Breaking News

Dampak Revolusi Digital bagi Generasi Milenial

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak

Jangan biarkan aksi ikut-ikutan tren dan pingin viral

berdampak negatif hingga merusak moral dan karaktermu!

            Era digital disebut juga dengan media baru. Yaitu istilah yang digunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khusunya teknologi informasi komputer. Dimana kehidupan manusia dipengaruhi dengan adanya internet. Atau kemampuan manusia untuk menerima informasi melalui situs digital yang sangat cepat. Hanya dengan hitungan menit bahkan detik kita bisa menerima dan mengakses berbagai informasi di mana saja dan kapan saja. Pada dasarnya ini semua mempermudah gerak dan pekerjaan manusia.

Menurut Wikipedia, era digital biasa juga disebut dengan globalisasi. Yaitu, proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya yang banyak disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi dan internet. Perkembangan media digital saat ini memang membawa perubahan yang sangat signifikan bagi perkembangan zaman di abad ini. Tidak di negara kita saja, bahkan dengan adanya digitalisaasi ini mengubah cara pandang dan peradaban suatu bangsa. Semua informasi dapat diakses dan diketahui oleh semua khalayak, tidak terkecuali semua orang di berbagai pelosok negeri dengan syarat sinyal internet samapi ke daerah tersebut.

Dengan adanya era digital ini menyebabkan perubahan di berbagai lini kehidupan. Baik dari sistem, cara kerja dan gaya hidup manusianya. Sekarang ini gaya hidup manusia tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi menjadi hal primer dalam kehidupan manusia. Semua pekejaan manusia sekarang ini diganti dan ditunjang oleh benda-benda elektronik ini. Era digital membawa perubahan yang sangat baik bagi kehidupan manusia, banyak dampak positif dengan munculnya era ini, namun tidak bisa dipungkiri, dampak negatif pun selalu mengiringi.


 

Era digital muncul dengan adanya internet sebagai penunjang utama. Jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer memiliki keutamaan dan kemudahan bagi penggunanya. Namun media baru digital ini memiliki karakteristik dapat dimanipulasi dan bersifat jaringan jadi harus bermain dengan sinyal. Kemampuan media baru ini memudahkan masyarakat dalam menerima informasi, kemampuan media digital ini mengubah cara pandang orang dalam bekerja. Bahkan sekarang di media massa cetak, telah berbondong-bondong pindah haluan ke media digital. Dengan adanya media digital ini tidak perlu lagi ada biaya cetak atau tenaga dalam mendistribusikan medianya. Karena dimana saja orang bisa mengakses informasi ini. Hanya butuh jaringan internet, sinyal yang kuat dan pastinya kuota internet yang harus stenbay di mana saja dan kapan saja.

Era digital sekarang bukanlah masalah siap tidak siap atau mungkin dan tidak mungkin. Namun sebuah konsekuensi teknologi yang terus bergerak ibarat arus laut dan terus berjalan di tengah-tengah arus kehidupan manusia. Maka tidak ada pilihan selain menguasai dan mengendalikan teknologi ini dengan benar agar bisa memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kehidupan manusia ke depannya. Lalu ada lagi istilah revolusi digital, apa itu? Suatu kemampuan untuk memindahkan informasi digital antarmedia dengan mudah dan bisa diakses serta didistribusikan secara jarak jauh. Salah satu revolusi digital saat ini adalah munculnya media online yang mampu menyajikan semua informasi setiap detik.

Di belahan bumi manapun setiap orang bisa mengakses informasi yang mereka butuhkan dalam genggaman. Saat ini berapa puluhan juta dihemat dengan adanya media digital ini, kalau dulu untuk menerbitkan sebuah media baik koran, majalah atau tabloid sebuah kantor media massa harus menecatak sekian eksemplar medianya dan didistribusikan setiap hari ke berbagai pelosok daerah. Mereka membutuhkan mesin-mesin besar, kertas dan tenaga kerja yang ahli di bidangnya masing-masing. Belum lagi wartawan yang harus bekerja keras untuk mengejar deadline dan harus lembur di kantor untuk menyelesaikan satu liputan berita. Ditambah lagi dengan keaktifan dan kegesitan setiap individunya dalam mencari berita sampai ke pelosok daerah guna bisa menyuguhkan berbagain informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Adanya revolusi digital ini membawa dampak dan pengaruh bagi banyak media. Apa saja manfaat adanya media digital ini? Sangat banyak tentunya, diantaranya adalah penggunaan kertas yang bisa diminimalkan, tenaga kerja yang tidak begitu banyak dan bisa dialihkan untuk pekerja digital. Dalam penyimpanan dokumen pun di media digital ini lebih mudah dan tidak memakai ruang. Sumber informasi pun bisa didapat dari mana saja, tanpa sang wartawan menuju daerah atau tempat tujuan yang diinginka. Mereka bisa melalui saluran telepon saja untuk mendapatkan informasi atau menghubungi orang-oarang di daerah terdekat. File atau dokumen yang dikumpulkan pun bisa diakses baru lagi dengan embuat e-Book. Apa itu? Buku elektronik yang bisa dibuka dan diakses dimana saja dan kapan saja bagi penggunanya.

Era digital ini menyimpan berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia, namun demikian pemakainya tentu harus dikontrol dan diawasi. Apalagi bagi para milenial dan anak-anak, jika mereka dibiarkan dengan gawainya, maka mereka tidak kenal waktu dan kegiatan lain pasti akan terlewatkan. Kenapa? Karena gawai, salah satu produk digital ini bisa menimbulkan kecanduan bagi pemakainya jika tidak diawasi. Apalagi bagi anak-anak di bawah umur, kadang kita sebagai orang tua sering lepas control. Bagi ibu-ibu yang punya balita, kadang agar anaknya diam dan tidak rewel serta mereka bisa bekerja tanpa ada gangguan, maka akan memberikan gawai kepada mereka tanpa menyadari efek kecanduan yang akan diderita oleh anak-anaknya.

            Apa saja tantangan kita para guru, dan orang tua dalam menghadapi era digital di zaman ini apalagi bagi generasi milenial? Salah satunya adalah penggunaan gawai yang berlebihan.  Mudahnya akses pornografi bagi generasi muda, adanya pergaulan bebas, lingkungan yang merusak salah satunya menghalalkan perbuatan yang batil dan terlarang. Banyaknya bacaan-bacaan yang tidak mendidik, baik di aplikasi maupun di media social lainnya. Ditambah lagi tontonan yang tidak ada batasnya di youtube menyebabkan anak juga tidak peduli dengan orang tuanya. Anak kehilangan kontrol dan role model karena tidak ada lagi hal baik yang harus ditiru.  Banyaknya informasi yang tidak lagi terfilter oleh pikiran dan daya terima otak mereka.

Saat ini sudah menjadi tugas kita sebagai pendidik, orang tua dan masyarakat untuk membentengi anak-anak dan generasi ini untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak hanya mengikuti budaya dan tontonan yang tidak mendidik. Mengajak mereka untuk bisa berproses kreatif dan berkarya dan bermanfaat bagi banyak orang. Bagi orangtua dan pengajarpun harus bisa membuka diri dengan perubahan yang ada saat sekarang ini. Kita juga harus bisa memiliki kemampuan dalam menggunakan alat-alat digital ini dan mengikuti perkembangan zaman yang sudah pasti berbeda dengan zaman kita dahulu.

Tidak ada komentar