Membangun Impian dengan Membaca

Membangun impian dengan membaca



Membaca membuka jendela dunia
          Kata-kata mutiara tersebut sangat sering kita dengar, dengan membaca seseorang akan banyak mendapatkan ilmu. Dengan membaca akan bisa membuka jendela dunia. Sangat banyak bahan bacaan yang bisa kita baca, salah satunya adalah karya sastra berupa novel.Novel adalah sebuah karangan panjang berupa prosa dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dan orang lain yang ada di sekitarnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelakunya. (Depdikbud 1989:618). Novel yang beredar pun sangat banyak ragamnya. Berdasarkan nyata atau tidaknya suatu cerita ada novel bergenre fiksi dan non fiksi. Novel fiksi yaitu novel yang tidak pernah terjadi, baik latar, tokoh dan alur cerita hanyalah rekaan saja. Misalnya novel Harry Poter dan novel twilight. Sedangkan novel non fiksi yaitu novel yang bercerita tentang hal nyata yang sudah pernah terjadi, berdasarkan pengalaman, kisah nyata maupun sejarah. Misalnya novel Laskar Pelangi, Negeri Lima Menara, Ayat-Ayat Cinta dan berbagai novel yang latar ceritanya ada di bumi.  Sedangkan berdasarkan genre ceritanya ada novel romatis, novel horor, novel misteri, novel komedi, dan novel inspiratif.
Sangat banyak pilihan novel yang bisa  dibaca, dengan membaca novel kita bisa berpetualang ke seluruh negri tanpa beranjak dari tempat duduk. kita bisa  tertawa geli, merinding, tegang, dan juga bisa bersedih atau menangis, sesuai dengan jenis  novel yang dibaca. Saat ini banyak beredar novel inspiratif yaitu novel yang bisa menginspirasi dan memotivasi pembacanya, sarat dengan pesan dan moral atau hikmah. Dalam novel ini kita diajak untuk menyelami kisah dan pengalam hidup pengarang yang mengaharu biru, penuh tantangan dan semangat juang yang tinggi untuk mencapai masa depan yang cerah dan cita-cita yang diimpikan,sehingga bisa memotivasipara pembacanya.
Membaca adalah pengalihan pikiran dari dunia luar menuju dunia fantasi atau imajinasi. Terlebih jika membaca novel berisi kisah petualangan dan fantasi. Kita bisa menjelajah seluruh dunia tanpa beranjak sedikitpun dari tempat duduk dan menciptakan dunia kita sendiri. Membaca bisa mengalihkan kita dari stres akibat pekerjaan dan tugas. Menyegarkan pikiran sekaligus membuat dan menemukan berbagai perspektif dan pengetahuan baru atau sebagai pencerahan. Membaca novel selalu lebih baik dari pada menonton TV, karena itu membuat fikiran selalu aktif. Mampu meningkatkan kemampuan verbal kita dengan penambahan kosa kata baru, dibandingkan dengan menonton TV.
Selain itu, banyak manfaat lain dalam membaca novel, tidakhanya mengenal dunia tapi juga mampu mengubah hidup seseorang. Sebuah penelitian membuktikan bahwa novel  mampu mengubah cara otak bekerja dan hasilnya bisa jadi permanen. Para ilmuwan mengatakan novel mampu untuk memindahkan pembaca ke dalam dunia fantasi, efek yang didapat dari membaca bisa ikut terjadi secara fisik. Buku favorit juga bisa menciptakan memori otot yaitu memori yang membuat seseorang meniru tindakan karakter yang terdapat dalam novel dan mengimplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.
            Selama membaca,  kita bisa melakukan perenungan terhadap isi bacaan. Hal yang sulit dilakukan saat kita menonton TV. Karakter di dalam novel pastinya selalu lebih baik dan hidup dibandingkan karakter-karakter yang ada di dalam film. Novel yang bagus akan membawa kita mengarungi dunia sekaligus penggambaran batin atau moral yang mungkin tidak akan pernah kita alami kecuali melalui buku. Karena membaca mampu meningkatkan kretivitas, menjadikan otak lebih cerdas dan percaya diri, mampu meningktakan konsentrasi, tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, dan sebagai pelarian yang baik serta mampu membentuk pandangan hidup yang positif. Melalui nila moral dalam novel juga mampu memperhalus budi dan perilaku dalam hidup.
            Cerita dalam novel sangat banyak mengupas tentang keberanian dan kebenaran. Semua itu akan menginspirasi untuk dapat menghadapi masalah yang menghadang dalam kehidupan. Membuat kita berani untuk mencoba hal-hal baru dalam hidup. Menerima dan merasa bersyukur dalam menjalani kehidupan. Melihat dari sudut pandang yang berbeda dan menunjukan bagaimana indahnya kehidupan dan cara menjalaninya dengan sepenuh hati.
            Jadi tunggu apalagi? Sisihkanlah sedikit rupiah dari uang sakumu untuk pergi ke toko buku dan pilihlah beberapa judul novel yang menarik minatmu. Habiskanlah beberapa jam untuk berkelana ke negeri impian dan seluruh pelosok negeri dengan membangun imajinasi yang positif tentunya. Jadikanlah cerita dan nilai-nilai dalam novel sebagai inspirasi dan dorongan untuk menggapai impian. Bangunlah mimpimu dan ukirlah masa depanmu dari sekarang, bayangkan semua impian itu suatu saat akan menjadi nyata.  Jangan pernah takut bermimpi dan lukislahlah impian itu dari sekarang mumpung semua mimpi itu masih Gratis!!


4 comments: