang, para nelayan menyebutnya “Ikan Lebai” karena mengambil nama Wak Lebai yang membangun kampung berabuk-debu asal ikan itu. Bibir ikan itu tebal berkelebai, suka memungut-mungut lumut, menyapu-nyapu debu-pasir, sehingga mengeluarkan berbagai jenis cacing. Remis, kerang lokan kecil-kecil makan ikan segala ikan. “Ayo, kita berpesta-pora,” ajak ikan Lebai. Konon zaman itu ikan-ikan serta hewan lainnya berkata-kata juga seperti manusia.
“Horee…, “ikan-ikan pun berkumpul. Pendek kata, di mana ada ikan Lebai makan, di situ pula kawan ikan besar-kecil berkumpul. Mereka menyantap makanan yang dihidangkan ikan Lebai. “Pesta-ria…pesta-ria…,” ikan-ikan itu bersuka hati. Menurut yang empunya cerita pula, para nelayan pemancing ikan memanfaatkan kebijakan ikan Lebai itu. Mereka melabuhkan tali pancing dan mengail, serta memilih karang yang diketahuinya ada ikan Lebai di situ. Pasti ikan-ikan lain berkerumun mencari makanan.

10.         Watak ikan Lebai pada dongeng di atas adalah ….
A.      Tidak pandai bergaul
B.       Sangat pelit
C.       Tidak suka bercanda
D.      Senang hura-hura

11.         Legenda  di atas mengandung nilai …
A.      pendidikan
B.       tolong-menolong
C.       pengetahuan
D.      agama

Perhatikan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 12, 13, 14, 15, dan 16!

Siswandi         :    Banyak yang perlu dikhawatirkan.
                            (meletakkan seruling) Selain makanan, apa yang lebih mebgkhawatirkan?
Sandjojo         :    Apa yang perlu mengkhawatirkan? (diam Sandjojo mengulangi pertanyaannya)
Siswandi         :    Jiwa rohanimu!
Sandjojo         :    (tertawa asing)
Siswandi         :    Kau dibebani impian-impian sekitar intan yang mencekam dan menghancurkan kesadaranmu selama ini!
Sandjojo         :    Tak ada sekelumit apa pun membebani jiwaku selama ini.
Siswandi         :    Kalau tak berutang budi. Tak snaggup lagi aku mengikuti perbuatanmu.    

12.         Watak siswandi dalam kutipan tersebut adalah ….
A.      Suka menolong
B.       Kasar
C.       Pengacau
D.      Baik
 13.         Watak Sandjojo dalam kutipan drama adalah ......
A.      Pengkhayal
B.       Acuh tak acuh
C.       Angkuh
D.      Pemberani
14.    Konflik dalam kutipan drama adalah ......
A.      Persahabatan Siswadi dan Sandjojo putus  ditengah jalan
B.       Kegagalan Siswadi dan Sandjojo dalam pencarian intan
C.       Siswadi telah berutang budi kepada sahabatnya Sandjojo
D.      Adanya perasaan khawatir pada diri Siswadi terhadap jiwa Sandjojo 
15.         Emosi Siswasdi dalam kutipan drama (soal nomor 3) adalah ......
A.      Tenang
B.       Tinggi
C.       Gelisah
D.      Bergejolak
16.         Emosi Sandjojo dalam kutipan drama (soal nomor 3) adalah ......
A.      Tenang
B.       Haru
C.       Tinggi
D.      Gelisah
17.         Perhatikanlah puisi berikut
Karangan Bunga
Tiga anak kecil dalam langkah malu-malu
Datang ke selemba
Sore itu
“Ini dari kami bertiga
Pita hitam pda karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi”
Taufiq Ismail
          Masalah sosial yang terdapat dalam puisi ini...
A. Perhatian kepada anak-anak yang masih kecil
B. Warna hitam melambangkan kesedihan
C. Kehidupan masyarakat saling mengunjungi
D. Solidaritas antar generasi muda
18.         Di bawah ini Yang tidak termasuk sastrawan Angkatan’45 adalah ....
A.      Idrus
B.       Rivai Apin
C.       Pramudya Ananta Toer
D.      Armijn Pane
19.         Bacalah kutipan drama berikut ini!
Penyair lalu bangkit, terus berjalan menuju ke pintu. Ia berhenti di ambang, dan bersandar sambil memasukkan kedua tangan ke dalam saku celana.
Penyair       : Mengapa Saudari menjadi merasa sendat oleh tingkah laku bapak-bapak itu?
Perempuan       : Bagaimana akan tidak? Sekarang ini sekaligus aku harus menjadi pelayan dan tukang masak mereka. Sekaligus harus memberi mereka jaminan makan. Satu hal yang belum pernah kualami selama aku membuka losmen. Coba pikir. Mereka bukannya berterima kasih, tapi malah selalu menggerutu. Istimewa bapak pemimpin itu, gerutunya memberi makan ”orang besar” kok seperti memberi makan kepada tawanan. Sedang tuan pedagang itu, kalau makan selalu minta tambah nasi. Jatah untuk tiga orang dihabiskannya begitu saja. Ditambah lagi, sekarang persediaan beras dan lauk sudah hampir habis. Dalam keadaan begini, dimana bisa diperoleh beras. Masih ditambah lagi mereka bertingkah terlalu kurang ajar. Terlalu ....
(Domba-domba Revolusi, B.Soelarto)
Masalah yang diungkapkan dalam penggalan drama tersebut adalah ....
A.      Penyair merasa prihatin terhadap masalah yang dihadapi pemilik losmen.
B.       Perempuan pemilik losmen merasa repot menghadapi tingkah laku bapak-bapak.
C.       Bapak-bapak itu berlaku semena-mena terhadap perempuan pemilik losmen.
D.      Bapak-bapak pengunjung losmen minta diperlakukan istimewa.

