Soal OGN Bahasa Indonesia 2020
OLIMPIADE GURU NASIONAL (OGN)
OGN (Olimpiade guru Nasional) adalah salah satu ajang uji
kemampuan kognitif guru yang sangat kredibel. OGN ini diadakan oleh
KESHARLINDUNGDIKMEN dan berskala
nasional. Lomba ini diadakan sebagai ajang uji kompetensi guru dalam bidang
mata pelajaran yang diampunya. Untuk peserta OGN sekarang ini juga sudah dibuka
secara daring ‘dalam jaringan’ (online), jadi guru dari tingkatan dan pelosok
manapun bisa mengikuti ajang bergengsi ini.
Apa saja manfaat yang bisa diambil
dari mengikuti ajang OGN ini? Yang jelas kita bisa mengetahui kemampuan
kognitif kita di bidang mata pelajaran yang kita ampu. Menambah wawasan karena
kita bertemu dengan oarng-orang yang berwawasan tinggi yang biasa hanya bisa
kita lihat di media eletronik saja. Bisa menambah teman dan saudara dan
lain-lain. Belum lagi kalau kita bisa menang tingkat kota, provinsi dan
nasional, biasanya tidak akan sedikit reword yang menanti.
Tahun 2019 lalu, alhamdulillah saya
mewakili Kota Bukittinggi untuk mengikuti OGN ke tingkat provinsi. Banyak pengalaman
dan hikmah yang bisa saya ambil. Kali ini saya ingin berbagi kepada teman-teman
yang mau mengikuti ajang OGN di bidang Bahasa Indonesia, saya akan berbagi
soal-soal latihan yang akan di ujikan pada OGN tiap tahunnya.
NASKAH
SOAL OLIMPIADE GURU NASIONAL
BAHASA
INDONESIA
Petunjuk
pengerjaan tes:
Pilih
satu jawaban yang paling tepat dengan cara menyilangi (X) salah satu alternatif
jawaban (A, B, C, atau D) yang tersedia pada lembar jawaban!
Naskah
Soal
1.
Berikut ini yang merupakan cakupan
dari ranah afektif adalah, kecuali ….
A. mencatat
B. menerima
C. menjawab
D. menilai
2.
Kalimat
berikut ini yang termasuk kalimat baku adalah….
A.
Pihak
biro perjalanan mengeluhkan akan tingginya kenaikan harga BBM yang berpengaruh
besar terhadap minat wisatawan untuk melakukan kunjungan.
B.
Berdasarkan
hasil survey menunjukkan bahwa sampai saat ini wisata pantai masih tetap diminati, terutama oleh
kaum muda.
C.
Menurut
analisis asing, bahwa birokrasi di Indonesia terlalu rumit sehingga menimbulkan
banyak masalah bagi investor yang mau bergabung
D.
Dengan
adanya bencana alam yang menelan ratusan ribu nyawa manusia menggugah nurani
dan sikap kedermawanan semua orang.
3.
Perhatikan
kalimat berikut!
(1) Kami
mempunyai seorang kawan
(2) Kawan itu bernama Suprapto
(3) Ia berangkat ke luar negeri
Bentuk yang
paling baik bila ketiga kalimat itu digabungkan ialah
A.
Seorang
kawan kami, ia bernama Suprapto, berangkat ke luar negeri.
B.
Seorang
kawan kami yang namanya Suprapto, berangkat ke luar negeri.
C.
Seorang
kawan kami, Suprapto, berangkat ke luar negeri.
D.
Seorang yang bernama Suprapto, teman kami, berangkat ke luar
negeri.
4.
Contoh
kalimat tanya tersamar untuk tujuan mengajak
terdapat pada….
A.
Kawasan
bebas rokok.
B.
Anda
terlihat segar hari ini, sepertinya kita dapat mulai mengerjakan proyek ini bukan? *
C.
Anda
tidak keberatan bukan kalau saya duduk di situ?
D.
Sayangilah
taman ini dengan tidak menginjaknya.
5.
Berikut
ini peninggalan-peninggalan yang menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan
bahasa Melayu adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. Prasasti Talang Tuo, Palembang, tahun 684
B. Prasasti Kedukan Bukit, Palembang, tahun 683
*
C. Prasasti Kota Kapur, Jambi, tahun 686
D. Prasasti Karang Brahi Bangko, Jambi, tahun
688
6.
…Nita selalu berusaha mengemukakan
pendapatnya di depan umu . Namun selalu gugup dan
akhirnya penggunaan bahasanya jadi kacau seperti kejadian yang
hampir sama menimpa Nita. Dia pernah mencoba mengemukakan pendapat ngawur, tidak
sistematis. Dia semakin minder dan tak pernah mencoba lagi.
Pertanyaan yang relevan dengan paragraf di atas adalah…
A. Mengapa Nita
mengalami kejadian itu?
B. Apa yang
dialami Nita ketika berpendapat di depan umum?
C. Dimana Nita
sering bicara?
D. Apa penyebab
timbulnya pembicaraan ngawur pada diri seseorang?
7.
Sebelum revolusi, dia calon rahib. Selama
revolusi, dia komandan kompi. Diakhir revolusi, dia algojo pemancung kepala.
