Wisata Edukasi ke Lassy Dairy Farm


Akhir tahun 2019, perjalanan dimulai ke Rumah Keju Lasi (21/12).  Wisata Edukasi yang di rintis oleh Suhatril, St.,Mt. Ini, dimulai pada tahun 2015. Beliau adalah  alumni SMA 1 Bukittinggi.  Dia membangun peternakan sapi penghasil susu ini di atas tanah yang luasnya lebih kurang 5000 meter yang terletak di daerah Lasi Tuo  dekat kaki Gunung Merapi. 
Dairy Farm Lasi  mempunyai 14 orang pekerja tetap yang mengelola kebersihan kandang sapi, mengolah pakan, mengolah keju, sampai pada pemasaran dan menerima kunjungan.  Para pekerja di peternakan ini banyak berasal dari Pengalengan, Jawa Barat. Mereka di rekrut, karena sudah berpengalaman mengelola peternakan sapi juga di daerah tersebut. 





Peternakan sapi  di Lasi ini,  bisa menghasilkan susu lebih kurang 300 Liter per hari, dengan rata rata satu ekor sapi menghasilkan 20 liter. Sementara jumlah sapi di sini sebanyak 58 ekor dengan anak-anaknya.   
Sementara itu, keju yang dihasilkan dari perahan susu per hari adalah sebanyak 30kg keju mozarela. Dengan harga perkilo 130 ribu rupiah. Tersedia ukuran 250gr dan 500gr. 
Pemerahan susu di mulai pada pagi hari, dan selesai pada pukul 08.00 pagi, setelah susu selesai di perah langsung diolah menjadi keju pada pukul 09.00 setiap harinya. Jadi bagi para pengunjung yang ingin melihat proses pemerahan susu dan pembuatan keju di sini, jangan sampai kesiangan ya datang nya 😊. Namun jangan takut, kalau gak sempat pagi, kita juga bisa melihat  proses pemerahan dan pengolahan ini pada sore hari. Karena proses pengolahan ini dilakukan  dua kali sehari.


Pakan ternak ini juga diolah di sini, yaitu campuran konsentrat, dengan bungkil kelapa sawit, rumput gajah, dedak dan ampas tahu. Semua diolah menjadi satu dan di berikan untuk sapi pada pagi dan sore hari. Rumput pun ditanam disekitar peternakan, jadi pakan rumput untuk sapi ini gak akan pernah kurang. Kotoran sapi ini pun diolah di sini  dan dikelola oleh pemuda setempat. 
Sementara itu, pemasaran keju ini sudah sampai ke provinsi tetangga lho Sob! Selain Bukittingg  dan sekitarnya, keju ini dipasarkan di Padang, Pekan Baru, dan Palembang Selain untuk pengolahan keju, ada juga para penjual susu murni yang menjemput Susu ke sini, untuk di olah lagi, menjadi susu dengan berbagai varian rasa.

Bagi Anda yang bingung  mau liburan kemana di akhir tahun ini, Rumah Keju ini bisa jadi pilihan wisata yang menyenangkan lho. Karena, Selain kita dapat melihat sapi-sapi yang gemuk dan bersih, melihat pemerahan susu, dan pengolahan keju dengan mesin yang canggih. Di peternakan ini juga disediakan spot-spot foto yang bagus.  Ada beberapa gazebo yang dibuat untuk para pengunjung. Pokoknya gak rugi deh kalau main ke Lasi Dairy Farm ini.  Kita bisa menikmati keidahan alam yang alami, dengan dinginnya udara kakai gunung, sambil menikmati susu sapi segar, dan membawa oleh oleh keju mozarela yang lezat. 
Happy Holiday yaa 💖💖💖

2 comments: