SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER 2 KELAS 8 SMP BAHASA INDONESIA


I.     Pilihlah huruf A, B, C atau D sebagai jawaban yang tepat!

Teks ulasan berikut untuk soal nomor 1-3!

            “Asal Kau Bahagia” merupakan film drama romantis Indonesia yang disutradarai oleh Rako Prijanto. Skenario film ini ditulis Aline Djayasukmana dan Upi. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari judul lagu Armada dengan judul yang sama. Film ini dibintangi oleh Aliando Syarief dan Aurora Ribero. Film ini rilis di bioskop pada 27 Desember 2018.

Film romantis ini mengisahkan kisah asmara sepasang insan. Suatu hari cinta mereka diuji dengan sebuah musibah kecelakaan yang menimpa Ali. Kecelakaan tersebut membuat Ali harus terbaring lemah, antara hidup dan mati. Ali berjuang dalam sakitnya karena alasan satu-satunya Ali bertahan hanyalah sang kekasih. Ia tidak ingin sang kekasih terus-menerus larut dalam kesedihan.

 1.      Paragraf kesatu teks ulasan tersebut merupakan strukstur teks ulasan bagian …

a.       identitas                c. analisis

b.      sinopsis                  d. evaluasi

2.      Paragraf kedua teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian 

a.       orientasi                 c. evaluasi

b.      sinopsis        d. rekomendasi

 3.      Konjungsi penyebab terdapat pada kalimat …

a.       “Asal Kau Bahagia” merupakan film drama romantis Indonesia yang disutradarai oleh Rako Prijanto.

b.      Film ini merupakan film yang diadaptasi dari judul lagu Armada dengan judul yang sama.

c.       Kecelakaan tersebut membuat Ali harus terbaring lemah, antara hidup dan mati.

d.      Ali berjuang dalam sakitnya karena alasan satu-satunya Ali bertahan hanyalah sang kekasih.

 Teks ulasan berikut untuk soal nomor 4-7!

            Buku Bagaimana Mencari Kawan dan Memengaruhi Orang Lain ditulis oleh Dale Carnegie. Buku ini diterbitkan oleh Birarupa Aksara dan diterbitkan pada tahun 2014. Buku ini menjelaskan fakta sejarah bahwa orang-orang besar sebenarnya tidak memiliki apa pun kecuali sebuah kemampuan dalam mengambil hati orang lain.

            Buku Mencari Kawan dan Memengaruhi Orang Lain menggunakan bahasa yang lugas dan tepat sehingga pembaca ingin segera mempraktikan sesuatu yang ditulis dalam buku ini. Poin-poin yang disajikan dalam buku ini cukup jelas dan tersusun secara sistematis dari yang paling mudah hingga paling sulit. Namun, buku ini masih menggunakan istilah-istilah asing sehingga pembaca kesulitan memahami maksudnya.

                

4.      Kaidah kebahasaan pada kalimat teks ulasan bercetak miring tersebut menggunakan …

a.       konjungsi penerang, bahwa

b.      konjungsi penerang, yaitu

c.       konjungsi temporal, sejak

d.      konjungsi temporal, akhirnya

 

5.      Pernyataan yang sesuai dengan teks ulasan tersebut adalah …

a.       Buku Bagaimana Mencari Kawan dan memengaruhi Orang Lain sudah diterbitkan beberapa kali dan sudah mengalami perbaikan.

b.      Layout buku ini sedikit membingungkan karena selain tulisan utama, ada juga tulisan box yang menyela alur tulisan utama.

c.       Poin-poin yang disajikan dalam buku ini cukup jelas dan tersusun secara sistematis dari yang paling mudah hingga paling sulit.

d.      Buku ini menyajikan data ilmiah yang membuat pembaca berpikir bahwa perubahan harus dimulai dari diri sendiri.

 

6.      Kekurangan karya yang diulas dalam teks ulasan tersebut adalah …

a.       Buku ini menyajikan teori-teori aplikatif yang sangat bagus untuk pembaca prkatikkan dalam kehidupan sehari-hari.

b.      Bahasa dalam buku ini terlalu kaku sehingga pembaca merasa cepat jenuh ketika membaca isinya.

c.       Buku ini menggunakan istilah-istilah asing sehingga pembaca kesulitan memahami maksudnya.

d.      Poin-poin yang disajikan dalam buku ini tidak tersusun secara sistematis sehingga tidak mudah dipahami.

 

7.      Paragraf kedua teks ulasan tersebut merupakan strusktur teks bagian …

a.       orientasi            c. analisis

b.      evaluasi            d. rekomendasi

 

Teks ulasan berikut untuk soal nomor 8-11!

Judul buku        : Kumpulan Dongeng Si Kancil

Penulis             : M.B Rahimsyah A.R

Penerbit           : Lingkar Media

Tahun terbit     : 2013

Tebal buku      : 122 Halaman

            Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil menceritakan kisah kancil yang cerdik. Kancil selalu menggunakan akalnya untuk mengelabui binatang lain yang hendak memangsanya, meloloskan diri dari kejahatan binatang lain, dan menyelesaikan masalah. Selain itu, kancil memanfaatkan kecerdikannya untuk menolong binatang lain yang sedang dalam masalah.

            Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil disajikan dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Dengan demikian, pembaca mudah memahami maksud ceritanya. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik sehingga membuat pembaca tidak mudah bosan. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan simpulan pesan cerita di akhir cerita. Jadi, pembaca harus menyimpulkan sendiri pesan yang terkandung dalam cerita.

            Buku Kumpulan Dongeng Si kancil sangat cocok dibaca anak terutama anak-anak tingkat SD dan SMP. Selain itu, buku ini cocok dibaca oleh orang tua kepada anaknya yang masih sekolah TK. Cerita-cerita yang terdapat dalam buku ini dapat meningkatkan daya fikir dan daya imajinasi anak.

8.      Ide pokok paragraf kedua dari teks ulasan tersebut adalah …

a.       Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil tidak dilengkapi simpulan pesan.

b.      Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil dilengkapi ilustrasi menarik.

c.       Kelebihan dan kekurangan buku Kumpulan Dongeng Si Kancil.

d.      Pembaca mudah memahami isi buku Kumpulan Dongeng Si kancil.

 9.      Paragraf ketiga teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian …

a.       orientasi     c. evaluasi

b.      analisis       d. rekomendasi

 10.  Kekuranagn teks ulasan tersebut tidak mengandung unsur …

a.       identitas karya dan orientasi

b.      orientasi dan analisis

c.       analisis dan evaluasi

d.      evaluasi dan rekomendasi

11.  Pernyataan yang sesuai dengan teks ulasan tersebut adalah …

a.       Cerita dalam buku Kumpulan Dongeng Si Kancil dapat meningkatkan daya pikir anak.

b.      Kancil memanfaatkan kecerdikannya untuk mengganggu binatang lain.

c.       Ilustrasi yang disajikan dalam buku Kumpulan Dongengs Si Kancil tidak menarik.

d.      Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil dilengkapi dengan simpulan pesan.

 

Teks ulasan berikut untuk soal nomor 12 sampai 15!

            Buku Petunjuk Pembenihan Ikan Gurami memberikan informasi lengkap mengenai panduan budi daya ikan gurami. Informasi yang disajikan dalam buku ini mulai dari pembuatan kolam, pemijahan, pemeliharaan larva atau benih, pendederan, pembesaran, system pengangkutan nenih gurami, panen, dan pascapanen. Selain itu, buku ini memberikan informasi kepada pembaca yang ingin menjadikan ika gurami sebagai ladang usaha. Informasi tersebut mulai dari modal yang harus dikeluarkan, biaya operasional, hingga pendapatan yang diperoleh per periode. Semua keuntungan dijelaskan secara terperinci sehingga pembaca dapat memperoleh gambaran hitungannya.

1)                  Buku ini dikemas dengan informasi yang dilengkapi gambar-gambar. 2) Oleh karena itu, pembaca tidak mudah bosan ketika membacanya. 3) selain itu, pembaca dapat mencari sarana dan prasarana yang digunakan dalam pemeliharaan ikan gurami seperti pada gambar yang disajikan. 4) Namun, bagi pembaca awam buku ini sedikit sulit dipahami karena terdapat banyak istilah asing.

   

12.  Paragraf kedua teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian …

a.       orientasi     c. evaluasi

b.      analisis       d. rekomendasi

 13.  Ide pokok paragraf kesatu teks ulasan tersebut adalah …

a.      Informasi pembuatan kolam ikan gurami pada buku Petunjuk Pembenihan Ikan Gurami.

b.      Informasi-informasi yang disajikandalam buku Petunjuk Pembenihan Ikan Gurami.

c.       Informasi pemijahan ikan gurami pada buku Petunjuk Pembenihan Ikan Gurami.

d.      Informasi masa panen ikan gurami pada buku Petunjuk Pembenikan Ikan Gurami

14.  Kekurangan teks ulasan tersebut adalah …

a.       Struktur teks ulasan tersebut tidak lengkap.

b.      Bahasa dalam teks ulasan tersebut susah dipahami.

c.       Penggambaran identitas buku tidak urut.

d.      Isi yang dibahas dalam teks ulasan tidak jelas.

15.  Berdasarkan teks ulasan tesebut, kalimat yang mengandung kaidah kebahasaan teks ulasan terdapat pada kalimat angka ..

a.       1)                           c. 3)

b.      2)                           d. 4)

 

Paragraf berikut untuk soal nomor 16 dan 17!

            Ayo biasakan diri untuk bersarapan. (…) kamu tidak sempat melakukannya, kamu dapat membawa sarapanmu dan dimakan saat perjalanan menuju kantor, sekolah, atau kampus.

 16.  Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah…

a.       bahwa                    c. maka

b.      jika                        d. sehingga

17.  Tujuan teks persuasi tersebut adalah …

a.       Mengajak pembaca untuk sarapan.

b.      Mengajak pembaca untuk membawa sarapan.

c.       Mengajak pembaca untuk sarapan di kantor.

d.      Mengajak pembaca untuk sarapan di jalan.

 

Teks persuasi berikut untuk soal nomor 18-21!

1)                  Limbah rumah tangga merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Banyak orang yang belum sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan sehingga dengan seenaknya membuang sampah limbah rumah tangga di sembarang tempat. Jumlah limbah rumah tangga yang selalu bertambah dari hari ke haroi membuat kondisi menjadi semakin buruk jika tidak ada penanganan yang tepat.

2)   Contoh macam-macam limbah rumah tangga yang mengganggu adalah sisa air sabun, sampo, detergen, sisa-sisa makanan atau sisa-sisa sayuran. Selain itu, ada limbah rumah tangga berupa barang-barang bekas, seperti perkakas rumah atau alat-alat elektronik yang sudah rusak atau sudah tidak terpakai. Limbah-limbah tersebut dapat mencemari lingkungan jika dibuang di sembarang tempat.

3)   Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Untuk menghindari bahaya limbah rumah tangga yang berasal dari sissa sabun mandi, detergen, sampo, sabun cuci piring, dan lain-lain dapat dilakukan dengan cara memakai produk yang lebih ramah lingkungan. Limbah yang dapat didaur ulang dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, misalnya sisa sayuran, dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos.

4)   Beberapa dampak dari limbah dan upaya-upaya untuk menanggulanginya telah disampaikan. Upaya-upaya tersebut memang bukan cara-cara ajaib yang begitu saja dapat menyelamatkan lingkungan. Namun, setidaknya cara-cara terebut dapat meminimalisasi dampak buruk dari limbah rumah tangga di lingkungan kita. Demi kesehatan lingkungan dan kesehatan diri sendiri, mari kita mulai memperhatikan lingkungan dengan memperhatikan sisa limbah rumah tangga yang kita hasilkan sendiri.

             

18.  Pengenalan isu pada teks persuasi tersebut ditunjukkan pada paragraf …

a.       1)                  c. 3)

b.      2)                  d. 4)

 

19.  Paragraf kedua teks persuasi tersebut merupakan bagian …

a.       ajakan       

b.      pengenalan isu

c.       rangkaian argumen

d.      penegasan kembali

 

20.  Tujuan teks persuasi tersebut adalah mengajak pembaca untuk 

a.       Memperhatikan lingkungan sekitar

b.      Memperhatikan sisa limbah rumah tangga

c.       Memperhatikan sisa limbah pabrik

d.      Memperhatikan kebersihan lingkungan   

 

21.  Limbah yang dapat didaur ulang dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, contohnya adalah …

a.       sisa sampo       c. pupuk kompos

b.      sisa sayuran     d. sisa detergen

 

Paragraf berikut untuk soal nomor 22-24!

            Saat ini masih banyak guru dan orang tua murid yang tidak sabar dalam mendidik anak. Kesabaran sangatlah diperlukan. Seperti yang telah diutarakan oleh salah satu filsuf legendaris Yunani yaitu Plato, bahwa pendidikan merupakan proses yang panjang dan dijalani seumur hidup, yaitu mulai manusia itu masih kecil hingga manusia beranjak dewasa. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya sebagai guru dan orang tua murid mendidik anak dengan sabar dan berorientasi pada proses supaya nantinya anak dapat berkembang dengan baik dan w jar. Dengan demikian, potensi yang dimiliki anak pun dapat tumbuh berkembang dengan baik dan alami.

 22.  Kalimat ajakan yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah …

a.       Yuk, kita bersabar dalam mendidik anak!

b.      Mari, kita berproses bersama anak!

c.       Mari, kita bersabar dalam mendidik anak!

d.      Yuk, kita berproses bersama anak!

 23.   Istilah orientasi pada teks tersebut berarti …

a.       arah                       c. jurusan

b.      kiblat                     d. pandangan

24.  Tujuan teks persuasi tersebut adalah mengajak pembaca untuk …

a.       Mendidik anak dengan sabar

b.      Mendidik anak dengan tekun

c.       Mendidik anak dengan tabah

d.      Mendidik anak dengan baik

 Kutipan teks persuasi berikut untuk soal nomor 25-27!

            Kemiskinan dapat muncul karena kurangnya lapangan pekerjaan di suatu Negara. Negara yang tidak dapat menciptakan lapangan pekerjaan akan terjerat dalam masaah kemiskinan. Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk mengurangi tingkat kemiskinan ini? Mungkin hanya sedikit yang dapat dilakukan. Sebagai contoh, kita dapat mengembangkan ekonomi kreatif. Kita dapat membuka usaha dari sesuatu yang sedang diminati. Selain itu, pemerintah khususnya, harus bisa menciptakan pekerjaan baru yang dapat menampung jumlah tenaga kerja di Indonesia yang sangat banyak. Marilah, kita bersama-sama ikut membantu pemerintah untuk menuntaskan masalah kemiskinan ini. Kita berpotensi untuk membuka suatu usaha yang kiranya masih belum banyak dilakukan. Tindakan yang dapat kita lakukan, seperti menjual barang lewat online dan menumbuhkan industri rumahan. Tanpa keikutsertaan kita untuk memajukan perekonomian, Negara ini tidak akan bisa lepas dari kemiskinan. Ayo, bersama-sama menjadi pengusaha untuk membantu Negara dalam mengentaskan rakyat dari kemiskinan di Negara ini.

 

25.  Teks persuasi tersebut berisi…

a.       Dukungan pemerintah terhadap pengusaha muda.

b.      Dorongan masyarakat agar terlepas dari masalah ekonomi.

c.       Bujukan kepada pemerintah untuk mengurangi kemiskinan.

d.      Ajakan kepada masyarakat untuk membantu pemerintah menuntaskan masalah kemiskinan.

 

26.  Informasi yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah …

a.       Kita harus membuka suatu usaha dengan mengajukan pinjaman modal kepada pemerintah.

b.      Negara yang dapat menciptakan lapangan kerja akan terhindar dari masalah kemiskinan.

c.       Kita harus ikut serta memajukan perekonomian untuk membantu Negara ini terlepas dari kemiskinan.

d.      Masalah kemiskinan timbul akibat ketidakseimbangan jumlah tenaga kerja dengan lapangan kerja yang tersedia.

27.  Simpulan kutipan teks tersebut adalah ...

a.       Pemerintah dan masyarakat saling bekerjasama untuk menuntaskan kemiskinan dengan menciptakan usaha baru sebagai pengusaha.

b.      Kemiskinan dapat dituntaskan dengan membuka lapangan kerja baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

c.       Masyarakat menginginkan kehidupan dengan perekonomian yang lebih baik dan terhindar dari kemiskinan.

d.      Pemerintah harus bersungguh-sungguh dalam usaha menuntaskan kemiskinan di Negara Indonesia.

28.  1) Kepala BNN Kota Bandung, Yeni Siti Saodah, menyatakan keprihatinan kepada milenial yang saat ini menjadi sasaran peredaran dan penyalahgunaan narkotika. 2) BNN Kota Bandung memasifkan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan da Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan program khusus yang dinamakan Sekolah Bersinar. 3) Dalam Sekolah Bersinar ini ada peran aktif dari sekolah untuk membantu dan mengajak atau mengampanyekan bahaya narkoba dari penyuluhan, sosialisasi, dan edukasi yang menyasar kepada para pelajar. 4) Pada tahun 2018 program ini telah melayani rehabilitasi narkoba sekitar 1.768 orang.

 

Fakta dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat angka  ....

a.       1)                           c. 3)

b.      2)                           d. 4)

 

Paragraf berikut untuk soal nomor 29 dan 30!

            Gotong royong merupakan salah satu karakter yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Sifat tolong-menolong anta sesame hamper terjadi disetiap daerah. Meskipun berbagai macam suku tersebar dari Aceh hingga Papua, umumnya tiap-tiap suku mempunyai sifat saling membantu. Gotong royong pada praktiknya meningkatkan kepedulian antarwarga. Tidak heran jika budaya ini diharapkan terus lestari, demi terciptanya tatanan kehidupan yang lebih baik. Seiring dengan perkembangan zaman, budaya gotong royong ini mulai terkikis oleh medernitas. Apalagi di kota besar, budaya ini nyaris sulit kita temukan. Bisa jadi di desa-desa masih bisa kita temukan budaya ini. (…), gotong royong harus tetap dan agar sikap individualistik tidak terus tumbuh dan kepedulian antarwarga terus meningkat.

29.  Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tesebut adalah …

a.    oleh karena itu        c. akan tetapi

b.    sementara itu          d. namun

 30.  Kalimat persuasif yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah …

a.    Ayo, kita bangkitkan semangat kerukunan antarmasyarakat demi persatuan.

b.    Ayo, kita tumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan antarsuku bangsa di Indonesia.

c.    Mari, kita dorong kembali budaya gotong royong agar mengakar kuat dalam jiwa generasi muda.

d.   Mari, kita tanamkan rasa kerukunan dan jiwa nasionalisme agar mengakar kuat di dalam diri generasi muda.

 

Rumput laut (seaweeds) merupakan salah satu daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Rumput laut termasuk anggota dari kelompok vegetasi yang dikenal sebagai alga atau ganggang. Sumber daya hayati ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan okosistem terumbu karang. Rumput laut dapat hidup di atas substrat pasir dan karang mati.

31.  Ide pokok kutipan buku tersebut adalah …

a.    Rumput laut dikenal sebagai alga atau ganggang.

b.    Rumput laut sebagai sumber daya hayati di pesisir dan laut.

c.    Rumput laut hidup di atas substrat pasir dan karang mati.

d.   Sumber daya hayati di perairan yang berekosisitem terumbu karang.

 

Kutipan berikut untuk soal nomor 32 dan 33!

            Asyura tak pernah membiarkan Mak Saniah pulang dengan tangan hampa. Begitu mendengar suara Mak Saniah, dia segera mengambil piring dan menjumpai Mak Saniah di luar. Selembar uang lima ribu tupiah biasa diberikan Asyura kepada Mak Saniah dan mengambil kue gemblong empat hingga lima buah. Mak Saniah tak pernah menjual kue-kue hingga lebih dari lima ratus rupiah per buah. Dengan uang lima ribu rupiah seharusnya Asyura bisa mengambil sepulub buah kue. Namun, hal itu tak pernah dilakukan Asyura. Dia selaluy mengambil kue-kue secukupnya dan membiarkan uang kembaliannya untuk Mak Saniah. Sesekali Asyura juga memberikan Mak Saniah lembaran sepuluh ribuan tapi mengambil jumlah kue yang sama serta tak mengambil uang kembaliannya.

           

32.  Nilai dalam kutipan buku fiksi tersebut adalah ...

a.       sosial                     c. religi

b.      ekonomi                d. budaya

 

33.  Tokoh Asyura dalam kutipan buku fiksi tersebut memiliki watak …

a.       rendah hati

b.      suka bergaul

c.       suka berbagi

d.      gemar menabung

 



kutipan buku berikut untuk soal nomor 34 dan 36!

            Aku bisa menangkap kebenaran dalam kata-kata kedua orang tuaku. Ah, aku bahkan bisa menangkap ketulusan hati dan kesungguhan ayah dan ibu. Tetapi justru inilah yang membuatku sukar berbicara. Keheningan berlangsung hingga beberapa lama. Malam seakan membuka pintu bagi pertentangan batin, pertentangan antara kebenaran kata-kata otang tuaku dan kepentinganku untuk selalu bersama suami di mana pun ia berada.

