Breaking News

Teks Diskusi Materi Kelas IX Revisi

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi adalah teks yang menyajikan sejumlah pendapat dari berbagai sudut pandang terkait dengan permasalahan tertentu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI (2008) diungkapkan bahwa diskusi berarti: perundingan untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Pendapat lain juga mengatakan bahwa diskusi adalah sebuah proses mencari titik temu antara dua pemikiran, pandangan atau pendapat yang berbeda.

Teks diskusi bisa didefinisikan sebagai sebuah teks yang berisi tentang sebuah wacana yang bermasalah. Wacana yang bermasalah ini adalah wacana yang memiliki dua kubu antara Pro (mendukung) dan Contra (penentang), antara pendukung isu dan penentang isu.

Masalah yang dihadirkan dalam teks diskusi nantinya akan didiskusikan berdasarkan dua sudut pandang tersebut (Point of View) tersebut, Pro (pendukung) dan Kontra (penentang).

Jadi diskusi merupakan:

1)      Melibatkan individu dalam berinteraksi secara verbal

2)      Interaksi verbal itu dilaksanakan dalam situasi tatap muka

3)    Interaksi terjadi secara terpimpin dan terarah menuju suatu tujuan yang telah digariskan dan ditetapkan.

Jenis-jenis Teks Diskusi

1)      Diskusi Kelompok (Buzz Group) Diskusi kelompok merupakan bentuk tukar pikiran dalam musyawarah. Diskusi ini bagus dilaksanakan kalau pertanyaannya cukup banyak. Masalah yang didiskusikan menyangkut kepentingan bersama. Jumlah peserta terdiri dari 5 sampai 7 orang dan dipimpin oleh ketua.

2)      Diskusi panel, diskusi ini pada prinsipnya melibatkan beberapa panelis yang mempunyai keahlian dalam bidang masing-masing. Panel dipimpin oleh seorang pemandu (moderator).

3)      Ramu pendapat (Brainstorming), bentuk ini dapat dipakai untuk membicarakan segala masalah. Brainstorming adalah aktifitas dari sekompok orang yang memproduksi/menciptakan gagasan yang baru sebanyak-banyaknya.

4)      Seminar, merupakan suatu pertemuan untuk membahas suatu masalah tertentu dengan tanggapan melalui suatu diskusi.

5)      Symposium, hampir sama dengan panel. Pemrasaran  menyampaikan makalah atau pembicaraan tentang suatu masalah yang disorot dari sudu keahlian masing-masing.

6)      Kolokium, adalah sejenis diskusi yang proses pelaksanaannya tidak dimulai dengan membacakan/menyajikan makalah oleh pemrasaran/pembicara, atau juga tidak dimulai dengan ceramah

7)      Lokakarya, istilah lainnya workshop yaitu masalah yang dibahas mempunyai ruang lingkup tertentu dan dibahas secara mendalam. Pesertanya adalah orang –orang yang ahli dalam bidang tersebut.

8)      Mimbar film, sejenis diskusi yang biasanya diadakan untuk menentukan film-film yang dibenarkan beredar.

9)      Debat, adalah diskusi yang terdiri dari dua kelompok yang saling bertentangan pendapat.

Ciri-ciri Teks Diskusi

Dalam Teks diskusi, terdapat empat struktur kebahasaan yang terlihat dari ide pokok setiap paragraf dalam Teks diskusi sebagai bahan pembentuk teks-nya, yaitu:

1)      Ide Pokok

Ide pokok terletak di paragraf pertama yang berisi penempatan masalah atau isu yang akan didiskusikan.

2)      Pendapat Pendukung (Pro)

Dalam bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang mendukung ide pokok. Di setiap paragraf pro  terdiri dari dua komponen diantaranya adalah ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut.

3)      Pendapat Penentang (Kontra)

Dalam bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang menentang isu atau permasalahan. Seperti dalam paragraf Pro dan Kontra  juga menghadirkan dua komponen pembentuk yaitu ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut.

4)      Kesimpulan

Dalam bagian ini penulis menghadirkan kesimpulan atau bisa juga rekomendasikan dari isu atau permasalahan yang telah didiskusikan di atas.

Ciri-ciri teks diskusi

Teks diskusi juga memiliki ciri-ciri, yaitu sebagai berikut:

1)      Strukturnya terdiri atas isu, argumen mendukung,argumen menentang, dan simpulan.

2)      Memuat informasi yang bersifat informatif-argumenatif.

3)      Ciri kebahasaan teks diskusi menggunakan kata hubung perlawanan (tetapi, sedangkan dan sebagainya).

Fungsi Teks Diskusi

1. Pemecahan masalah

Di dalam diskusi tentunya memiliki sebuah permasalahan atau topic yang diangkat untuk dibicarakan secara bersama-sama.

2. Pengembangan

Diskusi juga berfungsi sebagai wadah untuk mengembangkan pribadi, harga diri, hormat kepada sesama, berani mengatakan pendapat dan mendalami pengertian tentang suatu persoalan.

Contoh Teks Diskusi

Perkembangan Teknologi di Masyarakat 

Seperti yang kita ketahui, sekarang merupakan era perkembangan zaman. Perkembangan zaman tersebut juga mempengaruhi perkembangan teknologi di berbagai bidang seperti medis, komunikasi, trasnsportasi dan sebagainya. Namun jika dikaji lebih dalam, perkembangan teknologi di bidang komunikasi akan memegang peran paling besar. Contohnya saja penggunaan smartphone, Smartphone saat ini telah berubah sangat modern yakni praktis untuk digunakan dan memiliki berbagai macam fitur-fitur canggih dan menarik. Tidak heran jika di era sekarang ini remaja banyak yang menyukai smartphone. Umumnya smartphone digunakan para remaja untuk keperluan komunikasi, hiburan dan sebagainya. Namun seperti yang kite ketahui bahwa perkembangan jaman dan teknologi yang terjadi sekarang ini telah memberikan dampak yang besar bagi para remaja.

Dampak positif dari penggunaan smartphone untuk remaja adalah mereka dapat mengeksplorasi teknologi lebih luas dari sebelumnya, memudahkan segala aktivitas mereka mulai dari berkomunikasi baik visual maupun audio, dan membantu mereka dalam mencari materi atau tugas di internet.

Di samping dampak positif tentunya perkembangan smartphone ini juga memiliki dampak negatif pada remaja. Salah satunya adalah penggunaan smartphone dapat membuat remaja kecanduan dan memiliki rasa keterantungan seperti tidak bisa hidup tanpa perangkat ini. Tidak hanya itu saja, namun penggunaan smartphone yang terlalu over akan memberikan dampak berupa remaja akan malas untuk belajar dan akhirnya hal ini akan menurunkan prestasi mereka.

Maka dari itu sebagai seorang remaja, kita harus mampu menggunakan perangkat smartphone kita dengan benar dan pada porsinya. Jika penggunaan smartphone ini dialokasikan dengan benar maka akan lebih banyak menimbulkan dampak positif bagi kita

UNSUR-UNSUR

Unsur-unsur diskusi merupakan beberapa perangkat yang diperlukan untuk menunjang dilaksanakannya suatu proses diskusi. Unsur-unsur tersebut adalah:

1. Moderator

Moderator ialah orang yang bertugas untuk memimpin jalannya diskusi. Moderator merupakan pemimpin sebuah diskusi, maka seorang moderator juga sering disebut dengan pempimpin diskusi. Moderator juga diharuskan untuk menengahi anggota diskusi yang berdebat di dalam proses diskusi. Oleh sebab itu, moderator merupakan unsur yang sangat penting di dalam diskusi.

2. Panelis atau Narasumber

Panelis atau narasumber merupakan orang yang bertugas untuk memberikan materi di dalam suatu diskusi. Panelis atau narasumber bisa terdiri dari satu orang atau bahkan lebih. Panelis juga harus siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyan dari peserta atau anggota diskusi.

3. Notulen

Notulen atau sering juga disebut dengan notulis merupakan orang yang bertugas untuk mencatat keseluruhan jalannya diskusi dari awal hingga akhir. Tugas lain dari seorang notulen ialah harus mampu mermbuat ringkasan atau hasil dari diskusi yang dijalankan.

4. Peserta Diskusi

Peserta diskusi atau anggota diskusi adalah orang-orang yang terlibat di dalam sebuah diskusi. Peserta diskusi haruslah memperhatikan tata tertib jalannya diskusi.

5. Materi

Materi merupakan bahan yang diperlukan di dalam diskusi. Materi biasanya disampaikan oleh panelis atau narasumber. Materi haruslah menyangkut dengan permasalahan yang sedang diangkat dalam sebuah diskusi

6. Peralatan

Satu hal yang tidak kalah penting di dalam diskusi ialah kehadiran perlengkapan ataupun peralatan penunjang. Peralatan disini tergantung dari jenis diskusi yang dibuat. Contohnya seperti microphone, meja, kursi, proyektor, dan lain-lain.

Struktur Teks Diskusi

Seperti yang tampak pada contoh di atas bahwa struktur teks ulasan terdiri atas bagian-bagian berikut.

a.       Pengenalan isu, yakni berupa penjelasan awal mengenai topik ataupun masalah tertentu yang bersifat kontroversial (pro-kontra). Seperti pada contoh teks di atas, masalah kontroversial itu tentang penerapan sistem ranking di sekolah-sekolah. Masalah lain, misalnya, tentang pencabutan subsidi BBM, penggunaan ponsel oleh para siswa.

b.      Paparan argumen yang meliputi argumen mendukung dan yang menentang. Kedua-duanya kemudian menyertainya dengan sejumlah fakta, alasan, pengalaman, ataupun pendapat dari sumber-sumber tertentu yang mendukung argumennya itu. Dalam contoh di atas dikemukakan bahwa sistem ranking mendukung kompetisi antarsiswa. Namun, kontranya, sistem tersebut dapat menimbulkan ekses negatif, seperti kecemburuan dan rasa rendah diri siswa.

c.       Penyimpulan, berisi rangkuman ataupun rumusan jalan tengah antara argumen mendukung dan menentang. Di dalamnya mungkin pula disertai dengan saran-saran. Seperti dalam teks tersebut bahwa adanya evaluasi tetap penting, tetapi tidak ditujukan untuk mengotak-ngotakkan siswa. Evaluasi diarahkan pada kegiatan proses untuk mengetahui efektivitas belajar-mengajar di samping untuk menentukan kinerja pembelajaran berikutnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

Secara umum, teks diskusi memiliki kaidah-kaidah kebahasaan sebagai berikut.

a.       Menggunakan kata penghubung (konjungsi) pertentangan. Dalam contoh teks di atas banyak digunakan kata namun. Konjungsi pertentangan lainnya adalah melainkan, sedangkan, akan tetapi.

b.      Menggunakan kata penghubung yang menyatakan alasan, seperti sebab, karena, oleh karena. Kata-kata seperti itu diperlukan untuk menghubungkan pendapat dengan fakta, pengalaman, ataupun pernyataan-pernyataan pendukung lainnya.

c.       Menggunakan banyak kata teknis yang terkait dengan masalah yang menjadi fokus diskusi.

       Langkah-langkah Menulis Teks Diskusi

1. Menentukan topik diskusi/isu
2. Menentukan tujuan (memberi penjelasan tentan pro kontra)
3. Mencari informasi/data tentang isu yang dipilih
4. Menyusun kerangka teks/karangan
5. Mengembangkan kerangka menjadi teks diskusi
6. Merivisi/menyunting teks diskusi


 

 


2 komentar:

  1. Terimakasih Bu Dilla penyajian Materi Teks Diskusi utk kelas IX. Materi yg bagus terurai dg penjesann yg mudah dipahami.

    BalasHapus
  2. Ditunggu materi berikutnya . Bab selanjutnya.

    BalasHapus