Sebuah Renungan Akhir Tahun


Sesungguhnya hidup ini adalah perjalanan panjang yang akan berujung ke peristirahatan abadi. Setiap kita mempunyai jatah dan waktu yang pasti, tinggal menunggu hari. Kapankah? Hari ini, esok lusa, tahun depan,  atau malahan detik ini juga. Semua sudah tertulis di buku takdir masing-masing insan. Tidak ada satu daun gugur pun yang tidak diketahui-Nya. semua atas izin dan kehendak sang pemilik hidup.

Sahabat, setiap detik helaan nafas yang diberi adalah sebuah anugerah, nikmat bahwa Allah masih memberi waktu untuk kita bisa bertobat. Waktu untuk  bisa selalu ingat dengan-Nya masih ada waktu untuk kembali kepada-Nya. Perjalanan yang singkat ini jadikanlah sebuah ladang amal untuk bisa berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama. Kita hidup di dunia, sebuah jembatan menuju kehidupan nan abadi. Banyak onak dan  duri yang akan dilalui, tetap berbuat baik dimana saja, kepada siapa saja. Luruskan niat untuk bermanfaat dimana saja berada. Jangan dipikirkan komentar jelek tentang kita. Karena hidup tidak untuk memikirkan komentar orang lain. Kalau ada orang membicarakan kita di belakang, Itu sudah pasti kalau kita ada di depan mereka. Makanya bersyukrulah dan bersyukurlah atas semua nikmat yang ada. 

Perjalanan hidup ini adalah keniscayaan. Jika Allah sudah mengangkat derajat seseorang, tidak akan ada satupun Manusia yang bisa menjatuhkannya. Berusalah untuk dicintai oleh penduduk langit, dengan banyak menyebut Asma-nya. Maka kecintaan penduduk bumi, sudah keniscayaan. Kejarlah akhirat, dunia akan mengejarmu. Bayangan akan selalu mengikuti badan, maka jangan pernah mengejar bayangan karena dia akan lari menjauh. 
Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini. Sebagai seorang Hamba, sudah seharusnya kita selalu bergerak dan abdikan diri menggapai Ridho Illahi dalam setiap helaan nafas ini. Kita hanyalah karyawan Allah. I am  Employee of Allah. Terus bergerak, biarkan Allah yang menilai, Allah yang memberi. Allah yang menetukan jalan hidup dan takdir haqiqi di tangan-Nya🤲🥰
Desember 2020, beberapa hari lagi angka berganti, tahun berganti, jam berganti dan waktu terus bergulir. Pertanda bahwa usia juga berkurang, jadikanlah pergantian tahun dan usia ini sebagai awal untuk meluruskan niat kembali kepada-Nya. Sebuah renungan diri di akhir tahun 2020. 
Hakikat hidup adalah sebuah perjalanan panjang menuju tempat nan abadi.
Renungan untuk diri sendiri🤲

2 comments: