SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak

Bacalah paragraf berikut!

 Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Pusat Pengembangan dan Perlindungan menyelenggarakan revitalisasi Sastra lisan randai berbasis komunitas. Kegiatan tersebut diselenggarakan dikantor Kerapata Adat Nagari Kabupaten Solok.

Bacalah paragraf berikut!

 Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Pusat Pengembangan dan Perlindungan menyelenggarakan revitalisasi Sastra lisan randai berbasis komunitas. Kegiatan tersebut diselenggarakan di kantor Kerapata Adat Nagari Kabupaten Solok.

1.      Arti kata yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ….
a.       Menjalankan kembali
b.      Menanamkan kembali
c.       Menggiatkan kembali
d.      Mengingatkan kembali

 Dr. H. Mohammad Hatta lahir di Bukittunggi, 12 Agustus 1902. Pria yang akrab dispa dengan sebutan Bung Hatta ini mrupakan pejuang kemerdekaan RI yang kerap disandingkan dengan Soekarno. Semasa muda Bung hatta sangat aktif melaksanakan tugasnya sebagai bendahara di suatu perkumpulan pemuda  Sumatera di Padang yang bernama Jong Sumatera Bond. Selain aktif dalam pergerakan daerah, ia juga memikirkan penderitaan  rakyat akibat penjajahan.

 2.      Hal yang dapat diteladani dari tokoh di atas adalah....

a.       Aktif di organisasi daerah dan melaksankan tugas negara dengan baik.
b.      Organisasi yang diikuti adalh Jong Sumatera Bond.
c.       Selalu memikirkan penderitaa rakyat dan bergabung dengan Jong Sumatranen Bond.
d.      Aktif beroganisasi dan memikirkan penderitaan rakyat.

Amir hamzah mamulai kepenyairannya pada usia belia. Ketika ia masih duduk di bangku AMS, puisi-puisinya telah dimuat di majalah Timbul dan Panji Pustaka . Amir Hamzah terus menulis hingga ia menjadi mahsiswa di Sekolah Hakim Tinggi Jakarta. Amir Hamzah mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru oleh H.B Yasin. Menurut H.B Yasin, Amir Hamzah adalah penyair yang sangat produktif.

 3.        Keistimewaan tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah...

a.       Memulai kepenyairannya pada usia muda
b.      Puisinya telah dimuat di majalah Timbul
c.       Dduduk di bangku AMS
d.      Mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru

Ada ungkapan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Setiap orang pasti mempunyai pengalaman. Ada pengalaman lucu, menyedihkan, membahagiakan menggembirakan, atau menjengkelkan. Pengalaman –pengalaman tersebut terutama yang berkesan dapat dijadikan bahan penulisan sebuah cerpen. Selain berdasar pada pengalaman pribadi, kita juga dapat menulis cerpen berdasar pengalama orang lain yang kita ketahui. Sebagai contoh koran, majalah, buku, seperti Chicken Soup for The Soul terdapat banyak kisah pengalaman seseorang.  Kita dapat mengembangkan dan mengolah cerita menjadi cerpen dengan menambahkan imajinasi serta pengetahuanI.

 3.Maksud kalimat yang ditulis dengan huruf miring di atas adalah....

a. Pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain dapat dijadikan bahan   menulis cerpen dengan menambahkan imajinasi dan pengetahuan.

b.  Pengalaman sebagai guru terbaik dalam menulis cerepen lucu, menyedihkan,, membahagiakan, atau menjengkelkan.

c. Pengalaman orang lain dapat dikembangkan menjadi cerpen  dengan menambahkan imajinasi dan pengetahuan.

d.      pengalaman setiap orang dapat dijadikan bahan penulisan sebuah cerpen di koran, majalah, atau buku.

  Bacalah teks berikut!

5.      (1)Cerpen-cerpen di buku ini ditulis Rendra dengan kesederhanaan bahasa, tanpa sedikit pun mengurangi keagungan cerita dan selipan makna. (2)Buku Pacar Seorang Seniman ini diterbitkan Bentang Pustaka, tahun 2015. (3)Buku setebal 183 halaman ini merupakan kumpulan cerpen. (4)Naskah dalam buku ini hadir dengan penuh keautentikan, penyunting dan penerbit tidak pernah sekali pun berani mengutak-atik kalimat-kalimat bentukan Rendra. (5)Di beberapa kalimat memang tampak kalimat tidak efektif.

 Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat ...

A. (1)            C. (4)

B. (3)            D. (5)

 6.      Perhatikan paragraf berikut.

Perilaku nakal remaja dapat disebabkan oleh faktor remaja itu sendiri dan faktor dari luar. Kenakalan remaja dapat disebabkan oleh kontrol diri lemah. Remaja yang tidak dapat membedakan perilaku baik dan buruk akan mudah terseret pada perilaku nakal. Kenakalan remaja juga disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dari orang tua ke anak mengenai nilai-nilai moral dan sosial. Kurangnya pengawasan dan disiplin yang diterapkan orang tua kepada anak juga memengaruhi kenakalan remaja. Selain itu, kenakalan remaja juga disebabkan oleh tingginya konflik dan perilaku agresif dalam lingkungan keluarga.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...

  1. Tingginya konflik dan perilaku agresif di lingkungan keluarga memengaruhi kenakalan remaja.
  2. Kenakalan remaja disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dari orang tua ke anak mengenai nilai moral dan sosial.
  3. Kontrol diri yang lemah memudahkan remaja terseret dalam perilaku kenakalan remaja.
  4. Faktor penyebab kenakalan remaja berasal dari faktor remaja itu sendiri dan faktor dari luar.

 7.              (1)Masa emas Pokemon Go berlalu dengan cepat. (2)Dirilis Juli lalu, saat ini permainan game itu telah berkurang drastis. (3)Padahal, mobile game berbasis augmented reality itu sempat mencatat lima rekor dunia. (4)Sampai-sampaj para pejabat negara pun ikut berkomentar.

      (1)Permainan Pokemon Go resmi dirilis pada 6 Juli. (2)Dimulai dari Australia, Selandia Baru, lalu AS dan Kanada. (3)Sejak saat itu, permainan tersebut berturut-turut meluas ke negara lain. Termasuk Indonesia, yang kebagian jadwal rills 6 Agustus.

(Jawa Pos 6 November 2016)

Kalimat utama paragraf kedua ditandai nomor ...

A. (1)        C. 3

B. (2)        D. 4

 8.      Perhatikan bacaan berikut!

      Keberadaan hutan sangat penting. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis satwa liar. Saat ini jumlah satwa liar yang hidup di hutan semakin berkurang. Manusia terus memburu satwa liar yang ada di dalam hutan dan mengambil sumber daya yang ada. Bila kejadian ini dibiarkan terus-menerus, satwa liar dan hutan akan punah.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...

  1. Kelestarian hutan sudah tidak dipedulikan lagi oleh manusia yang tidak bertanggung jawab.
  2. Kelestarian hutan perlu dijaga agar satwa liar di hutan tidak punah.
  3. Manusia terus memanfaatkan hutan demi kepentingan dirinya tanpa tanggung jawab.
  4. Bila pembabatan hutan terus dilakukan tanpa aturan hutan akan habis.

 9.      Bacalah teks berikut!

(1)Minat baca masyarakat Indonesia, terutama anak-anak dan generasi muda, masih sangat rendah. (2)Hal ini diperparah dengan perkembangan pesat teknologi yang menjadi faktor penghambat menumbuhkan minat baca bagi anak-anak (3)Fenomena itu membuat Lukman Sardi, aktor, prihatin. (4)Dia berkomitmen menumbuhkan minat baca. (5)Melalui gerakan sosial Pengetahuan Itu Kekuatan, dia aktif menumbuhkan minat baca, mulai anak­-anaknya sendiri hingga generasi muda. 

Pendapat yang mendukung pada teks tersebut ditandai nomor ...

A. (2)        C.  4

B. (3)        D. 5

 10.  Bacalah kedua teks laporan berikut!

Teks I

Salah satu wisata alam di Kabupaten Bangka Tengah adalah Hutan Palawan. Letaknya di Desa Namang di daratan Pulau Bangka. Luasnya sekitar 300 hektare. Hutan berstatus hutan keanekaragaman hayati. Komposisinya 47 hektare dijadikan taman wisata dan sisanya hutan adat (Republika, 6 November 2016)

Teks 2

Hadir sejak 1887, Stasiun Kemayoran terns tumbuh. Sejalan dengan masa jaya pariwisata di daratan Jawa. Stasiun ini menjadi pintu gerbang dari Batavia ke sejumlah destinasi wisata. Sampai mendekati ujung abad ke-19, kini Stasiun itu tidak lagi berjaya. Banyak cerita tersimpan di Stasiun Kemayoran ini. (Jawa Pos, 6 November 20160

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ...

 

Te ks I

Teks 2

A

teknik penjelasan

teknik penceritaan

B

urutan waktu

urutan ruang

C

umum - khusus

khusus - umum

D

sebab-akibat

akibat - sebab

 11.        Tangan mungil Ranu menyambut pahaku, begitu aku membuka pintu. Segera saja kuangkat tubuh bocah lelaki lima tahun itu. Tubuh mungilnya segera terbenam dalam dekapanku.

      Ranu adalah anak pertamaku. Sebetulnya aku dan istriku, Mayang sudah kepingin lagi memiliki anak kedua, tetapi Tuhan belum mempercayai kami.

      Ranu, jangan ganggu ayah, ayah capek!" Suara Mayang tak menghentikan tawa Ranu. Aku segera membopong bocah yang rambutnya seperti rambut jagung itu ke dalam kamar. Selanjutnya, suara Mayang lebih terdengar seperti air kran.

      “Tadi Ranu belajar apa di sekolah, Nak?" Tahun ini adalah tahun pertama Ranu kumasukkan sekolah TK, barn sebulan, tetapi dia sudah sudah tidak mau ditunggu ibunya.

      "Tadi Ranu disuruh cerita tentang ayah. Semua teman Ranu juga"

      Oya? Terus Ranu cerita apa, sayang?"