            “Ah, Yuning, “kata ibu tiba-tiba yang membuatku tersentak. “Ibu tak percaya kau tak menyukai rumah baru itu. Ibu juga tak percaya kau tak suka tinggal dekat bersama kami. Lalu mengapa kau tidak segera menuruti permintaan kami? Mengapa?”

            O, andaikan ibu tahu kata-katanya membuatku makin terimpit. Dadku menyesak oleh kebimbangan yang mengembang. Air mataku meluncur satu-satu meskipun aku telah berusaha keras menahannya.

 34.  Amanat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

a.       Keinginan orang tua harus dipenuhi.       

b.      Seorang anak harus bisa hidup mandiri.

c.       Orang tua tidak ingin mencampuri urusan anak.

d.      Orang tua ingin selalu dekat dengan anaknya.                

35.  Konflik dalam kutipan buku tersebut adalah ...

a.       Tokoh Aku merasa bahwa orang tuanya sangat tulus hati meminta anaknya tinggal dekat bersama.

b.      Tokoh Aku tidak ingin mengecewakan orang tuanya sehingga ia bersedia tinggal dekat bersama orang tuanya.

c.       Tokoh Aku menolak permintaan orang tuanya untuk tinggal dekat bersamanya meskipun kata-kata orang tuanya benar.

d.      Tokoh Aku merasa bimbang antara menuruti keinginan orang tua dan kepentingan pribadi untuk mengikuti suami.

 

36.  Nilai kehidupan yang terdapat dalam kutipan buku tersebut adalah …

a.       budaya                  c. sosial

b.      ekonomi                d. politik

 

Kutipan buku berikut untuk soal nomor 37-39!

            Maria tiada berkedip memandangi diriku yang terbujur tiada berdaya seperti bayi. Matanya berkaca-kaca, hudungnya memerah dan pipinya basah.

            “Kenapa kau kemari, Maria?”

            “Aku ingin tahu keadaanmu. Aku mencemaskanmu.”

            “Kau menangis Maria?”

            “Kau membuatku menangis Fahri. Kau mengigau terus dengan bibir bergetar membaca ayat-ayat suci. Wajahmu pucat. Air matamu meleleh tiada henti. Melihat keadaanmu itu apa aku tidak menangis,” serak Maria sambil tangan kanannya bergerak hendak menyentuh pipiku yang kurasa basah.

37.  Latar suasana pada kutipan buku fiksi teersebut adalah …

a.       takut                      c. resah

b.      sedih                      d. bingung

 

38.  Tema kutipan buku fiksi tersebut adalah …

a.       penderitaan seseorang yang sedang sakit parah.

b.      Kesetiaan seseorang terhadap teman yang sakit.

c.       Keresahan seseorang karena tidak kunjung sembuh dari sakit.

d.      Kepedulian seseorang terhadap teman yang menderita sakit.

 39.  Tanggapan yang tepat terhadap kutipan buku tersebut adalah …

a.       Isi kutipan buku tersebut sangat menarik dikalangan remaja agar selalu tekun berdoa meskipun dalam keadaan sakit.

b.      Isi kutipan buku tersebut sangat menarik pembaca karena mengajarkan arti kesetiaan terhadap orang yang dicintai.

c.       Isi kutipan buku dapat dijadikan teladan bagi pembaca karena memberikan contoh sikap peduli kepada sesame.

d.      Isi kutipan buku tersebut penting bagi pembaca agar selalu menjaga kesehatan sehingga tidak sampai sakit parah.

 

Bacalah kutipan resensi berikut!

            Novel ini berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Gadis Ayu Pintoko. Panggilan sehari-harinya ialah Gadis. Pada saat Gadis berumur 8 tahun, dia diajak oleh orang tuanya berlibur ke Bukittinggi, yaitu tempat kelahiran ayahnya. Di sana dia dikenalkan kepada saudara-saudara ayahnya. Setelah cukup lama berlibur, akhirnya gadis dan keluarganya pulang ke Jakartanovel ini disajikan dengan bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, novel ini dilengkapi dengan puisi-puisi yang menyentuh hati. Namun sayang. Dalam novel ini tidak terdapat gambar yang menarik.

