Breaking News

Ada Apa dengan Bung Hatta?

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak


Ada apa dengan Bung Hatta? Ternyata nama Hatta kembali didengungkan dan dibicarakan selama tiga hari ini. Dimana? Ya Di Perpustakaan Bung Hatta. Di mana? Di sebelah kantor wali kota Bukittinggi lah. Ada apa ya di sana ? Kuy, kita cari tahu 😍

Wah, ternyata Workshop Penulisan Opini ke-Bung Hatta-an kembali digelar oleh UPT Perpustakaan Bung Hatta pada 27-29 Februari 2024. Peserta adalah mereka yang terseleksi mengirimkan tulisan tentang Bung Hatta ke panitia, dan tersaringlah 75 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Sumatra Barat.  

Para peserta pun berasal dari berbagai lintas profesi. Mulai dari guru, dosen, kepala sekolah, penggiat literasi, pustakawan dan juga siswa. Pada kegiatan workshop ini pun menghadirkan nara sumber hebat yang membahas tentang sosok proklamator Indonesia ini. 



Pada hari pertama nara sumber berasal dari UIN Syekh Jamil Jambek Bukittinggi  yaitu Ibu Prof. DR. Silfia Hanani, M.Si. seorang guru besar yang intens dalam menulis dan juga meneliti. Beliau memulai pemaparan materi dengan motivasi dan menyampaikan manfaat dalam menulis.  

"Harimau mati meninggalkan belang, Manusia mati meninggalkan tulisan" itulah kalimat motivasi pertama yang disampaikan oleh Ibu Silfia, jadi manusia mati tidak lagi meninggalkan nama, tapi meninggalkan tulisan. Begitu banyaknya manfaat dari kita Menulis,  bisa menjadi amal jariah dan bermanfaat bagi banyak orang. Tulisan adalah salah satu bukti peradaban, jadi 10 sampai 20 tahun kemudian orang akan membaca terus tulisan kita dan akan dijadikan rujukan di masa depan. Selagi tulisan kita dibaca maka akan terus mengalirlah pahala bagi penulisnya. 


Kegiatan workshop ini akan berlanjut sampai dua hari kemudian dengan nara sumber di hari kedua yaitu ibu Annisa Hairunnisa CEO of Bitread Digital Publishing. Di hari ketiga nara sumbernya adalah Muhammad Subhan,  seorang penggiat literasi dan penulis dari Padang Panjang dan Mas Edi wiyono Pimpinan Redaksi Perpusnas Press Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 

Di akhir kegiatan semua peserta akan menulis sebuah artikel tentang ke -Bung Hatta-an dan diterbitkan oleh Perpusnas Press. Sangat banyak manfaat dari kegiatan ini, menambah ilmu dalam kepenulisan dan juga bisa bersilaturahmi dan bertemu dengan peserta hebat dari seluruh daerah. 
Semangat UPT Perpustakaan Bung Hatta dan terus menggelar kegiatan ini setiap tahun. ❤️ 



2 komentar: