Breaking News

Guru Hebat Guru Literat

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak


Guru biasa memberitahu, guru baik mejelaskan, guru yang sangat baik menunjukkan,

dan guru hebat menginspirasi

William Arthur Ward


            Benar kata Willam Arthur di atas, bahwa guru biasa hanya memberitahu, guru baik menjelaskan dan guru hebat bisa menginspirasi dan mengubah karakter peserta didiknya. Siapa guru hebat dan literat tersebut? Mereka yang lebih mengutamakan siswa dari pada karier gurunya. Guru hebat adalah seorang guru literat, dia harus bisa mengambil tindakan secara inisiatif untuk melakukan perubahan pada siswa yang diajarnya. Guru hebat dan literatlah yang menjadikan siswa menjadi sosok yang inovatif dan kreatif dalam bertindak. Seorang guru harus bisa melakukan hal-hal kecil yang dimulai dari dalam kelas tanpa menunggu komando dan selalu harus mengikuti skenario yang monoton.  Sekecil apapun perubahan pada siswa, yang jelas sebagai guru kita harus mengasah dan membimbing mereka bisa menciptakan sesuatu yang baru dan kreatif. Memang inovasi tidak akan selalu berhasil, namun dengan perubahan-perubahan kecil yang mereka lakukan, nanti akan bisa menjadi perubahan besar dan membawa inovasi baru bagi bangsa.

            Guru hebat sebagai teladan dan panutan harus bisa mengubah mindset bahwa sebagai guru kita tidak hanya mentransfer ilmu. Kalau tugas guru hanya mengajar maka google lebih hebat dari seorang guru, namun jika tugas guru mendidik dan menjadi inspirasi bagi siswanya, maka sosok ini tidak akan bisa tergantikan. Seorang guru hebat, harus memahami hal yang bisa membawa perubahan positif kepada diri siswanya. Guru adalah teladan dan panutan yang seharusnya mampu membawa seorang individu menjadi manusia yang berkarakter positif. Selagi semua itu mampu kita lakukan maka seorang guru tidak akan bisa tergantikan oleh teknologi secanggih apapun. Guru akan menjadi sumber inspirasi dan teladan bagi siswa yang diajarnya, karena tidak ada satu orang hebat pun yang tidak ditempa oleh seorang guru.

Guru hebat dan literat sebagai teladan dan panutan sudah pasti bisa membawa perubahan pada anak bangsa. Apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan semua itu? Guru harus bisa mengubah metode pembelajarannya, kita harus bisa menjadi seorang fasilitator, katalisator, dan inspirator serta mampu menemukan potensi siswa sesuai dengan minat bakat dan perkembangan zaman. Guru harus bisa menjadi teladan dan panutan untuk membawa generasi emas Indonesia 2045 mendatang lebih baik lagi. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan mereka menghadapi era disrupsi teknologi ketika lapangan pekerjaan tidak sesuai dengan bidang pendidikannya. Bagaimana menjadikan mereka siap menghadapi hal tersebut? Melalui pembekalan siswa dengan berbagai keterampilan yang mumpuni.

            Seorang guru hebat dan literat mampu menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter dalam kehiudupan nyata. Guru harus terus berinovasi menjalankan proses belajar mengajar.  Ajarkan siswa menjadi sosok yang bisa berpikir kritis dan selalu berpartisipasi dalam semua hal baik kegiatan di dalam maupun di luar sekolah. Sehebat apapun teknologi, guru tidak akan tergantikan oleh mesin, dengan kemajuan era digital sekarang ini, guru hebat mampu membentuk karakter anak bangsa dengan budi pekerti, tanggung jawab, dan nilai-nilai kebaikan lainnya. Salah satunya dengan cara mengajarkan dan membiasakan kegiatan literasi bagi siswa. Seorang guru yang literat harus mampu membiasakan anak-anak didiknya untuk berliterasi dalam kehidupan di dalam dan luar sekolah. Mereka harus mampu dan membiasakan diri menjadi siswa yang gemar membaca, dan juga gemar menulis.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membiasakan mereka dalam kegiatan berliterasi. Diantaranya mewajibkan mambaca buku ilmu pengetahuan populer, buku sastra, berita dan juga menonton vidio ilmu pengetahuan. Cara lainnya dengan mengadakan lomba bercerita, memberikan bimbingan cara mencari informasi dari buku, mewajibkan mereka membaca di perpustakaan, mengisi mading di tiap kelas dan mading sekolah. Serta  rentetan tugas lainnya yang berkaitan dengan buku. Kegiatan ini bisa dilakukan secara konsisten dan terus menerus, agar menjadi pembiasaan bagi mereka dalam kehidupan. Mananamkan rasa ingin tahu yang tinggi, dan juga menyediakan buku bacaan yang berkulitas di setiap pojok-pojok strategis di sekolah.

            Jadi apa yang harus kita lakukan sebagai teladan dan panutan di masa depan bagi generasi emas kita? Jangan alergi dengan teknologi, gunakan gawai mereka untuk mencari informasi sesuai dengan materi yang kita bahas. Beri tugas dan pandu mereka menggunakan teknologi dengan bijak dan cerdas. Sebagai guru hebat dan literat kita harus menjadi seorang yang kreatif, harus bisa mengubah situasi pembelajaran menjadi menarik dan efektif sekaligus mengajak siswa lebih aktif. Sekarang ini adalah zaman digital, sepatutnyalah seorang guru mengembangkan ide pembelajaran melalui teknologi digital ini. Karena mayoritas siswa akan lebih tertarik menghadapi sesuatu yang up to date. Di era digital ini, pembelajaran harus diperbaharui  dengan adanya inovasi dan model-model pembelajaran yang menarik minat siswa.

            Apa saja model teknologi yang dapat kita gunakan agar pembelajaran bisa berjalan menarik dan optimal sesuai dengan kemajuan zaman? Pertama, penemuan (Invensi), guru harus bisa menemukan hal-hal baru di dalam kelas dengan memfasilitasi siswa dalam belajar, apakah dalam bentuk diskusi atau pengamatan di luar kelas. Kedua, pengembangan (eksistensi), sebagai fasilitator guru juga harus bisa mengembangkan semua hal yang ada di dalam pembelajaran, tidak hanya terfokus pada buku teks dan rancangan tertulis di silabus saja, namun bisa mengembangkans sesuai dengan keadaan dan bakat siswa yang diajar. Ketiga penggandaan (duplikasi), bisa menggandakan hal-hal yang memang harus dikuasai oleh siswa.  Keempat sintesis, yaitu  bisa mengambil kesimpulan yang tepat dari apa yang telah diajarkan dan mampu merefleksikan apa yang telah dipelajari bersama.



Cara kreatif lain yang dapat digunakan untuk menjadi guru hebat di depan kelas adalah, membuat games, seperti, pesan atau cerita berantai, menulis pengalaman yang paling berkesan, gotong royong dalam menyelsaikan proyek pembelajaran, bermain tebak gambar, mengisi TTS sesuai dengan materi yang telah diberikan, pementasan drama, cerdas cermat, dan berbagai metode pembelajaran menarik yang dapat dikembangkan di dalam dan luar kelas. Guru harus memahami, bahwa tidak zamannya lagi mengajar duduk diam dan lipat tangan di atas meja dan selalu di dalam kelas. Saat ini, bagaimana caranya seorang guru bisa mentransfer ilmu dan membangun karakter siswanya di berbagai tempat yang menyenangkan dan tujuan pembelajaran sampai kepada siswa yang diajarkan.

Jadi kegiatan pembalajaran bisa saja dipindahkan ke berbagai tempat. Apakah di lapangan, di pustaka, di mushala, di taman, di labor dan di berbagai tempat yang membuat siswa enjoy dan materi yang diberikan tetap tercapai. Demikianlah beberapa keterampilan, metode dan cara yang harus dimiliki oleh guru hebat dan  literat. Melalui metode ini diharapkan mampu membentuk generasi hebat dan kreatif, menjadikan anak bangsa lebih maju dan bisa berpikiran kritis dan bersaing dalam dunia global. Sudah seharusnya setiap individu guru bisa menjadi inspirasi bagi semua anak didiknya dan menjadikan panutan dan juga teladan nyata dalam kehidupan.

Tidak ada komentar