Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VII SMP

Materi     : Teks Laporan Hasil Observasi 
Kelas       : VII SMP 


Pengertian Teks Laporan Hasil Percobaan

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi/ penelitian secara sistematis. Teks laporan hasil observasi menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis sehingga dapat mejelaskan suatu hal secara rinci dan dari sudut pandang keilmuan. Teks ini berisi hasil observasi dan analisis secara sistematis. Laporan hasil observasi bisa berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep/ ekosistem tertentu.

Teks laporan hasil observasi biasanya berisi dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebagai bagian dari pemaparan ilmu pengetahuan, laporan hasil observasi menggunakan istilah-istilah bidang ilmu tertentu.

Ciri Bahasa Teks Laporan Hasil  Observasi

 1.      Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.

2.      Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain (digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis atau istilah yang digunakan secara khusus pada bidang tertentu).

3.      Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.

4.       Menggunakan kata penghubung yang menyatakan :

Tambahan : dan, serta

Perbedaan : berbeda dengan

Persamaan : sebagaimana, seperti halnya, demikian halnya, hal demikian, sebagai, hal   yang sama

Pertentangan : sedangkan, tetapi, namun, melainkan, sementara itu, padahal berbanding terbalik

Pilihan : atau

5.      Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.

6.      Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.

Kesimpulan 

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi/ penelitian secara sistematis. Teks laporan hasil observasi menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis sehingga dapat mejelaskan suatu hal secara rinci dan dari sudut pandang keilmuan.

Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Untuk mencari makna suatu istilah kita juga dapat menggunakan kamus. Bukan kamus umum, melainkan kamus istilah. Di perpustakaan sekolah kiranya Kamu dapat menemukan kamus istilah semacam itu. Ada kamus istilah ekonomi, kimia, kedokteran, politik, dan sebagainya.

Dalam KBBI dijelaskan bahwa pengertian paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan yang biasanya memiliki satu gagasan utama dan dimulai dengan alinea baru. Telah dibahas sebelumnya bahwa paragraf dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kontennya. Salah satunya adalah paragraf ekspositori. Paragraf ekspositori merupakan paragraf yang isinya menjelaskan atau memaparkan informasi yang jelas pada pembaca. Metode penyampaian informasi ini dapat dilakukan dengan cara menggolongkan, mengelompokkan, atau membagi suatu hal yang menjadi inti informasi. Paragraf yang terbentuk dengan metode inilah yang disebut dengan paragraf klasifikasi

Kata definisi berasal dari kata ‘definition‘ (bahasa Inggris) yang bermakna keterangan yang berupa penjelasan atas suatu objek. Sehingga kalimat definisi dapat diartikan sebagai kalimat yang memuat keterangan atau penjelasan atas suatu objek. Objek disini dapat berupa benda, orang, proses atau aktivitas.

Paragraf klasifikasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Ada kata seperti “digolongkan”, “dibagi”, “dibedakan”, “dikelompokkan”, dan kata lain yang sejenis. Biasanya kata ini dapat ditemukan pada awal atau menjadi gagasan utama paragraf.
  2. Paragraf klasifikasi bersifat informatif. Karena bersifat informatif, kalimat dalam paragraf klasifikasi berupa kalimat fakta. (Baca penjelasan lebih lengkap pada artikel ciri ciri kalimat fakta dan opini).
  3. Secara keseluruhan berisi penggolongan suatu hal berdasarkan acuan atau ciri ciri tertentu.

Gagasan utama adalah gagasan pokok yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca, sedangkan gagasan pendukung yaitu gagasan yang mendukung gagasan utama. Gagasan utama yang terletak di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Gagasan utama yang terletak di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Adapun gabungan paragraf deduktif dan induktif disebut sebagai paragraf campuran.

Kemampuan membaca sangat diperlukan untuk memahami isi teks yang kalian bahas. Membaca teks bacaan secara saksama bertujuan agar kalian dapat mengungkapkan gagasan utama secara keseluruhan yang disimpulkan dari rincian cerita gagasan utama

Berikut Contoh Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

1.   Pernyataan Umum / Deskripsi Umum

Pantai adalah batas antara daratan dengan laut. Batas ini merupakan zona laut sampai dengan kedalaman 200 m (garis isobath 200 m). Jadi, sifat-sifat pantai sama dengan daratan. Menurut bentuknya ada empat macam pantai, yaitu pantai landai, pantai curam, pantai bertebing, dan pantai karang.

2.    Deskripsi Bagian

Pantai merupakan tempat wisata yang populer dan pantas untuk dinikmati secara bersama keluarga. Pantai juga memiliki ekosistem pantai yang terdapat komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik pantai terdiri atas tumbuhan dan hewan yang hidup di daerah pantai. Sementara komponen abiotik pantai terdiri atas gelombang, arus, angin, pasir, batuan dan sebagainya. Tidak hanya itu, masih banyak yang terdapat di pantai dan dapat kita manfaatkan untuk kehidupan. Pasir yang dicampur dengan air laut diolah menjadi garam. Dan manfaat yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah manfaat pasir buat kesehatan manusia.

3. Deskripsi manfaat 

Pantai terdiri atas beberapa jenis. Komponen biotik dan abiotik pantai mengandung banyak manfaat. Selain indah, pantai memiliki manfaat bagi kesehatan, dan nutrisi

Fungsi dan ciri umum teks laporan hasil observasi

Teks laporan hasil observasi berfungsi memaparkan informasi atau fakta-fakta mengenai suatu objek tertentu secara apa adanya. Objek yang dimaksud bisa keadaan alam, perilaku sosial, kondisi budaya, benda, dan sejenisnya. Cara pengumpulan faktanya dapat dilakukan dengan pengamatan biasa, wawancara, ataupun penelitian lapangan dan laboratorium secara intensif. Dengan cara tersebut, suatu objek dapat digambarkan dengan kata-kata secara jelas dan pembaca dapat memperoleh gambaran umum tentang suatu objek, baik itu berupa suasana alam, pelaksanaan suatu kegiatan ataupun yang lainnya.

Hasil observasi terhadap suatu obyek dapat berfungsi untuk memberitahukan kepada pihak berwenang atau terkait suatu informasi dan kemudian dijadikan dasar penyusunan kebijakan. (Kemendikbud 2015:26). Selain itu juga berfungsi untuk memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan dan pendokumentasian suatu kegiatan.

Ciri umum teks laporah hasil observasi yaitu, (1) bersifat objektif, (2) ditulis berdasarkan fakta yang ditemukan pada saat pengamatan, (3) tidak mengandung hal-hal yang sifatnya menyimpang, duga-dugaan yang tidak tepat atau pemihakan terhadap sesuatu, (4) ditulis secara lengkap.

0 comments:

Post a Comment