Breaking News

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.3 || Dilla, S.Pd. CGP Angkatan 11 Kota Bukittinggi

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID



  1. Peristiwa (Fact)

Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid merupakan modul terakhir yang harus kami pelajari dalam Pendidikan Guru Penggerak ini. Seperti pada modul-modul sebelumnya, modul ini diawali dengan pendekatan MERDEKA, yaitu dimulai dari diri sendiri yang dimulai pada tanggal 5 November 2024. Pada tahap awal ini, kami diperkenalkan dengan dua pertanyaan penting mengenai definisi program yang berdampak pada murid dan hubungannya dengan student agency. Tahap eksplorasi konsep dimulai tanggal 5 - 8 November 2024. Selama eksplorasi konsep, saya mempelajari cara merancang program yang berdampak positif pada murid dengan mempertimbangkan tiga aspek utama: suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Kami juga membahas lingkungan yang mendukung perkembangan kepemimpinan murid dan pentingnya keterlibatan komunitas. Dalam forum diskusi pada tanggal 11 dan 12 November 2024, beberapa CGP mempresentasikan program-program yang telah mereka lakukan di sekolah, diikuti dengan umpan balik dari peserta lain. Elaborasi pemahaman tanggal 18 November 2024.

  1. Perasaan (Feeling)

Saya merasa bahagia karena kami telah mencapai modul terakhir dari PGP Angkatan 11, dan meskipun banyak tugas yang harus diselesaikan, saya berhasil menyelesaikannya tepat waktu tanpa adanya keterlambatan. Saya merasa bersyukur karena masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk belajar hingga modul 3.3 ini, serta menerapkan ilmu yang diperoleh di sekolah. Di sisi lain, saya merasa sedih karena minggu ini adalah minggu terakhir kami berkolaborasi dengan fasilitator. di akhir sesi ruang kolaborasi kami meneteskan air mata sedih karena tidak akan ada lagi kegiatan rukol yang biasanya berisi tawa canda dan berbagi. Malam terakhir Rukol kami saling menyampaikan puisi dan kata-kata perpisahan yang mampu menguras air mata terkhusus kepada ibu fasilitator ibu Siti rohmah dan semua teman CGP yang sudah seperti saudara sendiri, walaupun belum pernah bertatap muka dengan CGP dari Solok. Banyak ilmu dan bantuan berharga yang kami terima dalam pendidian guru penggerak ini. 



  1. Pembelajaran (Findings)

Modul 3.3 telah memperdalam pemahaman saya tentang bagaimana merancang dan menyusun kegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi murid. Dampak tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kepemimpinan murid atau student agency. Untuk mencapai hal ini, penting untuk mempertimbangkan suara (voice) dan pilihan (choice) murid, sehingga mereka merasa memiliki (ownership) terhadap program tersebut. Langkah pertama dalam merancang program yang berdampak adalah dengan memetakan potensi dan aset yang dimiliki sekolah. Dengan melakukan mapping asset, kita dapat lebih mudah mengoptimalkan program dan mengatasi hambatan yang mungkin muncul. Program yang dirancang dengan baik juga dapat mendukung pencapaian visi dan misi sekolah.

  1. Penerapan (Future)

Ke depan, saya berencana untuk merancang program yaitu Gerakan mading sekolah digital, dan hubungannya dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Dalam melakasanakan program tersebut saya akan kolaborasi dengan rekan-rekan dan murid di sekolah untuk merancang kegiatan yang bertujuan menumbuhkan kepemimpinan murid. Saya akan memastikan bahwa suara (voice) dan pilihan (choice) mereka diperhatikan dalam proses perancangan, sehingga mereka merasa memiliki (ownership) terhadap hasil akhir. Dengan pendekatan ini, saya berharap program yang kami buat dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi murid.




Tidak ada komentar