Breaking News

Rangkaian cerita di FMGMP Bahasa Indonesia SMP se- Sumatra Barat

Pagi yang cerah, kulangkahkan kaki menuju Batusangkar untuk memenuhi undangan MGMP provinsi Sumatera Barat.  Beranjak dari rasa segan karena sering di japri oleh Bapak Datuak  selaku ketua MGMP Provinsi,  kulangkahkan kaki menuju tempat kegiatan, dengan rayuan pada anak mertua mengantar sambil kita jalan-jalan dan main dengan anak-anak hehe... walaupun sebelumnya sudah mengajak teman-teman di Bukittinggi,  namun dengan berbagai alasan, karena hari Minggu ini adalah hari besar bagi mak-mak, makanya gak bisa dipaksakan juga. 

Jadilah aku satu-satunya perwakilan dari SMP di Bukittinggi, lalu menyusul Pak Nova dari MTsN 1 Bukittinggi juga.  
Alhamdulillah jam 10-an sampai lah di tempat tujuan, walaupun orang sudah selesai menyanyikan lagi Indonesia Raya dan lagu himne bahasa. Ternyata sangat ramai peserta yang datang dari berbagai daerah. Ada yang dari Padang, Pariaman, Payakumbuh,  Batusangkar, Sawahlunto, Solok dan Bukittinggi pastinya.

Alhamdulillah luar biasa sambutan tuan rumah dan teman-teman MGMP Sumatra Barat ketika ada perwakilan dari Bukittinggi yang hadir. Apalagi kepada diri ini, yang siapalah.  Namun ada beberapa ibu menyapa "Oh, ini yang Ibu Dilla tu, ooh, iko Ibu Dilla yang suko berbagi tu, Ibu baco lo tulisan Dilla yang dikirimdi grup FMGMP tu." Celetuk beberpa orang guru yang baru kali itu bertatap wajah. Waduh, senangnya hati ini,  bisa dikenal dan disapa oleh ibu-ibu guru hebat yang di Sumatra Barat ini 😊💖 
"Merancang Program Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka" adalah tema yang diusung oleh FMGMP Bahasa Indonesia hari itu. Kegiata tersebut diadakan di Kabupaten Tanah Datar tepatnya di SMPN 1 Batusangkar pada hari Minggu, 27 Agustus 2023. Banyak yang hadir dalam kegiatan yang diadakan satu kali dalam satu bulan ini. Acara ini adalah salah satu kegiatan positif yang sangat dinanti oleh semua guru Bahasa Indonesia se-Sumatra Barat.
  
Kegiatan FMGMP ini dibuka oleh Ibu Imelda Yanti, M.Pd pengawas SMP mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanahdatar. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan FMGMP Provinsi ini, dan mengajak semua guru aktif dalam komunitas belajar dan juga harus sering membuka dan menggunakan PMM. Beliau juga menghimbau agar setiap guru rajin mengakses akun dari Kemendikbud ini. 
"Maksimalkanlah penggunaan PMM Bapak Ibu, karena di sana juga tersedia panduan dalam mengajar dan juga soal assesmen yang bisa digunakan untuk siswa di dalam kelas. Termasuk Bagaimana cara memperkenalkan soal AN atau Asesmen Nasional." Ujar beliau dengan penuh semangat.  
 

Kegiatan MGMP provinsi kali ini juga dihadiri oleh sesepuhnya guru bahasa Indonesia Sumatra Barat,  yaitu Ibunda Yurnelis yang sudah pensiun dan masih aktif mengikuti dan memotivasi Kegiatan MGMP provinsi ini. Dalam sambutannya beliau menghimbau agar guru-guru muda aktif dalam kegiatan yang menambah ilmu dengan mengikuti kegiatan MGMP provinsi ini, dan juga agar aktif menulis,  karena dengan menulis akan bisa menabung poin untuk angka kredit kenaikan pangkat. Beliau yang sudah purnabakti saja, masih bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, rasanya malu kita para guru muda ini yang masih banyak alasan untuk menggali ilmu.  Apalagi penulis yang perdana mengikuti kegiatan ini ke luar kota. Hehe... ( jangan ditiru yak) 

Bahagia juga saya rasakan ketika beliau menyapa dari atas podium, "Mana Dilla, saya membaca tulisannya diberbagai media, dan terakhir yang dimuat di surat kabar nasional yaitu Kompas, kredit poin satu tulisan yang keluar di media, sama nilainya dengan tiga tahun menjadi wali kelas," ujar beliau kepada semua peserta yang hadir. Oleh karena itu, para guru bahasa Indonesia,  aktiflah menulis dan teruslah menulis pesan Ibu Yurnelis yang masih enerjik ini. 

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan kali ini adalah Ibu Sesmi Anggia, S.Pd dari Payakumbuh.  Nara sumber hebat yang juga sudah purnabakti per 1 Agustus 2023 ini masih semangat berbagi dan memotivasi para guru bahasa yang hadir hari pada kegiatan ini. Beliau membuat media pembelajaran yang menarik untuk anak didik dan menularkan kepada para guru yang hadir. Seperti tadi beliau memberikan printout teka-teki  silang dengan materi teks deskripsi. Semua guru berjibaku mengisi dengan pensil warna yang diberikan oleh beliau. Serentak semua guru membaca dan mengisi dengan berbagai cara. Sangat menarik apa yang telah beliau berikan. Kita saja sebagai guru sangat antusias mengerjakan, apalah lagi para siswa ketika di dalam kelas. 
Saking serunya kegiatan tadi, tidak terasa waktu cepat berlalu, kegiatan yang diselingi dengan icebreaking oleh Ibu narasumber membuat semangat para peserta terus menggebu. Sebelumnya juga ada lomba lagu himne bahasa Indonesia yang hadiahnya diberikan oleh Ibu Amelia. Karena beliau sangat terkesan dengan lagu tersebut, dan tidak menyangka ada lagu himne bahasa yang selalu dinyanyikan dalam setiap pertemuan MGMP. 
Adapun yang menjadi pemenangnya adalah tuan rumah yaitu Ibu Genta sebagai koordinator MGMP Kabupaten Tanahdatar yang memiliki suara emas bak artis Ibu kota hehe... selamat ya Bu, suaranya kereen  banget🫶
Sangat senang bisa berkumpul dengan komunitas hebat ini. Walaupun ini perdana bagiku ikut kegiatan ke luar kota,  namun menjadi sebuah cerita dan catatan seru yang patut diabadikan. 
Karena selain bisa menggali ilmu, bertemu dengan guru-guru hebat se-Sumatera Barat,  juga bisa reunian dengan teman seangkatan ketika sama-sama menimba ilmu di UNP pada tahun 2000 dulu. Tidak menyangka akan bertemu dengan Fitria Novita dan juga Anea Silvia yang bertindak sebagai tuan rumah. Setelah sekian puluh tahun tak jumpa, komunitas inilah yang mempertemukan. Makasih sahabat, telah menjamu dan memberi cerita seru yang menyenangkan hari ini. Ditambah jamuan makan siang yang sangat enak. Makasih Chin🥰🙏
Selain itu juga bertemu dengan Ibu guru dari berbagai daerah lainnya dan menambah kenalan baru.  Sebut saja Ibu  Nadia, Bapak Torik, ( masih banyak Ibu-ibu dan Bapak guru yang tidak tersebut namanya satu persatu hehe..) makasih sharing dan ilmunya ya. Yang saya juga tidak menyangka bertemu dengan Bapak Hasan alumni sesama PLPG di tahun 2012 lalu. Masyaallah tidak menyangka bertemu dengan beliau  yang pertama kali mengenalkan dan membuat akun Facebook Dilla, S.Pd dulu, walaupun sekarang sudah kena hack. Makasih ya Pak karena akun tersebutlah,  nama Dilla S.Pd menjadi brand seorang Dilla hehe.... 

Semoga perjalanan perdana ini menjadi langkah pasti untuk pertemuan berikutnya. Semoga juga tim dari Bukittinggi juga bisa rame mengikuti kegiatan ini. 
Indahnya berbagi dan bersilaturahmi, yang sudah pasti ilmu digali untuk membersamai anak didik yang selalu menanti dengan hati yang suci. 
Makasih Bapak Ibu, atas kebersamaannya hari ini 🙏🥰🫶

Catatan di akhir bulan Agustus 2023 di Batusangkar 

Dokumentasi, koleksi pribadi dan wa grup 

2 komentar:

  1. Terimakasih Dilla atas tulisanya sudah ibu baca. Menyenangkan sekali.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih Ibu. Makasih jgvat
      As apresiasinya ya buk

      Hapus