Sesudah revolusi, dia masuk kerumah sakit jiwa.
Kaimat-kalimat yang terdapat dalam alinea tersebut, menurut strukturnya
termasuk kalimat…
A.
Tunggal
semuanya
B.
Tunggal,
kecuali kalimat ketiga
C.
Majemuk
kecuali kalimat keempat
D.
Majemuk semuanya
8. Beragam teknik yang dapat digunakan
dalam penilaian performansi, di antaranya adalah, kecuali....
A. diskusi
interaktif
B. berwawancara
C. presentasi
D. berdeklamasi
9.
Perhatikan contoh berikut ini!
Tujuan:
1.
mendapatkan informasi tentang pertumbuhan/kemajuan belajar siswa.
2.
mendapatkan data kemajuan belajar siswa yang dapat diproses menjadi
nilai rapor.
|
|
Nilai
|
Nilai rapor bahasa
Indonesia Siska Darmayanti kelas IX semester 1, yaitu 8.
|
Deskripsi singkat
|
Kompetensi yang telah
dicapai Siska Darmayanti di kelas IX semester 1, yakni:
1.
Menulis: sudah dapat menulis kreatif dan kritis dengan kata-kata
sendiri, tetapi gagasannya belum lengkap.
2.
Penggunaan kaidah ejaan bahasa Indonesia sudah 75%.
3.
Membaca: sudah mampu memahami berbagai teks dengan cara menjawab
pertanyaan yang terkait.
4.
Berbicara: mampu mengungkapkan ide/gagasan secara runtut dalam diskusi
dan dipahami oleh peserta didik yang lain.
5.
Menyimak: memahami proses pembelajaran dengan mennayakaan materi yang
dianggap belum dipahami.
|
Artefak dalam portofolio
|
1.
contoh satu buah proposal
2.
contoh dua buah teks dengan jenis yang berbeda
3.
contoh satu buah resensi novel
|
Tabel di atas merupakan contoh instrumen ....
A. penilaian
proyek
B. penilaian
performansi
C. penilaian
portofolio
D. penilaian
sikap
Bacalah teks berikut
ini untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
legenda Ikan Lebai Suka Kenduri
Menurut
sahibul hikayat diriwayatkan pula, konon abuk-debu yang beterbangan selama ini
menuju laut menjadi sejenis ikan. Banyak sekali ikan itu hidup memenuhi karang,
para nelayan menyebutnya “Ikan Lebai” karena mengambil nama Wak Lebai yang
membangun kampung berabuk-debu asal ikan itu. Bibir ikan itu tebal berkelebai,
suka memungut-mungut lumut, menyapu-nyapu debu-pasir, sehingga mengeluarkan
berbagai jenis cacing. Remis, kerang lokan kecil-kecil makan ikan segala ikan.
“Ayo, kita berpesta-pora,” ajak ikan Lebai. Konon zaman itu ikan-ikan serta
hewan lainnya berkata-kata juga seperti manusia.
“Horee…,
“ikan-ikan pun berkumpul. Pendek kata, di mana ada ikan Lebai makan, di situ
pula kawan ikan besar-kecil berkumpul. Mereka menyantap makanan yang
dihidangkan ikan Lebai. “Pesta-ria…pesta-ria…,” ikan-ikan itu bersuka hati.
Menurut yang empunya cerita pula, para nelayan pemancing ikan memanfaatkan
kebijakan ikan Lebai itu. Mereka melabuhkan tali pancing dan mengail, serta
memilih karang yang diketahuinya ada ikan Lebai di situ. Pasti ikan-ikan lain
berkerumun mencari makanan.
10.
Watak ikan Lebai pada dongeng di atas
adalah ….
A.
Tidak pandai bergaul
B.
Sangat pelit
C.
Tidak suka bercanda
D.
Senang hura-hura
11.
Legenda
di atas mengandung nilai …
A.
pendidikan
B.
tolong-menolong
C.
pengetahuan
D.
agama
Perhatikan
teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 12, 13, 14, 15, dan 16!
Siswandi : Banyak yang perlu dikhawatirkan.
(meletakkan
seruling) Selain makanan, apa yang lebih mebgkhawatirkan?
Sandjojo : Apa
yang perlu mengkhawatirkan? (diam Sandjojo mengulangi pertanyaannya)
Siswandi : Jiwa
rohanimu!
Sandjojo : (tertawa
asing)
Siswandi : Kau
dibebani impian-impian sekitar intan yang mencekam dan menghancurkan
kesadaranmu selama ini!
Sandjojo : Tak
ada sekelumit apa pun membebani jiwaku selama ini.
Siswandi : Kalau
tak berutang budi. Tak snaggup lagi aku mengikuti perbuatanmu.
12.
Watak siswandi dalam
kutipan tersebut adalah ….
A.
Suka
menolong
B.
Kasar
C.
Pengacau
D.
Baik
A.
Pengkhayal
B.
Acuh tak
acuh
C.
Angkuh
D.
Pemberani
14.
Konflik dalam kutipan drama adalah ......
A.
Persahabatan
Siswadi dan Sandjojo putus ditengah
jalan
B.
Kegagalan
Siswadi dan Sandjojo dalam pencarian intan
C.
