Percaya Diri dan Fokus!! Berubah atau Tertinggal


Rusa dapat berlari dengan kecepatan 96 km/jam, sementara singa lari terkencangnya hanya 80 km/jam. Namun kenapa singa sering berhasil menangkap rusa? Kenapa rusa sering tertangkap oleh singa, ternyata jawabnya, singa selalu fokus dengan tujuan yang akan dicapai nya. Sementara rusa, sering melihat ke belakang,  dia kurang fokus dan tidak percaya diri, merasa takut akan singa yang bisa menangkapnya.  Karena rasa takut dan kurang fokusnya itulah yang membuat rusa hilang  kekuatannya, dan bisa dikalahkan oleh singa. Rusa sering melihat ke belakang, sehingga membuat rute dan jalan yang ditempuhnya tidak jelas,  sehingga membuat dia bisa terkalahkan oleh singa. 


Demikianlah kita dalam kehidupan dan dalam menghadapi suatu masalah, sering ketika menjalani kehidupan ini,  Kita kurang fokus menjalani apa yang kita tuju. Ketika sudah melangkah jauh dan tidak melihat ke belakang, bisanya kita akan bisa melalui semua kesulitan yang menghadang, namun ketika melihat ke sekeliling,  bahkan menengok ke belakang muncullah, rasa tidak percaya diri itu. Apakah saya mampu, saya bisa? Dan berbagai pertanyaan yang mengiringi setiap langkah yang telah dijejak, sehingga muncul keraguan dari dalam diri.
Apakah yang saya lakukan ini benar ya, apa kata orang nanti, apakah ini sudah benar apa tidak ya? Kalau hasilnya jelek bagaimana? Apakah saya mampu ya? Dan berbagai pertanyaan praduga yang muncul di kepala dalam melakukan apa yang akan kita tuju.  Kita jadi sibuk berprasangka apa penilaian orang lain kepada kita. Bukannya fokus menjalani apa yang sudah kita mulai dan lalui. 


Tidak perlu memikirkan penilaian orang lain terhadap kita, toh kita tidak bisa memaksa setiap orang untuk menyukai apa yang kita lakukan? 
Yakinlah, orang yang menyukai kita tidak butuh alasan apapun untuk tetap support dan mendukung setiap langkah kita. Namun orang yang membenci kita akan menemukan seribu satu alasan untuk menilai kekurangan yang kita miliki
Tetap fokus dan jalani saja apa yang sudah kita mulai. Bukankah hidup bukan untuk menunggu penilaian dari orang lain? Tapi hanya mengharapkan ridho dari sang pemilik hidup? 😉😘
 

Seharusnyalah kita bertindak seperti singa, apun yang kita lakukan tetap fokus dan maju terus tanpa memikirkan apa kata orang lain. Melihat ke belakang boleh, namun jangan jadikan suatu kemunduran atau menilai yang kurang. Namun jadikan pelajaran apa kekurangan yang telah kita lakukan. Sehingga bisa mengubahnya ke arah yang lebih baik lagi ke depannya. 
Apapun saat ini, kita harus melangkah ke depan. Tidak ada kata tidak bisa dan tidak mau. Jika kita tidak maju sudah pasti kita akan tertinggal dan akan terkucilkan dengan sendirinya. Karena apapun itu semua bisa dipelajari. Tetap terus melangkah untuk perubahan yang lebih baik lagi untuk masa depan yang lebih cerah.


#gurupenggerak
#angkatan6
#perubahanbesar
#berasaldariperubahankecil
#ubahmindset

0 komentar:

Posting Komentar