      Ranu cerita, ayah suka ajak Ranu jalan-jalan, sama Bunda juga. Ayah kalau malam tidak mau gosok gigi, kalau pagi suka ajak Ranu pergi burn-burn ke sekolah. Terus ... Ranu juga cerita kalau ayah Ranu itu paling hebaaattt” (Ayah Justto Lasoo)

 Makna kata menyambut pada teks cerita tersebut adalah ...

  1. mengajak
  2. memohon
  3. mendekap
  4. mempersilakan

 12.  Watak tokoh Ranu adalah ...

  1. rajin dan mania
  2. mania dan apatis
  3. polos dan cekatan
  4. lugu dan pemberani

 13.  Latar pada teks tersebut adalah ...

  1. rumah, sore hari
  2. kantor, slang hari
  3. sekolah, pagi hari
  4. kamar tidur, pagi hari

 14.        Sudah beberapa sore Rere datang ke pondokanku. Sore ini ia datang juga. Aku mulai curiga padanya. Yang dibicarakannya sudah bukan pelajaran melulu. Dulu terhadap Marwa pun diawali dengan hal-hal seputar pelajaran. Dugaanku tidak meleset, dia datang tidak sebagai murid. Sebagai gurunya, aku sering mengelakkan pertemuan-pertemuan dengan dia. Tetapi memang Rere gadis yang agresif. Aku makin jengkel.

 Konflik yang terdapat dalam penggalan cerpen di atas adalah ...

A.    konflik fisik antara Rere dan Marwa.

B.     konflik fisik antara tokoh aku dan Rere.

C.     konflik batin antara Rere dan Marwa.

D.    konflik batin tokoh aku terhadap Rere.

 15.        Ade Syaputra tertunduk lesu. Kertas pengumuman di Langan digenggamnya kuat-kuat. Kini harapan menjadi seorang arsitek lenyap terbawa angin Agustus. Padahal dia sudah membayangkan membangun jembatan layang dan Cipayung - Munjul dengan tiga tiang saja.

      "Sudahlah, De. Kamu masih bisa masuk universitas swasta dengan jurusan itu," kata Oky. Oky, Ade, dan Masani Uga sekawan yang sudah bersahabat sejak SMP. Ade memang terobsesi sekali membangun jembatan dengan sedikit tiang. Sedang Oky yang hobi baris-berbaris bercita-cita menjadi perwira angkatan darat Masani yang agak unik, bagi dia tidak perlu cita-cita. Jadi apa pun yang penting bahagia. Kalau perlu jadi tukang nasi uduk di pinggir jalan pun tidak masalah.

      Mereka berasal dan keluarga yang berlatar belakang ekonomi berbeda. Masani anak pengusaha sukses orang terkaya di Gang Mandor Hasan. Tidak sombong apalagi angkuh. Sedangkan Ade Saputra anak semata wayang ibunya pengusaha catering, bapaknya bos bajaj. Oky, anak koordinator parkir di Pasar Induk, ibunya supir busway. Walaupun dia jarang bertemu ibu bapaknya, dia anak yang baik.

Makna simbol semata wayang pada teks tersebut adalah ...

  1. anak kesayangan
  2. anak satu-satunya
  3. anak yang penurut
  4. anak laki-laki satu-satunya

 16.  Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ...

A.    Saling menyemangati jika ada teman bermasalah.

B.     Setiap orang harus mempunyai cita-cita setinggi-tingginya.

C.     Memanfaatkan kekayaan orang tua untuk berfoya-foya.

D.    Apa pun pekerjaan orang tua harus dihargai dan disyukuri.

 17.  Sebab terjadinya konflik pada teks tersebut adalah ...

A.    Ketiga sahabat memiliki cita-cita yang berbeda-­beda.

B.     Ade Syaputra tidak diterima di suatu universitas negeri.

C.     Malas belajar sehingga masuk ke perguruan tinggi swasta.

D.    Gagal masuk ke perguruan tinggi yang diidolakannnya.

 18.  Akibat konflik pada teks tersebut adalah ...

A.    Ade Syaputra sempat prustasi awalnya.

B.     Oky dan Masani berusaha membujuk Ade Syaputra.

C.     Jembatan yang dicita-citakannya tidak terwujud

D.    Ade Syaputra beralih cita-cita menjadi seorang tentara

 19.  Teks 1

SaIju mulai turun. Asger tak sabar ingin keluar. Haldor, saudaranya, masih tidur. Namun, ibu melarangnya.

"Musim gugur baru berlalu. Saljunya masih tipis," ucap lbu.

Asger tinggal di Kutub Utara. Hampir sepanjang tahun hamparan salju menutupi tanah. Bunga saxifrage ungu dan tanaman bearberry tertutup salju.

Haldor memutar kepalanya dengan tenang. Ia pelan‑pelan mengangkat hidungnya dan menghirup hawa di sekitarnya.

"Belum tercium apa-apa," ujar Asger kecewa.

Mereka menunggu di dekat sebuah lubang papas yang ada di lapian salju tebal.

(Bobo, 20 Oktober 2016)

 Teks 2

Semangat Runi makin bertambah mendengar pujian Datuk. la melanjutkan lagi memahat batu itu. Setelah beberapa pukulan, batu itu masih belum berwujud. Akhirnya, ia kelelahan. la    pun      menyusul
Datuk yang masih asyik mengamati arca-arca yang ada di taman. Kali ini ia dapat menikmati keindahan arca-arca batu itu. Ia juga berubah menjadi pengagum ukiran pada batu seperti Datuk.

Suatu hari Datuk berjalan-jalan ke museum. la meminta keluarga Pak Heru untuk menemaninya. Sayang, saat itu Pak Heru tidak dapat mengantarkan karena mobilnya rusak Sementara Pak Heru dan Bu Dani ke bengkel, Rudi dan Runi menemani Datuk berjalan-jalan di museum. (Bobo, 20 Oktober 2016)

 Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah ...

 

Teks I

Teks 2

A

diawali perkenalan

diawali konflik

B

Diawali pemunculan masalah

diawali perkenalan

C

diawali perkenalan

diawali

penyelesaian

D

diawali konflik

Diawali penurunan

masalah

 20.  Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah...

 

Teks I

Teks 2

A

Tidak menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya

menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya

B

Banyak menggunakan kalimat perbandingan

Banyak menggunakan kalimat pertentanga

C

Kalimatnya panjang-panjang dan komplek

Kalimatnya pendek-pendek dan sederhana

D

Menggunakan kata asing

Menggunakan kata ragam lisan

 Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 22 s.d 23

Berhari-hari setelahnya, aku terus bertanya pada ibu, apakah aku punya ayah. Tapi, ibu tak pernah menjawabnya.

Saat itu aku memang tak pernah melihat atau bertemu dengan seseorang yang bisa aku panggil ayah. Setahuku, aku hanya punya kakek, nenek, Pakde Bowo, Budhe dan Mas Anung. Iya, hanya itu, tidak ada ayah di antara mereka.

Ibu baru memberi tahu aku, tentang ayah, saat aku naik ke kelas dua SD. Sore itu, di musim hujan, dengan sepiring singkong goreng dan segelas besar teh manis, aku duduk berdua dan memang seperti itu selalunya, hanya kami berdua dengan ibu di teras rumah. Sesekah tempias hujan mengenai mukaku.

(Ayah, Jumo Lasso)

 21.  Komentar terhadap Isi cerita tersebut adalah ...

A.    Seorang ayah harus bertanggung jawab kepada keluarga.

B.     Seorang ibu memang harus bijak untuk menyampaikan sesuatu kepada anaknya.

C.     Seorang anak tidak pernah bertemu dengan ayahnya karena kesibukan masing-masing.

D.    Kakek, nenek, dan kakak jangan memberi keterangan yang membingungkan adiknya.

 22.  Komentar terhadap pola pengembangan cerita tersebut adalah ...

A.    Pertanyaan anak kepada ibu merupakan pemunculan masalah.

B.     Setelah anak mengetahui keberadaan ayahnya ini cara penyelesaian cerita ini.

C.     Jawaban yang harus diberikan kepada keluarga sebagai konflik dalam cerita ini.

D.    Perkenalan baru dimunculkan pada paragraf kedua, yaitu memperkenalkan tokoh-tokohnya.

 23.  Bacalah teks berikut

Teks I

"Berikan aku sedikit makanan," jawab belalang.

"Tidakkah kamu telah mengumpulkan dan menyiapkan makanan untuk musim dingin yang akan datang ini? Selama ini apa saja yang kamu lakukan sepanjang musim panas?" Jawab semut. Saya tidak mempunyai waktu untuk mengumpulkan makanan," keluh sang Belalang. "Saya sangat sibuk membuat lagu, dan sebelum saya sadari, musim panas pun telah berlalu."

 Teks II

Pada    suatu    zaman, ada seekor ayam yang bersahabat dengan seekor monyet. Si Yamyam dan si Monmon namanya. Namun persahabatan itu tidak berlangsung lama, karena kelakuan si Monmon yang suka semena‑mena dengan binatang lain.

 Perbedaan nilai moral dalam kedua teks tersebut

 

Teks I

Teks II

A.

jangan melalaikan

waktu yang berharga

tidak boleh bertindak

seenaknya

B.

siapa yang kuat,

dialah mendapat

hasil

kita tidak perlu egois

C.

membantu teman

dalam kesusahan

Makluk saling

membantu

D.

ingatkan teman bila ia lupa

Teman jangan dianggap enteng

 24.  Bacalah kutipan cerpen berikut!

Cuaca di Jakarta masih dikuasai mendung yang dengan setia mengiringi hujan ketika matahari melebihi setengah hari. Delta berdiri di depan jendela kamar yang masih terbuka. Dia menatap langit yang telah menyusur airnya ke bumi, memberikan wajahnya terkena tempias hujan. Kekuatan ibunya menghadapi hidup atas nama cinta untuk anak-anaknya meninggalkan begitu saja membuat Delta meyakim bahwa ibunya sumber cintanya, teladan bagi hidupnya.

Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah .

  1. pagi hari di jendela
  2. siang hari di kamar
  3. sore hari di jendela
  4. siang hari di rumah

 25.  Bacalah kutipan cerpen berikut!

(1)Setiap pagi dari jendela kendaraan Papa, Rani selalu mengucapkan terima kasih dan berpesan agar Papa tidak mengebut dan tidak lupa makan siang. (2)Papa yang harus melanjutkan perjalanan ke kantor, selalu tersenyum cerah mendengar pecan Rani. (3)Ia merasa sangat bangga pada karakter putrinya. (4)Rani, putri semata wayang yang sangat membanggakan kedua orang tuanya.

 Bukti watak tokoh Rani penyayang dalam cerpen tersebut tergambar pada nomor ....

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

 26.  Perhatikan penggalan cerpen berikut!

Ia tersenyum ramah. Senyum lugu perempuan tua yang mungkin dulu pernah jadi wanita muda yang cantik jelita. Bekas-bekas kecantikannya jelas dapat terlihat pada raut wajahnya. Senyumnya, tatapan matanya, mengesankan bahwa ia perempuan waras, tidak gila seperti yang kusangka semula. Tapi, siapakah yang akan menganggapnya wanita waras jika tiap pagi ia datang ke lapangan beraspal itu dan asyik memberi makan tiga­empat puluh ekor kucing, malah ikut makan bersama mereka? Setahuku belum ada orang yang waras berbuat kebaikan seperti itu.

 Cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut adalah .

  1. pelukisan tindakan
  2. dialog antartokoh
  3. diceritakan langsung oleh pengarang
  4. diceritakan tokoh lain

 27.  Bacalah penggalan cerita berikut!

"Bolen", jawab ibu. Akhirnya Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan dia bertemu dengan pengemis. Syifa merasa kasihan dia mengasih semua uangnya kepada pengemis itu. Syifa tidak jadi membeli baju. "Shifa, mana baju yang kamu beli?" tanya ibu kepada Syifa. "Tidak jadi, Bu... karena uangnya aku kasih kepada pengemis yang tidak makan selama 3 hari," jawab Syifa. Syifa ke luar rumah, dan bertemu dengan temannya Lala dan Lulu. Mereka mengasih baju kepada Syifa. Syifa pun senang.

 Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...

  1. Kita harus prihatin kepada pengemis dengan memberi uang yang banyak!
  2. Berilah baju baru kepada para pengemis dan teman-teman yang membutuhkan!
  3. Bantulah sesama dengan ikhlas pasti Tuhan akan memberikan pahala yang setimpal.
  4. Sudan seharusnya kita selalu membagi-bagikan makanan kepada teman-teman.

 28.  Kutipan Novel I

"Benar, Hanafi, benar kata orang tua-tua, jika kail panjang sejengkal, jangan lank hendak diduga. Ayahmu orang beradat Hanafi, ibumu orang beradat sesenang-senang hidupmu jika engkau suka menurut yang sepanjang adat pula. Menurut adat yang kita pakai, bukankah engkau orang jemputan (orang berbangsa)?"

Dikutip dari: Abdoel Moeis, Salah Asuhan, Jakarta Balai Pustaka, 1987

 Kutipan Novel II

Waktu Sutan Baringin hendak pergi, ia memasukkan uang kertas ke tempat Marah Sait. Berapa banyaknya, tiadalah diketahui, hanya Sutan Baringin terdengar berkata, "Lepas dua tiga hari ini kita pergi ke Padang Lawas akan menjual kerbau barang lima ekor." "Baiklah,” jawab orang itu dengan girangnya, muka berseri-seri.

Dikutip dari: Merari Siregar, Azab dan Sengsara, Jakarta, Balai Pustaka, 2010

 Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ....

 

Kutipan Novel I

Kutipan Novel II

A.

menggunakan

latar jelas

menggunakan latar

kurang jelas

B.

menggunakan

banyak pepatah

menggunakan bahasa Melayu lama

C.

menggunakan

bahasa Melayu

Lama

menggunakan banyak pepatah

D.

mengandung

tema pendidikan

mengandung tema

kebudayaan

 29.  Perhatikan teks rumpang berikut!

Batik memang sering membuat orang kesengsem. Begitu juga dengan Hon Stephany Uy Tan, Wali Kota Catbalogan, Filipina yang mengunjungi Kabupaten Trenggalek. Wali kota perempuan tersebut bahkan [ ....... ] belajar membatik.

Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...

  1. serius
  2. tekun
  3. antusias
  4. emosional

 30.  Perhatikan teks rumpang berikut!

Permainan bebentengon: Bagi pemain dalam dua kelompok, setiap kelompok bertugas mempertahankan bentengnya dari sentuhan pemain lawan. Pemain yang keluar dari bentengnya akan ditangkap oleh pemain lawan, jika tertangkap pemain tersebut ditahan di benteng lawannya.

Cara bermainnya: salah seorang keluar dari bentengnya untuk penyentuh benteng lawan, [.....], pemain lain mengejar pemain yang mengejar kawannya, begitu seterusnya sampai benteng tidak ada penunggu karena pemainnya tertangkap semua.

 Kalimat petunjuk yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...

  1. Pemain musuh membiarkannya lawan sampai di bentengnya.
  2. Pemain dari benteng lain mengejar untuk menangkapkanya.
  3. Pemain musuh mengejar beramai- ramai dan meninggalkan bentengnya.
  4. Pemain yang lain mengikuti dari belakang dan meninggalkan benteng nya.

31.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1)   Padahal bila anemia bisa ditanggulangi, segala gejala, itu bisa hilang.

(2)   Pasalnya gejala anemia: capek, pusing, dan lesu seringkali dianggap akibat kelelahan.

(3)   Anemia adalah suatu kondisi di mans kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari 12­15,5 g/dL.

(4)   Pada akhirnya produktivitas meningkat.

(5)   Banyak masyarakat yang tidak menyadari dirinya kena anemia.

 Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang tepat dengan urutan ...

A.    (1), (4), (3), (5), (2)

B.     (2), (1), (4), (3), (5)

C.     (3), (5), (2), (1), (4)

D.    (3), (4), (2), (1), (5)

 32.  Petunjuk membuat perangkat hama tanaman bawang pada malam hari

(1)   Nyalakan lampu ketika hari sudah gelap.

(2)   Pasang lampu 8 – 10 watt di kebun bawang setiap jarak 10 meter.

(3)   Bersihkan pagi harinya dengan menggunakan sarung tangan.

(4)   Letakkan nampan/wadah yang sudah dibasahi insektisida di bawah lampu.

(5)   Secara naluri hama akan berkerumun di tempat terang.

Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah ...

  1. (1), (2), (4), (3), (5)
  2. (2), (4), (1), (5), (3)
  3. (4), (1), (5), (3), (2)
  4. (5), (3), (2), (1), (4)

 33.  Perhatikan teks rumpang berikut!

Waktu mendongeng dengan cara membacakan dongeng bagi anak sangat penting. Pakar parenting menyarankan para orang tua untuk menjadikan story time sebagai prioritas. [ .... ] Pengaruh itu bukan saja pada pendidikan, tetapi juga pada perilaku dan kondisi emosionalnya.

 Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...

A.    Pengaruh dongeng yang didengarkan anak belum diteliti kebenarannya.

B.     Siapkan waktu beberapa saat untuk mempengaruhi anak dengan dongeng.

C.     Setiap hari orang tua akan memperdengarkan dongeng kepada anaknya sebelum tidur.

D.    Luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk berbagi cerita, ini memberi pengaruh yang berarti.

 34.  Perhatikan data buku berikut!

No

Data

Uraian

1

Judul

Membangkitkan

Harga Diri Anak

2

Penulis

Harris Clemes, Ph.D.

3

Kelemahan

Uraian berputar- putar, ukuran huruf terlalu kecil

4

Keunggulan

Mengemukakan persoalan seputar anak secara mendalam

Teks yang tepat sesuai dengan data buku tersebut adalah ...

A.    Buku yang ditulis oleh seorang doktor pendidikan sekaligus pemerhati anak ini, sudah banyak dibaca orang. Buku yang mengemukakan trik-trik membangkitkan harga diri anak ditulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana. Namun, tetap membahas persoalan anak secara mendalam.

B.     Buku Membangkitkan Harga Diri Anak wajib dibaca oleh orang tua dan guru. Pada buku ini dibahas cara-cara membangkitkan harga diri seorang anak. persoalan anak dikemukakan dengan mendalam dari berbagai sisi. Seandaianya uraian tidak terlalu menyebar dan tulisan diperbesar buku sangat menarik.

C.     Harris Clemes seorang pemerhati perkembangan anak menulis buku Membangkitkan Harga Diri Anak dengan baik. Uraian cukup mendalam dengan contoh-contoh kasus yang terjadi pada anak. Ditulis di atas kertas yang berkualitas tinggi membuat buku ini cukup sempuma sebagai sebuah bacaan keluarga.

D.    Setiap orang tua dan guru jika boleh menyarankan Wajib membaca buku ini. Buku yang menjelaskan dunia anak ditulis dengan bahasa yang runtut dan komunikatif. Jenis huruf dan tulisannya pun cukup membantu para pembacanya. Apalagi uraian di dalamnya juga disertai dengan studi kasus yang dialami anak-anak.

 35.  Perhatikan data hasif pengamatan berikut! Perkembangan Jumlah Rekening Dan Nilai Tabungan (Agustus 2016)

Tahun

Rekening

(juta)

Nilai Tabungan

(Rp triliun)

2012

119,9

3.277,1

2013

147,6

3.706,6

2014

160,8

4.165,3

2015

175,5

4.473,7

2016

187,2

4.678,3

Sumber Media Indonesia, I November 2016

 Teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ...

A.    Perkembangan tabungan sampai bulan Agustus 2016 cukup signifikan. Nilai tabungan tertinggi terjadi pada tahun 2013 dengan jumlah Rp3.706,6 triliun. Jumlah nilai tabungan terus bertambah setiap bulan Agustus.

B.     Jumlah penabung setiap tahunnya terus bertambah. Pada tahun 2012 jumlah penabung tercatat Rpl 19,9 juta rekening. Tabun 2016 bertambah menjadi Rp187,2 juta dengan nilai tabungan sebesar Rp4.678,3 triliun.

C.     Jumlah rekening barn setiap tahunnya terus bertambah. Sejak tahun 2012 hingga tahun 2016 tercatat Rp187,2 juta rekening. Pada tahun 2015 nilai tabungan mencapai Rp4.473,7 juta. Ini berbeda dengan tahun 2014.

D.    Antusias masyarakat untuk menabung terus meningkat. Hal ini terlihat pada data tersebut sejaktahun 2012 sampai dengan 2016 mencapai 187,2 juta rekening. Hal ini berbalik dengan jumlah nilai tabungannya yang terus menurun.

 36.  Perhatikan kalimat berikut!

Di Indonesia, jaket bomber telah lama menjadi gaya berdandan, terutama bagi warga sipil yang menyukai dunia militer.

Kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah

A.    sipil

B.     gaya

C.     dunia

D.    berdandan

 37.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1)   Dengan berbagai teknologi, keinginan punya hidung mancung bukan lagi mimpi.

(2)   Sebaiknya bila makan daging dibarengi dengan minum air putih.

(3)   Bahan makanan nabati dengan mengandung zat besi bahkan penyerapannya rendah, yaitu sayuran hijau.

(4)   Ayah harus mengambil peran dalam pengasuhan anak agar tumbuh kembang anak menjadi optimal.

 Kalimat yang tidak efektif adalah ...

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

 38.  Perhatikan paragraf berikut!

(1)Candi Kedulan berada di bawah tanah sedalam delapan meter. (2)Kesan pertama ketika melihat candi ini seperti dibangun di dalam sebuah kolam. (3)Kolam yang dipakai untuk memelihara ikan bandeng. (4)Candi Kedulan tertimbun pasir lava Gunung Merapi selama berabad-abad. (5)Candi ini ditemukan oleh penambang pasir tahun 1993.

 Kalimat yang tidak padu adalah ...

A.    (2)

B.     (3)

C.     (4)

D.    (5)

 39.  Perhatikan kalimat rumpang berikut!

Seorang [.....] tinju sedang kebingungan mencari lawan tanding untuk petinjunya.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...

A.    kurator

B.     promotor

C.     negosiator

D.    provokator

 40.  Perhatikan kalimat rumpang berikut!

Wangi dupa di depan candi utama menyebar [.....] senja yang mulai beranjak gelap.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...

A.    diiringi

B.     seiring

C.     beriringan

D.    mengiringi

 41.  Perhatikan kalimat rumpang berikut!

Pernikahannya dihadiri [....] bahkan ada yang harus berjalan miring ketika melewati pintu

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...

A.    orang-orang besar

B.     orang besar-besar

C.     orang besar-besaran

D.    orang besar-orang besar

 42.  Perhatikan kalimat berikut!

Keadaan Kota Yogyakarta yang berada di bawah sana terlihat sangat indah.

Perbaikan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ...

A.    indah diganti takjub

B.     sangat diganti sekali

C.     berada diganti nampok

D.    keadaan diganti pemandangan

 43.  Perhatikan paragraf tidak padu berikut!

Seorang ahli saraf, Andrey Ryabinin, meneliti tentang tikus yang bisa "ketularan" merasakan sakit. Seseorang meneliti dua kelompok tikus, Kelompok pertama adalah tikus yang dibiarkan berkeliaran di genangan alkohol. Kelompok kedua adalah tikus yang hanya minum air putih. Tikus tikus ini diuji rasa sakit dengan cara menyikat tapak kakinya.

Perbaikan paragraf tersebut adalah...

A.    Kalimat ketiga dihilangkan

B.     Kata seseorang diganti dia/Ryabinin

C.     Kata kelompok pada kalimat keempat diganti tikus

D.    Kata tikus-tikus pada kalimat terakhir diganti mereka

 44.  Perhatikan kalimat berikut!

Perlombaan Film Etnografi ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi semua jenis film, mulai dari film dokumenter, film seni, sampai film cerita.

Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ...

A.    Kata menyediakan penggunaannya seharusnya setelah kata Etnografi.

B.     Kata bagi tidak tepat karena sudah ada kata untuk pada kalimat tersebut.

C.     Kata wadah hanya digunakan untuk tempat sesuatu yang berbentuk benda.

D.    Kata perlombaan digunakan untuk pencarian juara dalam bidang olahraga atau permainan.

 45.  Perhatikan kalimat tidak efektif berikut!

Sejak masih kecil sudah diperkenalkan dengan kucing oleh keluarganya.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ...

A.    Susunannya tidak teratur.

B.     Pelaku/subjek kalimat tersebut tidak jelas.

C.     Perbuatan/predikatnya tidak diikuti objek.

D.    Keterangan waktu diletakkan pada awal kalimat.

 46.  Perhatikan paragraf tidak pada berikut!

(1)Kurangnya asupan zat besi disebabkan kurangnya makanan yang mengandung zat besi. (2)HaI ini karena kurangnya konsumsi makanan kaya sumber zat besi. (3)Umumnya orang lebih suka makanan slap saji. (4)Sumber makanan yang kaya sumber zat besi berasal dari hewani. (5)Contoh sumber makanan hewani yang kaya zat besi di antaranya hati, daging sapi, daging kambing, unggas, dan ikan.

Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah ...

A.    Contoh pada kalimat (5) tidak sesuai.

B.     Kalimat (2) kata rujukannya tidakjelas.

C.     Isi kalimat (3) menyimpang dari pembicaraan.

D.    Pokok yang dibicarakan pada kalimat (1) tidak fokus.

 47.  Perhatikan kalimat langsung berikut!

Beri saya kesempatan sekali lagi Pak kata Refi suaranya lirih nyaris tak terdengar.

Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...

A.    Beri saya kesempatan sekali lagi, Pak kata Refi, suaranya lirih nyaris tak terdengar.

B.     Beri saya kesempatan sekali lagi, Pak? kata Refi suaranya lirih nyaris tak terdengar.

C.     “Beri, saya kesempatan sekali lagi, Pak! kata Refi suaranya lirih, nyaris tak terdengar.

D.    Beri saya kesempatan sekali lagi Pak," kata Refi suaranya lirih, nyaris tak terdengar.

 48.  Perhatikan kalimat berikut!

Populasi harimau sumatera terancam punah karena pemburuan liar.

Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...

A.    Populasi harimau sumatera terancam punah karena perburuan liar.

B.     Populasi harimau Sumatera terancam punah karena pemburuan liar.

C.     Populasi Harimau Sumatera terancam punah karena pemburuan liar.

D.    Populasi harimau Sumatra terancam funah karena perburuan liar.

 Soal esay

 1.    Isilah bagian rumpang teks berikut dengan konjungsi yang tepat

  Permasalahan lingkungan saat ini makin telas terlihat di berbagai tempat, 1.......  daerah sampai nasional seperti pemanasan global hingga banjir. Masalah-masalah tersebut mendesak kita peduli 2.....  lingkungan tidak menjadi sumber bencana bagi kita. Salah satu cara peduli lingkungan adalah melakukan daur ulang sampah nonorganik. Daur ulang sampah nonorganik dapat menghemat energi 3..... membantu menjaga lingkungan. Kita dapat menyelamatkan lingkungan 4..... daur ulang sampah nonorganik seperti kertas, palstik, karet, kaca, dan kaleng, 5...... untuk sampah organik kita tidak bisa mendaur ulangnya karena sampah tersebut bisa kita olah menjdi pupuk kompos.

 2.      Gunakan dan tulislah istilah berikut kedalam teks rumpang sesuai dengan pedoman ejaan bahasa Indonesia.

 -       Aktifitas

-       Ekstrim

-       Desthinasi

-       Ekshotik

-       Selfie

Mengunjungi 1......... wisata adalah salah satu hal yang paling diminati masayrakat untuk melepaskan penat setelah sibuk melakukan 2,,,,,, di berbagai bidang. Berbagai macam kesenagan bisa mereka nikmati di tempat yang mereka kunjungi, namun hal yang selalu mereka lakukan adalah melakukan 3..... di tempat yang mereka anggap 4..........

Satu hal yang harus diperhatikan adalah cuaca 5..... yang dapat menganggu tujuan kita berwisata.

 3.      Tulislah data berikut menjadi teks laporan

Judul buku

 

Sukses di Usia Muda

 

Pengarang / penerbit

Dian Handika, Jakarta, 2017, Semesta Indah 

 

Isi buku

-       Eksistensi remaja

-       kiat sukes

-       kendala yang dihadapi

-       solusi

 

Kelebihan

-       bahasa ringan , komonikatif

-       gambar menarik

Kekurangan

-       kertas kurang berkualitas

-       cover buku buram

 

 4.Tulislah latar, penokohan, dan sudut pandang,  dari penggalan cerpen berikut

 Dulu ketika masih kecil, waktu aku masih duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar. Aku rajin mengaji di sebuah surau tidak jauh dari rumahku. Hingga menjelang khtam quran. Ibu dan bapakku tiba-tiba tidak lagi menyuruh aku mengaji. Aku sedih karena kesenanganku pergi mengaji adalah senang mendengar cerita guruku tentang kisah teladan hamba-hamba yang saleh. Suatu saat nanti aku berpikir menjdi tokoh dalam cerita guruku. Aku juga sangat menyayangi guru ngaji yang selalu tulus dalam mengerjakan apa pun.

 Zaman sekarang mayoritas akhlak siswa terhadap guru sudah mulai luntur, banyak guru yang dipenjarakan karena sang guru malakukan hal yang dianggap siswa salah. Sayangnya orang tua pun menerima laporan anak dengan serta merta tanpa menkonfirmasi terlebih dahulu kebenran dari laporan yang mereka terima

5.Tulislah teks tantangan berdasarkan ilustrasi diatas.


0 komentar:

Posting Komentar