20.         Untuk membedakan karya tulis ilmiah dengan karya tulis nonilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah …
A.    tipografi tulisan
B.     pengarang
C.     sumber rujukan
D.    ragam bahasa

21.         Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam sistem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut ….
A.    addition
B.     restructuring
C.     substitution
D.    alternation

22.         Di antara deret kata berikut yang merupakan ragam bahasa resmi (baku) ialah...
A.      Lesung pipi, disilakan, penerjemah
B.       Ilmuan, cenderamata, anggauta
C.       Sistim, apotek, prosentasi
D.      Resiko, sekretaris, dirubah
  
23.         Penulisan singkatan nama dan gelar keserjanaan di belakang nama yang benar terdapat dalam kalimat...
A.         R. M. BA mendapat penghargaan sebagai guru teladan.
B.          Dokter yang hadir pada simposium kesehatan itu adalah dr. Aditia S. Nugraha, M.P.H
C.          Drs. A. Jayadi B.Sc adalah guru baru di sekolah kami.
D.         Ir. Setiabudi M.Sc adalah arsitek interior gedung ini.

24.         Penulisan singkatan yang benar terdapat dalam kalimat...
A.         Libur Cawu 1 dimulai pada tanggal 23 Oktober sampai dengan 2 November 1995.
B.          Lomba baca puisi dalam rangka Bulan Bahasa Dilangsungkan mulai tanggal 10 s.d 15 Oktober
C.          Yth. Bpk Arifin Jl Sukarno Hatta 39 Bengkulu.
D.         Saya a/n teman-teman menyampaikan terima kasih.
25.         Pemakain tanda koma di bawah ini betul,  kecuali ....
A.      Amin berkata, “Saya sudah pernah membaca buku itu.”
B.       Saya, adik, dan Ibu pergi kerumah Nenek
C.       Pak Agus tidak mengajar, karena sakit
D.      Kalau kamu tidak datang, saya tidak akan pergi 
26.         Manakah kalimat yang menggunakan kata sapaan ?
A.      Bapak akan berangkat ke Lampung besok
B.       Adik saya aktif Pramuka
C.       Kakak pulang jam berapa nanti?
D.      Ibu Rini adalah guru Biologi kami 
27.         Ungkapan yang bermakna ‘menerima upah tanpa bekerja’ adalah ....
A.      Berpangku tangan
B.       Mendapat durian runtuh
C.       Makan gaji buta
D.      Makan tanah 
28.         Perhatikan puisi berikut ini!
Kaulah kandil gemerlap
Pelita jendela dimalam hari
Melambai pulang perlahan
Sabar, setia selalu
(Amir Hamzah)
       Tema puisi tersebut adalah….
A.      Percintaan
B.       Kesedihan
C.       Kesetian
D.      Ketuhanan
29.         Anggrek adalah bunga yang sangat mempesona, warnanya bermacam-macam, dan bentuknya indah. Aromanya wangi, bunganya tahan lama, harganyapun lebih mahal daripada bunga-bunga yang lainnya. Oleh karena itu, tanaman anggrek perlu ditingkatkan.
Kata yang menyatakan perbandingan dalam paragraf di atas adalah...
A. Adalah         
B. Dan              
C. Oleh karena itu
D. Dari pada     

30.         Berikut ini yang termasuk metode dari pendekatan pembelajaran kooperatif adalah ….
A.    learning community
B.     inquiry
C.     modeling
D.    jigsaw

31.         Pernyataan berikut ini yang benar mengenai ranah kognitif adalah ….
A.    berkaitan dengan aspek pengetahuan dan kemampuan intelektual seseorang.
B.     berkaitan dengan keluaran belajar yang menyangkut gerakan-gerakan otot.
C.     berkaitan dengan perasaan, nada, emosi, dan variasi tingkatan penerimaan dan penolakan terhadap sesuatu.
D.    berkaitan dengan perubahan sikap atau pandangan terhadap sesuatu hal.

32.         Berikut ini yang termasuk karakteristik peserta didik adalah, kecuali ….
A.    kematangan mental dan kecakapan intelektual
B.     kondisi fisik dan kecakapan psikomotor
C.     potensi kebahasaan
D.    jenis kelamin dan umur

33.         Bacalah kutipan drama berikut ini!
Aksan    :       Ibu, hari ini kita bisa makan enak!(Aksan berteriak kegirangan sambil Menemui Ibunya)
Ibu Zahra    :  (Bu Zahra menghapiri anaknya) Ada apa,San jadi Ibu terkejut. Aksan,lihat Bu, Aksan menemukan dompet di jalan uangnya banyak sekali,pokoknya hari ini kita makan besar
Ibu Zahra    : Aksan kita memang orang miskin,tapi uang itu kan bukan milik kita. Kamu harus mengembalikannya. Orang yang kehilangan dompet itu pasti merasa sedih,coba lihat ada KTP –nya tidak?
Aksan       : (Sedih) Ini Bu!”
         Bu Zahra  : ( Menatap Aksan tajam) Ya, Sekarang kembalikan uang itu ya!”
        Aksan       : ( ragu-ragu dan enggan) Tapi, bu kita bisa makan enak dengan uang ini, kita kan tak pernah akan enak.
       Bu Zahra  : Aksan, ini bukan uang kita. Kamu harus segera mengembalikan kepada pemiliknya.
        Aksan       : (Dengan berat hati) Baiklah Bu
         Bu Zahra  : …….

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang di akhir dialog tersebut adalah…
A.      Meninggalkan Aksa) Ya,terserah kamulah,Aksa
B.       (Tersenyum) Ya,silakan kamu ambil separo saja saya ya
C.       (Menghampiri Aksan) Jangan sedih, itu bukan milik kita
D.      (Marah dan memukul) anak tidak jujur, ayo kembalikan.
34.         Perwaajahan dalam puisi disebut ….
A.    baris
B.     tipografi
C.     bait
D.    pencitraan

35.         Di bawah  ini ni yang termasuk unsur ekstrinsik sebuah karya sastra adalah …
A.    tema dan amanat
B.     pesan moral
C.     cerita masyrakat
D.    nilai sosial dan budaya

36.         Alur perwatakan tokoh, tema cerita, dan amanat dalam sebuah drama ditemukan dalam ….
A.      Dialog antar tokoh
B.       Narasi drama
C.       Penjelasan pengarang
D.      Dialog tokoh utama

37.    Banjir di Jakarta diakibatkan oleh sudah tuanya usia Gardu Pompa Pluit. Selain itujuga belum tertanganinya normalisasi sejumlah sungai (Kali Sunter dan Kali Cipinang) merupakan penyebab banjir yang melanda sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan. Kapasitas waduk Pluit kini sangat menurun sebagai akibat banyaknya lumpur yang masuk ke situ. Akibatnya ketiks terjadi hujan deras kapasitas waduk itu untuk menampung air sungai berkurang. Berdasarkan kalimat-kalimat penjelas di atas, kalimat utama yang tepat adalah...
A.      Jadi, penyebab utama banjir di Jakarta adalah banyaknya lumpur yang masuk ke waduk.
B.       Kapasitas waduk Pluit yang mencapai 2,4 juta meter kubik, kini tinggal 1.650.000 meter kubik
C.       Pada tahu 1979 sampai 1993 lumpur yang jumlahnya 750.000 meter kubik, hanya sebagian kecil yang hanya bisa dikeruk.
D.      Banjir yang melanda sebagian Jakarta adalah disebabkan terbatasnya kemampuan sarana pengendali banjir. 
38.         Resensi drama mengupas hal-hal berikut, kecuali...
A.      Dialog
B.       Akting
C.       Penonton
D.      Alur                                                           

39.         Unsur-unsur berikut ini secara langsung membentuk sebuah cerpen atau novel, kecuali....
A.      sudut pandang pengarang
B.       pesan yang disampaikan
C.       kehidupan pengarang
D.      plot/alur cerita

40.         Pelajaran yang diperoleh dari cerita tersebut adalah ….
A.    Kita tidak boleh tolong-menolong dalam kehidupan
B.     Kita harus mengakui kesalahan yang kita lakukan
C.     Kita tidak harus menolong orang laim
D.    Kita harus membalas budi baik orang lain
41.         Berikut ini yang tidak termasuk karya sastra adalah ….
A.    syair
B.     hikayat
C.     resensi
D.    novel 
42.         Karya sastra yang ditulis untuk dipentaskan adalah ….
A.    legenda
B.     drama
C.     puisi
D.    musikalisasi
43.         Pengelolaan kelas merujuk kepada kegiatan-kegiatan menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal terjadinya proses belajar. Oleh sebab itu, di bawah ini yang termasuk pendekatan dalam pengelolaan kelas adalah, kecuali ….
A.    pendekatan managerial
B.     pendekatan psikologikal
C.     pendekatan kooperatif
D.    pendekatan sistem

44.         Perhatikan kemampuan berikut ini!
(1)     mencari persamaan, (2) mencari perbedaan, (3) membandingkan, (4) mengontraskan, dan (5) mencari
 


Kemampuan yang diharapkan kepada peserta didik seperti di atas merupakan bagian dari bentuk pelaksanaan kegiatan keterampilan ….
A.    mengamati
B.     menafsirkan
C.     menggolongkan
D.    mengkomunikasikan

45.         Kalimat inti yang membentuk kalimat Nyamuk penyebab wabah demam berdarah harus segera diberantas secara tuntas adalah….
A.      Nyamuk wabah
B.       Nyamuk penyebab
C.       Demam diberantas
D.      Nyamuk diberantas 
46.    Perhatikanlah penggalan puisi berikut!
Kekayaan melimpah
Kemiskinan melimpah
Darah melimpah
Ludah menyembur dan melimpah
Majas yang terdapat dalam penggalan puisi tersebut adalah….
A.    Perulangan
B.     Paralelisme
C.     Personifikasi
D.    Hiperbola
47.    Pendekatan pengajaran bahasa yang memanfaatkan hubungan gejala masyarakat dengan gejala bahasa adalah ….
A.    pendekatan psikolinguistik
B.     pendekatan integral
C.     pendekatan fungsional
D.    pendekatan sosiolinguistik

48.         Langkah-langkah penyusunan kisi-kisi soal pembelajaran bahasa di antaranya menentukan aspek intelektual. Berikut ini yang termasuk bagian evaluasi (C6) adalah ….
A.    membedakan, menemukan, mengklasifikasikan, dan menganalisis
B.     menggabungkan, mengembangkan, menghubungkan, dan mensintesis
C.     menafsirkan, menentukan, memutuskan, dan menilai
D.    memilih, menyusun, menerapkan, dan menggeneralisasikan

49.         Berikut ini yang termasuk penyair Angkatan Pujangga Baru adalah .....
A.      Chairil Anwar
B.       Taufik Ismail
C.       W.S Rendra
D.      Amir hamzah
50.         Jenis drama yang di dalamnya terdapat suasana sedih dan gembira adalah ....
A.      Operet
B.       Tragedi-Komedi
C.       Melodrama
D.      Dagelan
51.    Bahasa Indonesia diakui sebagai bahasa persatuan bangsa pada tanggal ….
A.    28 Oktober 1945
B.     28 Oktober 1926
C.     28 Oktober 2943
D.    28 Oktober 1928 
52.         Berikut ini yang merupakan salah satu kedudukan bahasa Indonesia adalah .…
A.    kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
B.     kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional
C.     kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa bangsa
D.    kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa perhubungan 
53.         Bahasa Indonesia dapat dijadikan sebagai lingua franca karena hal berikut ini, kecuali….
A.    bahasa Indonesia telah digunakan sejak dahulu se-Asia Tenggara
B.     bahasa Indonesia mudah dipahami karena memiliki sistem yang sederhana
C.     suku-suku yang ada di Indonesia menerima dengan sukarela
D.    bahasa Indonesia mengenal tingkatan bahasa 
54.         Berikut ini termasuk unsur-unsur intrinsik suatu karya sastra, kecuali .....
A.      Biografi pengarang
B.       Sudut pandang
C.       Tema
D.      Alur 
55.         Amanat (pesan) yang terdapat di dalam roman Layar Terkembang adalah ....
A.      Agar wanita meniru secara mentah-mentah kebudayaan barat
B.       Supaya intelektual Indonesia tidak tinggal di kota saja, tetapi juga di desa
C.       Agar wanita seperti para pelakunya
D.      Pembaca roman Layar Terkembang harus meniru cara dan kepribadian pengarang
56.         Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut!
1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang      terluka basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
2) Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
5) Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan ....
A.    (1), (3), (2), (5), dan (4)
B.    (2). (1), (5), (4), dan (3)
C.   (4), (5), (1), (2), dan (3)
D.   (3), (1), (5), (2), dan (4)
57.    Cara penulisan yang sesuai dengan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) ialah….
A.    Setiap hari Sabtu, bis Jakarta-Bandung penuh sesak
B.     Setiap hari Sabtu, bis Jakarta - Bandung penuh sesak
C.     Setiap hari sabtu, bis Jakarta Bandung penuh sesak
D.    Setiap hari Sabtu, bis Jakarta/Bandung penuh sesak
58.    Unsur kesejarahan puisi muncul sebagai salah satu unsur ekstrinsik karena ....
A.  unsur kesejarahan menjadi unsur penentu nilai kepuitisan puisi
B.  tanpa kesejarahan puisi sulit untuk lahir
C.  unsur kesejarahan menjadi satu tanda budaya yang berkembang pada saat   puisi dicipta penyair
D.  tanpa kesejarahan puisi sulit ditafsirkan

59.    Salah satu ciri dari puisi Indonesia modern adalah membebaskan kata dari makna. Ciri tersebut merupakan ciri puisi yang termasuk ke dalam jenis ….
A.    puisi mbeling
B.     puisi mantra
C.     puisi prosais
D.    pusis essai

60.    Cermatilah tabel berikut dengan seksama!
KUALIFIKASI TENAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA
TAHUN 2002/2003

No.
Jenjang Pendidikan
Jumlah Guru
Ijazah Tertinggi
<D1
(%)
D2
(%)
D3
(%)
S1
(%)
S2/S3
(%)
1.
TK
137069
90,57
5,55
-
3,88
-
2.
SLB
8304
47,58
-
5,62
46,35
0,45
3.
SD
1234927
49,33
40,14
2,17
8,30
0,05
4.
SMP
466748
11,23
21,33
25,10
42,03
0,31
5.
SMA
452255
2,06
1,86
26,37
69,39
0,32
6.
SMK
147559
3,54
1,89
30,18
64,16
0,23
7.
Perguruan Tinggi
236286
-
-
-
56,54
43,46

 








     