Siswadi
telah berutang budi kepada sahabatnya Sandjojo
D.
Adanya
perasaan khawatir pada diri Siswadi terhadap jiwa Sandjojo
15.
Emosi
Siswasdi dalam kutipan drama (soal nomor 3) adalah ......
A.
Tenang
B.
Tinggi
C.
Gelisah
D.
Bergejolak
16.
Emosi Sandjojo dalam kutipan drama (soal nomor 3) adalah
......
A.
Tenang
B.
Haru
C.
Tinggi
D.
Gelisah
17.
Perhatikanlah puisi berikut
Karangan
Bunga
Tiga anak kecil
dalam langkah malu-malu
Datang ke selemba
Sore itu
“Ini dari kami
bertiga
Pita hitam pda
karangan bunga
Sebab kami ikut
berduka
Bagi kakak yang
ditembak mati
Siang tadi”
Taufiq Ismail
Masalah sosial yang terdapat dalam puisi
ini...
A.
Perhatian kepada anak-anak yang masih kecil
B.
Warna hitam melambangkan kesedihan
C.
Kehidupan masyarakat saling mengunjungi
D. Solidaritas antar generasi muda
18.
Di bawah
ini Yang tidak termasuk sastrawan Angkatan’45 adalah ....
A.
Idrus
B.
Rivai
Apin
C.
Pramudya
Ananta Toer
D.
Armijn
Pane
19.
Bacalah kutipan drama berikut ini!
Penyair lalu bangkit,
terus berjalan menuju ke pintu. Ia berhenti di ambang, dan bersandar sambil
memasukkan kedua tangan ke dalam saku celana.
Penyair : Mengapa Saudari menjadi merasa sendat
oleh tingkah laku bapak-bapak itu?
Perempuan : Bagaimana akan tidak? Sekarang ini sekaligus
aku harus menjadi pelayan dan tukang masak mereka. Sekaligus harus memberi
mereka jaminan makan. Satu hal yang belum pernah kualami selama aku membuka
losmen. Coba pikir. Mereka bukannya berterima kasih, tapi malah selalu
menggerutu. Istimewa bapak pemimpin itu, gerutunya memberi makan ”orang besar”
kok seperti memberi makan kepada tawanan. Sedang tuan pedagang itu, kalau makan
selalu minta tambah nasi. Jatah untuk tiga orang dihabiskannya begitu saja.
Ditambah lagi, sekarang persediaan beras dan lauk sudah hampir habis. Dalam
keadaan begini, dimana bisa diperoleh beras. Masih ditambah lagi mereka
bertingkah terlalu kurang ajar. Terlalu ....
(Domba-domba Revolusi, B.Soelarto)
Masalah yang
diungkapkan dalam penggalan drama tersebut adalah ....
A.
Penyair
merasa prihatin terhadap masalah yang dihadapi pemilik losmen.
B.
Perempuan
pemilik losmen merasa repot menghadapi tingkah laku bapak-bapak.
C.
Bapak-bapak
itu berlaku semena-mena terhadap perempuan pemilik losmen.
D.
Bapak-bapak
pengunjung losmen minta diperlakukan istimewa.
20.
Untuk membedakan karya tulis ilmiah
dengan karya tulis nonilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan.
Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah …
A. tipografi tulisan
B. pengarang
C. sumber rujukan
D. ragam bahasa
21.
Salah satu sifat perubahan dalam
inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam sistem
dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut ….
A. addition
B. restructuring
C. substitution
D. alternation
22.
Di antara deret kata berikut yang merupakan ragam bahasa
resmi (baku) ialah...
A.
Lesung pipi, disilakan, penerjemah
B.
Ilmuan, cenderamata, anggauta
C.
Sistim, apotek, prosentasi
D.
Resiko, sekretaris, dirubah
23.
Penulisan singkatan nama dan gelar keserjanaan di belakang nama yang benar
terdapat dalam kalimat...
A.
R. M. BA mendapat penghargaan sebagai guru teladan.
B.
Dokter yang hadir pada simposium kesehatan itu adalah dr.
Aditia S. Nugraha, M.P.H
C.
Drs. A. Jayadi B.Sc adalah guru baru di sekolah kami.
D.
Ir. Setiabudi M.Sc adalah arsitek interior gedung ini.
24.
Penulisan
singkatan yang benar terdapat dalam kalimat...
A.
Libur Cawu 1 dimulai pada tanggal 23 Oktober sampai dengan 2 November
1995.
B.
Lomba baca puisi dalam rangka Bulan Bahasa Dilangsungkan
mulai tanggal 10 s.d 15 Oktober
C.
Yth. Bpk Arifin Jl Sukarno Hatta 39 Bengkulu.
D.
Saya a/n teman-teman menyampaikan terima kasih.
25.
Pemakain
tanda koma di bawah ini betul, kecuali
....
A.
Amin
berkata, “Saya sudah pernah membaca buku itu.”
B.
Saya,
adik, dan Ibu pergi kerumah Nenek
C.
Pak Agus
tidak mengajar, karena sakit
D.
Kalau
kamu tidak datang, saya tidak akan pergi
26.
Manakah
kalimat yang menggunakan kata sapaan ?
A.
Bapak
akan berangkat ke Lampung besok
B.
Adik
saya aktif Pramuka
C.
Kakak pulang
jam berapa nanti?
D.
Ibu Rini
adalah guru Biologi kami
27.
Ungkapan
yang bermakna ‘menerima upah tanpa bekerja’ adalah ....
A.
Berpangku
tangan
B.
Mendapat
durian runtuh
C.
Makan
gaji buta
D.
Makan
tanah
28.
Perhatikan puisi
berikut ini!
Kaulah kandil gemerlap
Pelita jendela dimalam hari
Melambai pulang perlahan
Sabar, setia selalu
(Amir
Hamzah)
Tema
puisi tersebut adalah….
A.
Percintaan
B.
Kesedihan
C.
Kesetian
D.
Ketuhanan
29.
Anggrek adalah bunga yang sangat mempesona,
warnanya bermacam-macam, dan bentuknya
indah. Aromanya wangi, bunganya tahan lama, harganyapun lebih mahal daripada bunga-bunga yang lainnya. Oleh karena itu, tanaman anggrek perlu
ditingkatkan.
Kata yang menyatakan perbandingan dalam
paragraf di atas adalah...
A. Adalah
B. Dan
C. Oleh karena itu
D. Dari pada
30.
Berikut ini yang termasuk metode dari pendekatan
pembelajaran kooperatif adalah ….
A. learning community
B. inquiry
C. modeling
D. jigsaw
31.
Pernyataan berikut ini yang benar mengenai ranah
kognitif adalah ….
A. berkaitan
dengan aspek pengetahuan dan kemampuan intelektual seseorang.
B. berkaitan
dengan keluaran belajar yang menyangkut gerakan-gerakan otot.
C. berkaitan
dengan perasaan, nada, emosi, dan variasi tingkatan penerimaan dan penolakan
terhadap sesuatu.
D. berkaitan
dengan perubahan sikap atau pandangan terhadap sesuatu hal.
32.
Berikut ini yang termasuk karakteristik peserta didik
adalah, kecuali ….
A. kematangan
mental dan kecakapan intelektual
B. kondisi
fisik dan kecakapan psikomotor
C. potensi
kebahasaan
D. jenis
kelamin dan umur
33.
Bacalah kutipan drama berikut ini!
Aksan : Ibu,
hari ini kita bisa makan enak!(Aksan berteriak kegirangan sambil Menemui
Ibunya)
Ibu Zahra : (Bu Zahra menghapiri anaknya) Ada apa,San jadi
Ibu terkejut. Aksan,lihat Bu, Aksan menemukan dompet di jalan uangnya banyak
sekali,pokoknya hari ini kita makan besar
Ibu Zahra : Aksan
kita memang orang miskin,tapi uang itu kan bukan milik kita. Kamu harus
mengembalikannya. Orang yang kehilangan dompet itu pasti merasa sedih,coba
lihat ada KTP –nya tidak?
Aksan : (Sedih) Ini Bu!”
Bu Zahra : ( Menatap
Aksan tajam) Ya, Sekarang kembalikan uang itu ya!”
Aksan : (
ragu-ragu dan enggan) Tapi, bu kita bisa makan enak dengan uang ini, kita kan
tak pernah akan enak.
Bu Zahra : Aksan, ini
bukan uang kita. Kamu harus segera mengembalikan kepada pemiliknya.
Aksan : (Dengan
berat hati) Baiklah Bu
Bu Zahra : …….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang di
akhir dialog tersebut adalah…
A. Meninggalkan
Aksa) Ya,terserah kamulah,Aksa
B. (Tersenyum)
Ya,silakan kamu ambil separo saja saya ya
C. (Menghampiri
Aksan) Jangan sedih, itu bukan milik kita
D. (Marah
dan memukul) anak tidak jujur, ayo kembalikan.
34.
Perwaajahan dalam puisi disebut ….
A.
baris
B.
tipografi
C.
bait
D.
pencitraan
35.
Di bawah
ini ni yang termasuk unsur ekstrinsik
sebuah karya sastra adalah …
A.
tema dan amanat
B.
pesan moral
C.
cerita masyrakat
D.
nilai sosial dan budaya
36.
Alur perwatakan tokoh, tema cerita, dan
amanat dalam sebuah drama ditemukan dalam ….
A. Dialog
antar tokoh
B. Narasi
drama
C. Penjelasan
pengarang
D. Dialog
tokoh utama
37.
Banjir
di Jakarta diakibatkan oleh sudah tuanya usia Gardu Pompa Pluit. Selain itujuga
belum tertanganinya normalisasi sejumlah sungai (Kali Sunter dan Kali Cipinang)
merupakan penyebab banjir yang melanda sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan.
Kapasitas waduk Pluit kini sangat menurun sebagai akibat banyaknya lumpur yang
masuk ke situ. Akibatnya ketiks terjadi hujan deras kapasitas waduk itu untuk
menampung air sungai berkurang. Berdasarkan
kalimat-kalimat penjelas di atas, kalimat utama yang tepat adalah...
A.
Jadi,
penyebab utama banjir di Jakarta adalah banyaknya lumpur yang masuk ke waduk.
B.
Kapasitas
waduk Pluit yang mencapai 2,4 juta meter kubik, kini tinggal 1.650.000 meter
kubik
C.
Pada
tahu 1979 sampai 1993 lumpur yang jumlahnya 750.000 meter kubik, hanya sebagian
kecil yang hanya bisa dikeruk.
D.
Banjir
yang melanda sebagian Jakarta adalah disebabkan terbatasnya kemampuan sarana
pengendali banjir.
38.
Resensi
drama mengupas hal-hal berikut, kecuali...
A. Dialog
B. Akting
C. Penonton
D. Alur
39.
Unsur-unsur
berikut ini secara langsung membentuk sebuah cerpen atau novel, kecuali....
A.
sudut
pandang pengarang
B.
pesan
yang disampaikan
C.
kehidupan
pengarang
D.
plot/alur
cerita
40.
Pelajaran yang
diperoleh dari cerita tersebut adalah ….
A. Kita
tidak boleh tolong-menolong dalam kehidupan
B. Kita
harus mengakui kesalahan yang kita lakukan
C. Kita
tidak harus menolong orang laim
D. Kita
harus membalas budi baik orang lain
41.
Berikut ini yang tidak termasuk karya
sastra adalah ….
A. syair
B. hikayat
C. resensi
D. novel
42.
Karya sastra yang ditulis untuk
dipentaskan adalah ….
A. legenda
B. drama
C. puisi
D. musikalisasi
43.
Pengelolaan kelas merujuk kepada kegiatan-kegiatan
menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal terjadinya proses belajar.
Oleh sebab itu, di bawah ini yang termasuk pendekatan dalam pengelolaan kelas
adalah, kecuali ….
A. pendekatan
managerial
B. pendekatan
psikologikal
C. pendekatan
kooperatif
D. pendekatan
sistem
44.
Perhatikan kemampuan berikut ini!
(1)
mencari persamaan, (2) mencari perbedaan, (3) membandingkan, (4)
mengontraskan, dan (5) mencari
|
Kemampuan yang diharapkan kepada peserta didik
seperti di atas merupakan bagian dari bentuk pelaksanaan kegiatan keterampilan
….
A. mengamati
B. menafsirkan
C. menggolongkan
D. mengkomunikasikan
45.
Kalimat
inti yang membentuk kalimat Nyamuk
penyebab wabah demam berdarah harus segera diberantas secara tuntas adalah….
A.
Nyamuk
wabah
B.
Nyamuk
penyebab
C.
Demam
diberantas
D.
Nyamuk
diberantas
46.
Perhatikanlah penggalan puisi berikut!
Kekayaan melimpah
Kemiskinan melimpah
Darah melimpah
Ludah menyembur dan melimpah
Majas yang terdapat dalam penggalan
puisi tersebut adalah….
A.
Perulangan
B.
Paralelisme
C.
Personifikasi
D.
Hiperbola
47. Pendekatan
pengajaran bahasa yang memanfaatkan hubungan gejala masyarakat dengan gejala
bahasa adalah ….
A. pendekatan
psikolinguistik
B. pendekatan
integral
C. pendekatan
fungsional
D. pendekatan
sosiolinguistik
48.
Langkah-langkah penyusunan kisi-kisi soal pembelajaran
bahasa di antaranya menentukan aspek intelektual. Berikut ini yang termasuk bagian
evaluasi (C6) adalah ….
A. membedakan,
menemukan, mengklasifikasikan, dan menganalisis
B. menggabungkan,
mengembangkan, menghubungkan, dan mensintesis
C. menafsirkan,
menentukan, memutuskan, dan menilai
D. memilih,
menyusun, menerapkan, dan menggeneralisasikan
49.
Berikut ini yang termasuk penyair Angkatan Pujangga Baru adalah .....
A.
Chairil
Anwar
B.
Taufik
Ismail
C.
W.S
Rendra
D.
Amir
hamzah
50.
Jenis
drama yang di dalamnya terdapat
suasana sedih dan gembira adalah ....
A.
Operet
B.
Tragedi-Komedi
C.
Melodrama
D.
Dagelan
51.
Bahasa
Indonesia diakui sebagai bahasa persatuan bangsa pada tanggal ….
A.
28
Oktober 1945
B.
28
Oktober 1926
C.
28
Oktober 2943
D.
28
Oktober 1928
52.
Berikut
ini yang merupakan salah satu kedudukan bahasa Indonesia adalah .…
A.
kedudukan
bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
B.
kedudukan
bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional
C.
kedudukan
bahasa Indonesia sebagai bahasa bangsa
D.
kedudukan
bahasa Indonesia sebagai bahasa perhubungan
53.
Bahasa
Indonesia dapat dijadikan sebagai lingua
franca karena hal berikut ini, kecuali….
A.
bahasa
Indonesia telah digunakan sejak dahulu se-Asia Tenggara
B.
bahasa
Indonesia mudah dipahami karena memiliki sistem yang sederhana
C.
suku-suku
yang ada di Indonesia menerima dengan sukarela
D.
bahasa
Indonesia mengenal tingkatan bahasa
54.
Berikut
ini termasuk unsur-unsur intrinsik suatu karya sastra, kecuali .....
A.
Biografi
pengarang
B.
Sudut
pandang
C.
Tema
D.
Alur
55.
Amanat
(pesan) yang terdapat di dalam
roman Layar Terkembang adalah ....
A.
Agar
wanita meniru secara mentah-mentah kebudayaan barat
B.
Supaya
intelektual Indonesia tidak tinggal di kota
saja, tetapi juga di desa
C.
Agar
wanita seperti para pelakunya
D.
Pembaca
roman Layar Terkembang harus meniru
cara dan kepribadian pengarang
56.
Perhatikanlah
kalimat-kalimat berikut!
1) Pengairan
selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang
terluka basah (menggenang) dapat menyebabkan
buruknya rimpang jahe.
2) Mula-mula
air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi
petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
3)
Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
4) Pengairan
harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan
cuaca dan kelembaban tanah.
5) Pengairan
dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut
dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan ....
A. (1), (3),
(2), (5), dan (4)
B. (2). (1),
(5), (4), dan (3)
C. (4), (5), (1), (2), dan
(3)
D. (3), (1), (5), (2), dan
(4)
57.
Cara
penulisan yang sesuai dengan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) ialah….
A.
Setiap
hari Sabtu, bis Jakarta-Bandung penuh sesak
B.
Setiap
hari Sabtu, bis Jakarta - Bandung penuh sesak
C.
Setiap
hari sabtu, bis Jakarta Bandung penuh sesak
D.
Setiap
hari Sabtu, bis Jakarta/Bandung penuh sesak
58.
Unsur kesejarahan puisi muncul sebagai
salah satu unsur ekstrinsik karena ....
A.
unsur kesejarahan menjadi unsur penentu
nilai kepuitisan puisi
B.
tanpa kesejarahan puisi sulit untuk
lahir
C.
unsur kesejarahan menjadi satu tanda
budaya yang berkembang pada saat puisi
dicipta penyair
D.
tanpa kesejarahan puisi sulit
ditafsirkan
59.
Salah satu ciri dari puisi Indonesia
modern adalah membebaskan kata dari makna. Ciri tersebut merupakan ciri puisi
yang termasuk ke dalam jenis ….
A.
puisi mbeling
B.
puisi mantra
C.
puisi prosais
D.
pusis essai
60.
Cermatilah tabel berikut dengan seksama!
KUALIFIKASI TENAGA PENDIDIKAN DI
TAHUN 2002/2003
|
Pertanyaan yang sesuai dengan tabel
tersebut adalah …
A.
Berdasarkan ijazah tertinggi,tenaga
pendidik SMA lebih sedikit yang berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
B.
Berdasarkan persentase ijazah tertinggi,
seluruh tenaga pendidik pada perguruan tinggi berijazah sarjana dan
pascasarjana.
C.
Tenaga pendidik SMK berijazah tertinggi
D3 lebih sedikit daripada tenaga pendidik pada sekolah dasar.
D.
Berdasarkan jumlah guru, tenaga pendidik
SMP lebih sedikit berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
Otot jantung memperoleh bahan
bakar dari oksigen dan makanan yang dibawa oleh pembuluh darah jantung.
Apabila pembuluh darah ini tersumbat, jantung akan kekurangan bahan bakar
dan bisa berhenti berdenyut dengan benar atau diam sama sekali …
|
Kalimat
akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.
Ini terjadi karenaz at-zat lemak dan
kolesterol dipembuluh nadi terganggu.
B.
Penyumbatan mendadak terjadi karena
gumpalan darah kecil dalam aliran darah.
C.
Atheroma gangguan jantung yang paling
banyak menyerang jantung.
D.
Keadaan yang demikian dapat menimbulkan
kematian secara mendadak.
62.
Kalimat
di bawah ini yang menggunakan kata umum bidang
kesehatan adalah ....
A.
Setiap
hari berpuluh-puluh truk rokok keluar dari pabrik itu.
B.
Tanaman
tembakau dapat menjadi komoditi ekspor yang penting.
C.
Cukai
rokok merupakan sumber pendapatan negara yang tidak sedikit
D.
Merokok
sigaret dapat menimbulkan panyakit jantung, kanker, paru-paru, dan sebagainya.
63.
Kalimat-kalimat
dibawah ini yang menggunakan kata yang bermakna konotasi, kecuali ....
A.
Di
daerah ini sudah terbiasa soal semir-menyemir
B.
Daun-daunan
banyak yang gugur
C.
Dokter
menyuruhnya untuk membawa air seni
D.
Kalau
dia melawan, sikat saja
64.
Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik
dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator
kompetensi adalah ....
A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
C. Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran
D. Standar Kompetensi
Lulusan
65.
Berikut ini yang termasuk ciri-ciri dari metode
tutor teman sebaya adalah ....
A. metode mengajar
yang meminta peserta didik untuk merancang suatu proyek
B. metode mengajar
yang meminta siswa membaca keseluruhan materi secara bergantian
C. metode mengajar
dengan cara mengajak siswa mengunjungi suatu objek dengan teman sebaya
D. metode mengajar
yang mengandalkan peserta didik untuk mengajar teman sebaya yang membutuhkan
66.
Suatu metode pembelajaran yang setiap siswanya
diberi nomor kemudian dibuat suatu kelompok dan secara acak guru akan memanggil
nomor sisiwa yang dimaksudkan disebut dengan metode ....
A. Problem Based Instruction
B. Numbered Heads Together
C. Group Investigation
D. Role Playing
67.
Berikut ini pendekatan yang membentuk kegiatan
belajar mengaitkan, mengalami,
menerapkan, kerjasama, dan mentransfer
adalah ....
A. pendekatan
kontekstual
B. pendekatan
konstruktivisme
C. pendekatan
saintifik
D. pendekatan proses
68.
Berikut
ini terdapat sebuah kalimat yang mengandung kata khusus bidang pertanian, yaitu
......
A.
Anak-anak
kecil itu berlari diatas pematang
B.
Pemerintah
sedang menggalakkan pencangkokan jantung
C.
Kita
harus memperhatikan sanitasi lingkungan
D.
Flora
dan fauna sering ditayangkan di TVRI
69.
Tahukah Anda beda daftar isi dan kepustakaan?
Kalimat diatas
menggunakan istilah-istilah dalam bidang .....
A.
Pertanian
B.
Matematika
C.
Perpustakaan
D.
Persuratkabaran
70.
Bacalah kutipan novel berikut!
“ Mas, apa kau
tidak merasa capek setiap hari lembur begini?” tanyaku di satu kesempatan dududk
di depan tave bersama-sama waktu itu anak-anak sudah tidur. “ Tentu saja capek,
tetapi yang namanya capek kan tidak bisa di biarkan begitu saja ,seperti orang
yang tidak punya rasa tanggung jawab.” Sahut mas Indra, kemudian dia menoleh ke
arahkudan menattap mataku dengan tatapan tajam. “ Kenapa kau bertanya seperti
itu?”
“ Karena aku memikirkanmu,
mengkhawatirkan kesehatanmu. Aku tidak rela tenaga mu di peras orang lho, mas!”
Kalimat yang
menunjukkan latar….
A. ….menatap mataku dengan tajam
B. Aku tidak rela tenagamu di peras
orang lho, Mas
C. ….Duduk di depan tave bersama-sama
waktu itu anak-anak sudah tidur
D. Karena aku memikirkanmu,
mengkhawatirkan kesehatanmu
71.
Perhatikan paragraf berikut ini!
Waktu bangun pagi—pagi Noerdin merasa badannya kurang enak.
Sehari itu ia tidak berkerja dan panasnya amat tinggi. Malamnya makin bertambah
juga panasnya, dan ia pun juga sudah igau-igauan. Lain tidak yang disebutnya
ialah Rukmini juga. Besoknya adalah demamnya agak turun sedikit tetapi bukan
main rindunya, hendak bertemu Rukmini. Dengan tidak malu lagi di suruhnya
jemput Rukmini hari itu juga dengan autonya.
Sudut pandang pengarang yang di gunakan dalam kutipan di
atas adalah….
A.
Orang pertama sebagai tokoh utama
B.
Orang
pertama tokoh sampingan
C.
Orang ketiga tokoh utama
D.
Orang pertama dan orang ketiga
72.
Variasi
bahasa yang memiliki ciri variasi formalitas di bawah resmi, sehingga
situasi kebanyakan atau situasi yang dapat dijumpai dalam
kegiatan komunikasi pada umumnya,
sehingga situasi komunikasi seperti ini menyebabkan berkembangnya ….
A.
ragam
beku
B.
ragam usaha
C.
ragam
resmi
D.
ragam santai
73.
Ragam-ragam bahasa yang disebabkan oleh perbedaan geografis
dikaji dalam ….
A.
etnografi
B.
dialektologi
C.
pragmatik
D.
analisis wacana
74.
Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan
elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan peserta didik adalah ….
A. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
B. Menfasilitasi peserta didik elakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
C. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber.
D. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar.
75.
“Belajar untuk menyedari bahwa hidup perlu bekerjasma,
saling menghargai, menerima perbedaan” merupakan penjelasan dari pilar
pendidikan ….
A. learning to know
B. learnin to do
C. learning to life together
D. learning to be
76.
Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan
penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah ….
A. Melatih
peserta didik mengerjakan soal UN
B. Melakukan
ulangan harian spontanitas
C. Melakukan
post-test
D. Melakukan
pre-test
77.
Redo
memohon dengan sangat dengan cara memelas dan membujuk orang terdekatnya.
konteks tersebut dilakukannya karena sedang memerankan tokoh tertentu dalam
drama yang ditekuninya. Peristiwa tersebut merujuk kepada istilah ….
A.
ken C. rol
B.
slang D. argot
80. Ciri
berikut ini yang termasuk ke dalam kategori bahasa basilek adalah, kecuali ….
A.
Ragam
bahasa sosial yang dianggap sebagai
ragam yang kurang bergengsi.
B.
Ragam
bahasa sosial yang dipandang sebagai ragam yang lebih bergengsi.
C.
Ragam
bahasa yang dianggap sebagai ragam yang rendah.
D.
Ragam bahasa
yang dibanding dengan ragam lainnya dipandang sebagai di bawah setingkat dari
akrolek.
78.
Ragam
lisan relatif berusia lebih tua dibandingkan
dengan ragam tulis. Hal itu disebabkan oleh ….