 

40.  Kelemahan kutipan resensi tersebut adalah …

a.       Cerita dalam novel ini menyentuh hati.

b.      Banyak puisi dihadirkan dalam buku ini.

c.       Bahasa dalam novel ini mudah dipahami.

d.      Tidak terdapat gambar yang menarik dalam novel ini.

 II.      Essay

Bacalah teks ulasan berikut ini!

Judul                           : Ayah

Penulis                         : Andrea Hirata

Penerbit                       : Bentang Pustaka

Tahun Terbit                : Mei 2016

Jumlah Halaman          : 432 Halaman

            Novel Ayah menceritakan betapa besarnya kasih sayang seorang ayah kepada anaknya, yang bahkan bukan anak kandungnya sekali pun. Bisa kita lihat sosok Sabari bahkan hilang warasnya karena berpisah dengan Zorro.

Novel ini ditulis dengan gaya bahasa yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan gaya bahasa Andrea Hirata pada novel-novel lainnya. Jika kamu penikmat tulisan Andrea Hirata, novel Ayah ini bukanlah sesuatu yang mengecewakan. Justru novel ini akan membuat kamu semakin cinta dengan karya-karya Andrea Hirata. Novel ini begitu mendidik sekaligus menghibur. Mendidik kita supaya menjadi manusia yang tahu adat, tahu bagaimana harus menjalani hidup, tahu bagaimana harus memosisikan orang-orang yang ada di sekitar kita, khususnya mereka yang mencintai kita.

Kekurangan novel Ayah berada di gaya bahasa tokoh, yaitu Ukun dan Tamat. Gaya bahasa mereka terasa berlebihan ketika bertemu dengan orang asing. Bagi yang jarang membaca, alur yang digunakan dapat membuat kebingungan karena alurnya tidak runtut. Sebenarnya ini bukanlah suatu kekurangan, tetapi hanya pemberitahuan jika kamu hendak membeli buku ini.

1.      Tuliskan identitas dalam teks ulasan tersebut!

2.      Jelaskan kekurangan novel tersebut!

3.      Jelaskan kelebihan novel tersebut!

 

Bacalah kutipan teks berikut!

            Penanaman hutan kembali atau biasa disebut reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang sudah gundul. Reboisasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyerap pilusi dan debu di udara. Selain itu, reboisasi dapat membangun kembali habitat dan ekosistem alam. Dengan terbangunnya habitat tersebut, pemanasan global yang mulai terjadi di dunia dapat tertanggulangi. Reboisasi juga dapat dimanfaatkan kayunya dalam kurun waktu mendatang. Oleh karena itu, hendaknya kita data melakukan penanaman hutan kembali atau yang biasa disebut reboisasi. Marilah, bersama-sama menanam demi kelangsungan hidup generasi setelah kita!

 

4.      Tentukan kata ganti, kata penghubung, dan kata teknis dalam kutipan teks tersebut!

 

 Bacalah teks berikut!

Mari Mencintai Bahasa Indonesia

            Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional. Bahasa ini wajib dikuasai seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Tidak hanya dikuasai, tetapi bahasa Indonesia juga harus dipraktikan dengan baik dan benar, salah satunya digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari. Hal tersebut penting karena bangsa ini terdiri atas bermacam-macam suku, adat, dan bahasa sehingga bahasa Indonesia berfungsi sebaai alat pemersatu bangsa.

            Bahasa Indonesia memiliki suatu peranan penting dalam kehidupan rakyat Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa nasional. Bahasa Indonesia digunakan dalam berkomunikasi dengan masyarakat lain daerah di Indonesia. Namun, bahasa di setiap daerah tetap wajib dilestarikan keberadaannya.

            Bahasa yang wajib digunakan masyarakat di perkotaan besar adalah bahasa Indonesia. Lalu, bagaimana dengan masyarakat di pedesaan? Terkadang mereka masih menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi. Sebagian dari mereka masih belum bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa daerah sangat perlu dilestarikan. Namun, penggunakan bahasa Indonesia tentunya penting diterapkan sebagai suatu kesadaran untuk berinteraksi dengan dunia luar.

 5.      Tentukan informasi penting dalam teks tersebut!

 

­­­­___Selamat Bekerja___

 


0 komentar:

Posting Komentar