  
Pertanyaan yang sesuai dengan tabel tersebut adalah …
A.      Berdasarkan ijazah tertinggi,tenaga pendidik SMA lebih sedikit yang berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
B.       Berdasarkan persentase ijazah tertinggi, seluruh tenaga pendidik pada perguruan tinggi berijazah sarjana dan pascasarjana.
C.       Tenaga pendidik SMK berijazah tertinggi D3 lebih sedikit daripada tenaga pendidik pada sekolah dasar.
D.      Berdasarkan jumlah guru, tenaga pendidik SMP lebih sedikit berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
 61.         Cermatilah paragraf berikut!
Otot jantung memperoleh bahan bakar dari oksigen dan makanan yang dibawa oleh pembuluh darah jantung. Apabila pembuluh darah ini tersumbat, jantung akan kekurangan bahan bakar dan bisa berhenti berdenyut dengan benar atau diam sama sekali …




 
   







Kalimat akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.      Ini terjadi karenaz at-zat lemak dan kolesterol dipembuluh nadi terganggu.
B.       Penyumbatan mendadak terjadi karena gumpalan darah kecil dalam aliran darah.
C.       Atheroma gangguan jantung yang paling banyak menyerang jantung.
D.      Keadaan yang demikian dapat menimbulkan kematian secara mendadak.

62.         Kalimat di bawah ini yang menggunakan kata umum bidang kesehatan adalah .... 
A.      Setiap hari berpuluh-puluh truk rokok keluar dari pabrik itu.
B.       Tanaman tembakau dapat menjadi komoditi ekspor yang penting.
C.       Cukai rokok merupakan sumber pendapatan negara yang tidak sedikit
D.      Merokok sigaret dapat menimbulkan panyakit jantung, kanker, paru-paru, dan sebagainya.
63.         Kalimat-kalimat dibawah ini yang menggunakan kata yang bermakna konotasi, kecuali ....
A.      Di daerah ini sudah terbiasa soal semir-menyemir
B.       Daun-daunan banyak yang gugur
C.       Dokter menyuruhnya untuk membawa air seni
D.      Kalau dia melawan, sikat saja

64.         Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah ....
A.      Standar Kompetensi
B.       Kompetensi Dasar
C.       Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
D.      Standar Kompetensi Lulusan

65.         Berikut ini yang termasuk ciri-ciri dari metode tutor teman sebaya adalah ....
A.      metode mengajar yang meminta peserta didik untuk merancang suatu proyek
B.       metode mengajar yang meminta siswa membaca keseluruhan materi secara bergantian
C.       metode mengajar dengan cara mengajak siswa mengunjungi suatu objek dengan teman sebaya
D.      metode mengajar yang mengandalkan peserta didik untuk mengajar teman sebaya yang membutuhkan

66.         Suatu metode pembelajaran yang setiap siswanya diberi nomor kemudian dibuat suatu kelompok dan secara acak guru akan memanggil nomor sisiwa yang dimaksudkan disebut dengan metode ....
A.      Problem Based Instruction
B.       Numbered Heads Together
C.       Group Investigation
D.      Role Playing

67.         Berikut ini pendekatan yang membentuk kegiatan belajar mengaitkan, mengalami, menerapkan, kerjasama, dan mentransfer adalah ....
A.      pendekatan kontekstual
B.       pendekatan konstruktivisme
C.       pendekatan saintifik
D.      pendekatan proses

68.         Berikut ini terdapat sebuah kalimat yang mengandung kata khusus bidang pertanian, yaitu ......
A.      Anak-anak kecil itu berlari diatas pematang
B.       Pemerintah sedang menggalakkan pencangkokan jantung
C.       Kita harus memperhatikan sanitasi lingkungan
D.      Flora dan fauna sering ditayangkan di TVRI

69.         Tahukah Anda beda daftar isi dan kepustakaan?
Kalimat diatas menggunakan istilah-istilah dalam bidang .....
A.      Pertanian
B.       Matematika
C.       Perpustakaan
D.      Persuratkabaran
70.         Bacalah kutipan novel berikut!
“ Mas, apa kau tidak merasa capek setiap hari lembur begini?” tanyaku di satu kesempatan dududk di depan tave bersama-sama waktu itu anak-anak sudah tidur. “ Tentu saja capek, tetapi yang namanya capek kan tidak bisa di biarkan begitu saja ,seperti orang yang tidak punya rasa tanggung jawab.” Sahut mas Indra, kemudian dia menoleh ke arahkudan menattap mataku dengan tatapan tajam. “ Kenapa kau bertanya seperti itu?”
“ Karena aku memikirkanmu, mengkhawatirkan kesehatanmu. Aku tidak rela tenaga mu di peras orang lho, mas!”
Kalimat yang menunjukkan latar….
A.     ….menatap mataku dengan tajam
B.    Aku  tidak rela tenagamu di peras orang lho, Mas
C.    ….Duduk di depan tave bersama-sama waktu itu anak-anak sudah tidur
D.    Karena aku memikirkanmu, mengkhawatirkan kesehatanmu
71.         Perhatikan paragraf berikut ini! 
Waktu bangun pagi—pagi Noerdin merasa badannya kurang enak. Sehari itu ia tidak berkerja dan panasnya amat tinggi. Malamnya makin bertambah juga panasnya, dan ia pun juga sudah igau-igauan. Lain tidak yang disebutnya ialah  Rukmini juga. Besoknya adalah demamnya agak turun sedikit tetapi bukan main rindunya, hendak bertemu Rukmini. Dengan tidak malu lagi di suruhnya jemput Rukmini hari itu juga dengan autonya.
Sudut pandang pengarang yang di gunakan dalam kutipan di atas adalah….
A.    Orang pertama sebagai tokoh utama
B.     Orang pertama tokoh sampingan
C.    Orang ketiga tokoh utama
D.    Orang pertama dan orang ketiga

72.         Variasi bahasa yang memiliki ciri variasi formalitas di bawah resmi, sehingga situasi  kebanyakan  atau situasi yang dapat dijumpai  dalam  kegiatan  komunikasi pada umumnya, sehingga situasi komunikasi seperti ini menyebabkan  berkembangnya ….
A.    ragam beku             
B.     ragam usaha                        
C.     ragam resmi
D.    ragam santai                                                

73.         Ragam-ragam  bahasa yang disebabkan oleh perbedaan  geografis  dikaji dalam …. 
A.    etnografi     
B.     dialektologi 
C.     pragmatik
D.    analisis wacana       

74.         Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan peserta didik adalah ….
A.    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
B.     Menfasilitasi peserta didik elakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
C.     Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
D.    Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.

75.         “Belajar untuk menyedari bahwa hidup perlu bekerjasma, saling menghargai, menerima perbedaan” merupakan penjelasan dari pilar pendidikan ….
A.    learning to know
B.     learnin to do
C.     learning to life together
D.    learning to be

76.         Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah ….
A.    Melatih peserta didik mengerjakan soal UN
B.     Melakukan ulangan harian spontanitas
C.     Melakukan post-test
D.    Melakukan pre-test

77.         Redo memohon dengan sangat dengan cara memelas dan membujuk orang terdekatnya. konteks tersebut dilakukannya karena sedang memerankan tokoh tertentu dalam drama yang ditekuninya. Peristiwa tersebut merujuk kepada istilah ….
A.    ken                                       C. rol
B.     slang                                    D. argot

80.                        Ciri berikut ini yang termasuk ke dalam kategori bahasa basilek adalah, kecuali ….
A.    Ragam bahasa sosial yang dianggap  sebagai ragam yang kurang bergengsi.
B.     Ragam bahasa sosial yang dipandang sebagai ragam yang lebih bergengsi.
C.     Ragam bahasa yang dianggap sebagai ragam yang rendah.
D.    Ragam bahasa yang dibanding dengan ragam lainnya dipandang sebagai di bawah setingkat dari akrolek.

78.         Ragam lisan relatif berusia lebih  tua  dibandingkan  dengan ragam tulis. Hal itu disebabkan oleh ….
A.    stabilitas yang luwes dan intelektualitas tinggi, sehingga terpelihara, baku, didayagunakan dalam dunia pendidikan dan kebudayaan.
B.     suatu perkembangan linguistik  yang terjadi  karena bahasa lisan berada dalam kontak dalam  waktu yang lama.
C.     digunakan secara terbatas oleh kelompok-kelompok sosial tertentu.
D.    hakikat bahasa yang  utama  adalah  lisan  sedangkan  bahasa tulis merupakan  hasil  kodifikasi  bunyi  menjadi  lambang bunyi beserta tata  aturan  grafis  lainnya.