A.
stabilitas
yang luwes dan intelektualitas tinggi, sehingga terpelihara, baku,
didayagunakan dalam dunia pendidikan dan kebudayaan.
B.
suatu
perkembangan linguistik yang
terjadi karena bahasa lisan berada dalam
kontak dalam waktu yang lama.
C.
digunakan
secara terbatas oleh kelompok-kelompok sosial tertentu.
D. hakikat bahasa
yang utama adalah
lisan sedangkan bahasa tulis merupakan hasil
kodifikasi bunyi menjadi
lambang bunyi beserta tata
aturan grafis lainnya.
79.
Variasi
bahasa berdasarkan situasi adalah berikut ini.
A.
Variasi
dengan penggolongan adalah (a) bahasa ibu, (b) bahasa daerah, (c) lingua
franca, (d) bahasa nasional, (e) bahasa negara,
(f) bahasa pengantar, (g) bahasa
persatuan, dan (h) bahasa resmi.
B.
Variasi
bahasa yang diklasifikasikan atas dua jenis yaitu bahasa resmi (formal) dan
nonresmi (nonformal).
C.
Variasi
bahasa dapat dibagi atas (1) diglosia, (2) kreol, (3) lisan, (4) nonstandar,
(5) pijin, (6) register, (7) repertoar,
(8) reputasi, (9) standar, (10) tulis,
(11) bahasa tutur sapa, (12) ken, dan (13) jargon.
D.
Variasi yang
terdiri atas: sangat resmi atau beku, resmi, ragam usaha atau aktual atau
situasi kebanyakan, santai, dan akrab.
80.
Berikut ini adalah adalah sastrawan yang berasal dari Sumatera Barat, kecuali
…
A. Umar
Kayam
B. Hamid
Jabbar
C. Darman
Munir
D. Chairul
Harun
81.
Unsur karya sastra di bawah ini adalah,
kecuali….
A. setting
B. gaya
bahasa
C. latar
D. konflik
82.
Bacalah kutipan dialog novel berikut
ini!
Legenda khas Dukuh Paruk, misalnya kisah nenek tentang
fenomena di pekuburan Dukuh Paruk malam hari ketika terjadi bencana itu. Nenek
mengatakan banyak obor terlihat di atas kerimbunan pohon beringin di atas makam
Ki Secamenggala. Dari pekuburan itu terdengar suara tangis bersahutan. Nenek
yang mengatakan bayangan Ki Secamenggala keluar mendatangi setiap mayat yang
malam itu belum satu pun sempat dikubur
Berdasarkan
kutipan tersebut, terlihat bahwa latar cerita terjadi di pedasaan …
A. dengan
kehidupan religi yang baik
B. dengan
kehidupan religi yang sangat baik
C. dengan
paham animism yang kuat
D. tanpa
paham animisme
83.
Legenda adalah cerita yang mengisahkan
tentang ….
A.
hal-ihwal seorang tokoh yang lucu
B.
cerita yang menampilkan hewan-hewan sebagai tokohnya
C. sejarah tentang suatu negeri, danau, atau gunung
D.kepercayaan
yang menyangkut kehidupan roh-roh atau dewa-dewa
84.
Isi hidupnya lembaga bredel
dalam legislasi pers nasional kembali menghantui insan pers Indonesia.
Beberapa kalangan mengakui telah menerima draft perubahan UU Pers yang di dala mnya konon antara lain
memuat peraturan mengenai bredel. Ketakutan akan kemb
Inilah beberapa soal latihan untuk para guru Bahasa Indonesai yang mau mengikuti OGN. Masih ada soal-soal lainnya dan akan dibagikan sesuai dengan permintaan dari teman-teman. semoga dengan latihan model soal OGN ini bisa menjadikan kita sukses dan mengulang kembali pengetahuan yang mungkin sudah lama tidak dibaca lagi. kritik dan saran silakan sampaikan di kolom komentar.
Selamat Belajar dan Berlatih!
|
Mengapa
insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi menolak lembaga bredel
dihidupkan kembali?
Jawaban
yang tepat adalah karena …
A.
Dengan hidupnya lembaga bredel dalam
legistasi pers nasional akan menghantui insan pers.
B.
Insan pers dan pegiat merasa takut akan
kembalinya rezim otoriter yang membudayakan sensor.
C.
Lembaga bredel dikhawatirkan akan
memasung kreativitas lembaga pers dan pegiat dalam pemberitaan.
D.
Lembaga bredel dikhawatirkan memberi
peluang lebar bagi kekuasaan untuk menghentikan operasi lembaga pers.
85.
Legenda adalah cerita yang mengisahkan
tentang ….
A.
hal-ihwal seorang tokoh yang lucu
B.
cerita yang menampilkan hewan-hewan sebagai tokohnya
C.
sejarah tentang suatu negeri, danau, atau gunung
D.
kepercayaan
yang menyangkut kehidupan roh-roh atau dewa-dewa
Semangat kak Dila.
BalasHapusInsyaallah zon 😊🙏
HapusMksh contoh soal nya uni
BalasHapussama sama sa 😊🙏
Hapus👍
BalasHapusSemngat buk Dilla
siipp. insyaallah kim 😊
Hapus