Breaking News

Kurikulum Merdeka / Teks Iklan, Slogan dan Poster

Teks Ikslan, slogan dan poster 


Kurikulum Merdeka 
Kelas 8 


 Iklan

  Pengertian


Dalam KBBI iklan diartikan sebagai berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan tidak hanya berhubungan dengan pemasaran barang atau jasa. Iklan juga dapat berupa media penerangan atau pemberitahuan kepada khalayak ramai.


Fungsi iklan

Ø Sarana informasi

Ø  Persuasi dan memengaruhi

Ø  Reminder atau pengingat

 

b.       Ciri iklan

1. Bersifat informative dan komunikatif

2.   Disusun secara objektif dan jujur

3.   Ditulis singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami

4. Tidak menyinggung pihak lain

5. Menarik perhatian banyak orang

 

c.       Jenis iklan

1.  Berdasarkan sifatnya

Ø  Iklan niaga

Iklan yang dibuat untuk menjual suatu barang atau jasa. Iklan ini bertujuan memengaruhi khalayak ramai agar tertarik, memiliki, membeli, dan menggunakan barang atau jasa yang diiklankan.


Ø  Iklan nonniaga

Iklan yang digunkaan untuk menjual barang atau kepentingan komersial. Iklan ini berisi informasi atau ajakan kepada khalayak ramai.

 

2. Berdasarkan tujuannya

Ø  Penawaran (menawarkan suatu barang/jasa)

Ø  Permintaan (permintaan atau ajakan agar orang lain mau bekerja sama untuk menjalin ikatan bisnis)

 

3.  Berdasarkan ruangnya

Ø  Iklan baris (tulisan dalam kolom khusus)

Ø  Iklan kolom (gambar dan tulisan)


Unsur - unsur pembentuk Iklan   

  1.       Sumber  iklan, yaitu pemasangan iklan 
  2.        Pesan, informasi yang disampaikan
  3.        Media, sarana yang digunakan 
  4.        Penerima,  sasaran atau objek iklan
  5.   Efek, perubahan yang terjadi pada penerima, sikap dan polah pikir 
  6.   Umpan balik, tanggapan, reaksi dan respon 

2. Slogan

        Pengertian

       Perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah untuk diingat atau memberitahukan atau melakukan sesuatu. Slogan berbentuk kata atau kalimat pendek yang menarik dan mudah untuk diingat untuk memberitahukan sesuatu sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan.

 


b.       Ciri-ciri slogan

1.   Kalimat menarik

2.   Kalimat pendek

3.   Kalimat mudah         dipahami

4.  Kalimat menjelaskan visi, misi, dan tujuan

5.  Kalimat bersifat persuasive, singkat, dan jelas

 

c.       Jenis slogan

1.      Slogan lingkungan hidup

2.       Slogan pendidikan

3.       Slogan kesehatan

4.       Slogan motivasi


Poster  

Pengertian

           Plakat yang dipasang ditempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Biasanya ukuran poster cukup besar dengan warna yang mencolok. Poster digunakan sebagai alat untuk mengiklankan sesuatu, alat propaganda dan protes, serta maksud lain untuk menyampaikan sebuah pesan.
 

b.       Ciri-ciri poster

1. Dominan pada gambar dengan huruf dan ukuran yang besar

2.  Poster dapat ditempel didinding dan tempat umum laninnya

3. Dibuat dengan warna-warna yang kontras

4.  Menggunakan bahasa yang singkat dan jelas

5. Disertai dengan gambar yang menarik

6. Poster dapat dibaca sambil lalu

7.  Poster dicetak secara massal dalam ukuran apapun

 

c.       Jenis poster

1.       Poster niaga

2.       Poster pendidikan

3.       Poster penerangan

4.       Poster kegiatan

 

Fungsi, iklan, slogan dan poster

a.    Sarana informasi

b.   Persuasi atau memengaruhi

c.   Sarana edukasi

d.  Sarana memopulerkan diri


Perbedaan iklan, slogan dan poster 

1. Iklan merupakan teks persuasi yang memadukan unsur gambar 
2. Slogan merupakan teks pwrsuasi yang mengutamakan unsur kata-kata 
3. Poster merupakan. Teks Persuasi yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata, serta dipasang di tempat umum. 

 

Tidak ada komentar