79.         Variasi bahasa berdasarkan situasi adalah berikut ini.
A.    Variasi dengan penggolongan adalah (a) bahasa ibu, (b) bahasa daerah, (c) lingua  franca,  (d)  bahasa nasional, (e) bahasa  negara,  (f)  bahasa pengantar, (g) bahasa persatuan, dan (h) bahasa resmi.
B.     Variasi bahasa yang diklasifikasikan atas dua jenis yaitu bahasa resmi (formal) dan nonresmi (nonformal).
C.     Variasi bahasa dapat dibagi atas (1) diglosia, (2) kreol, (3) lisan, (4) nonstandar, (5)  pijin, (6) register, (7) repertoar, (8) reputasi, (9) standar, (10) tulis,  (11) bahasa tutur sapa, (12) ken, dan (13) jargon.
D.    Variasi yang terdiri atas: sangat resmi atau beku, resmi, ragam usaha atau aktual atau situasi kebanyakan, santai, dan akrab. 

80.         Berikut ini adalah adalah sastrawan yang berasal dari Sumatera Barat, kecuali
A.    Umar Kayam
B.     Hamid Jabbar
C.     Darman Munir
D.    Chairul Harun

81.         Unsur karya sastra di bawah ini adalah, kecuali….
A.    setting
B.     gaya bahasa
C.     latar
D.    konflik

82.         Bacalah kutipan dialog novel berikut ini!

Legenda khas Dukuh Paruk, misalnya kisah nenek tentang fenomena di pekuburan Dukuh Paruk malam hari ketika terjadi bencana itu. Nenek mengatakan banyak obor terlihat di atas kerimbunan pohon beringin di atas makam Ki Secamenggala. Dari pekuburan itu terdengar suara tangis bersahutan. Nenek yang mengatakan bayangan Ki Secamenggala keluar mendatangi setiap mayat yang malam itu belum satu pun sempat dikubur

Berdasarkan kutipan tersebut, terlihat bahwa latar cerita terjadi di pedasaan …
A.    dengan kehidupan religi yang baik
B.     dengan kehidupan religi yang sangat baik
C.     dengan paham animism yang kuat
D.    tanpa paham animisme

83.         Legenda adalah cerita yang mengisahkan tentang ….
A.      hal-ihwal seorang tokoh yang lucu
B.       cerita yang menampilkan hewan-hewan sebagai tokohnya
C.      sejarah tentang suatu negeri, danau, atau gunung
D.kepercayaan yang menyangkut kehidupan roh-roh atau dewa-dewa

84.      
Isi hidupnya lembaga bredel dalam legislasi pers nasional kembali menghantui insan pers Indonesia. Beberapa kalangan mengakui telah menerima draft perubahan UU Pers yang di dala







































mnya konon antara lain memuat peraturan mengenai bredel. Ketakutan akan kemb




Inilah beberapa soal latihan untuk para guru Bahasa Indonesai yang mau mengikuti OGN. Masih ada soal-soal lainnya dan akan dibagikan sesuai dengan permintaan dari teman-teman. semoga dengan latihan model soal OGN ini bisa menjadikan kita sukses dan mengulang kembali pengetahuan yang mungkin sudah lama tidak dibaca lagi. kritik dan saran silakan sampaikan di kolom komentar. 

Selamat Belajar dan Berlatih!




          Mengapa insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi menolak lembaga bredel dihidupkan kembali?
          Jawaban yang tepat adalah karena …
A.      Dengan hidupnya lembaga bredel dalam legistasi pers nasional akan menghantui insan pers.
B.       Insan pers dan pegiat merasa takut akan kembalinya rezim otoriter yang membudayakan sensor.
C.       Lembaga bredel dikhawatirkan akan memasung kreativitas lembaga pers dan pegiat dalam pemberitaan.
D.      Lembaga bredel dikhawatirkan memberi peluang lebar bagi kekuasaan untuk menghentikan operasi lembaga pers.

85.             Legenda adalah cerita yang mengisahkan tentang ….
A.      hal-ihwal seorang tokoh yang lucu
B.       cerita yang menampilkan hewan-hewan sebagai tokohnya
C.       sejarah tentang suatu negeri, danau, atau gunung
D.      kepercayaan yang menyangkut kehidupan roh-roh atau dewa-dewa



6 comments: