Contoh Soal Pre Tes PPG


Pretest merupakan tahap awal pendidikan profesi guru (PPG), sebagai upaya untuk mengetahui Capaian kompetensi awal peserta. Sebelum dilakukan diklat, semua peserta harus melalui pre tes PPg terlebih dahulu. Berikut disajikan beberapa contoh soal Pre Test PPG  semoga membantu. 

PILIHLAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA 
SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D!

1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir 
abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan 
perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

2) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan 
(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis 
skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi 
pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut 
mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3) Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion 
referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.*
Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah 
dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan peserta didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa 
yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita 
kesulitan belajar lainnya )

5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip 
pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang 
mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan strategi pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan 
spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan 
mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan 
Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil 
perilaku dan pribadi peserta didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang 
paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan 
teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan 
ukuran baku keberhasilan

7) Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL 
berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah 
kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka 
dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan 
antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu
……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk , 
dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus 
dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, 
mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling 
memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan 
pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan 
kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan 
dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri
dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut
diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

12) Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan
pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara ……..
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat 
pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi 
siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

13) Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat 
variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

14) Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar 
peserta didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik

15) Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan 
pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut 
penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

16) Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri,
penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang di
gunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

17) Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, 
kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial

18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melakukan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap

19) Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk 
menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

20) Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan tugas kepada tiap 
kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu 
sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut 
tidak dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu adalah ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. belajar kooperatf (cooperatf learning)

21) Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama 
yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

22) Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman 
jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi 
siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil 
belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan 
siswa memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik

23) Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam 
upaya guru:
A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

24) Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukanketuntasan belajar antara lain
sebagai berikut ………
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang 
diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi

25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan 
riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun

26) Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas
dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut 
adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas

27) Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. sebenarnya dan sejujunya

28) Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal
tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis

29)Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda 
kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18

30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan
suatu obyek atau program adalah ….
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian

31) Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas

32) Etika Pancasila adalah …..
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

33) Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses 
pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran

34) Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar 
mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus 
memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan 
partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses belajar mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru

35) Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang yang 
masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan interaksi. Karena 
penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka 
adalah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang 
dilakukan tidak menggunakan bahasa. Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk 
berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di 
atas, bahasa termasuk komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik

36) Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan 
ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi
kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi 
mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta digendong. Ketika 
itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat 
orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan
lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak

37) Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

38) Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa
Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah

39) Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka 
akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu 
digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan 
fungsi....
A. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional

40) Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan 
digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia 
sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
D. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar