Cantik dengan Air Wuduk



CANTIK DENGAN AIR WUDHUK




‘Salat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. (Qs. Al ankabut : 45)’

Penggalan ayat Alquran diatas sangat akrab kita dengar. Bagi umat Islam, shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dan tidak bisa ditinggalkan. Karena dengan mendirikan shalat kita akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar dalam hidup kita. Amalan yang pertama sekali dihisap pun di alam kubur adalah amalan tentang shalat.  Maka dari itu, tidak ada satupun alasan bagi umat Islam untuk tidak mendirikan shalat.
Seiring dengan pelaksanaan shalat hal paling penting yang tidak bisa ditinggalkan adalah berwudhuk. Wudhuk merupakan suatau kegiatan yang dilaksanakan sebelum melaksanakan shalat, dengan tujuan untuk menyucikan diri dari hadast besar maupun kecil. Menurut ahli kecantikan, ternyata air wudhuk dapat memberikan manfaat bagi wajah. Dengan air wudhuk akan membuat wajah tampak  lebih cantik dan cerah, karena dengan rajin berwudhuk  kulit senantiasa akan terjaga kelembapannya. Benarkah hal itu?
Tampil cantik memang dambaan setiap wanita. Banyak wanita yang mau melakukan apa saja agar wajahnya terlihat cantik. Tidak bisa dipungkiri bahwa wajah menjadi perhatian utama dalam menilai kecantikan seseorang. Banyak orang berlomba-lomba memakai pembersih dari merek terkenal dan mahal untuk kebersihan wajahnya. Berjuta-juta produk kecantikan dibuat dari berbagai bahan, dari bahan kimia, mutiara sampai emas. Tentu saja untuk membuat wajah tampak putih, bersinar dan awet muda. Banyak jenis produk kecantikan yang dikeluarkan dan diiklankan dimana-mana, sehingga mengundang daya tarik yang luar biasa bagi wanita. Mereka berbondong-bondong membeli produk kecantikan tersebut tanpa memikirkan efek samping yang ditimbulkan dari produk tersebut. Padahal produk yang dipakai itu hanyalah bersifat sementara.
Bagi kita umat Islam sebenarnya itu semua tidak perlu dilakukan. Karena agama kita telah memberikan suatu perawatan yang sangat mujarab dan tidak akan menimbulkan efek samping yaitu dengan berwudhuk. Agar wajah selalu terlihat cantik, segar, berseri dan cantik alami basuhlah wajah dengan air wudhuk lima kali sehari. Ketika seseorang berwudhuk, mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim sambil mencuci kedua belah telapak tangan, Air wudhuk akan berubah menjadi butiran-butiran mutiara alami yang sangat indah. Sehingga saat membasuh wajah butiran-butiran mutiara pada air wudhuk akan membersihkan debu yang menempel pada kulit wajah dan mengangkat kotoran disetiap pori-pori.
Menurut pakar kecantikan, dr. Ria Andriani, “Setiap hari, kulit ada yang mati dan tumbuh. Nah dengan berwudhuk, kulit yang mati bisa terangkat. Meskipun wajah yang berjerawat ataupun kering, kharisma air wudhuk yang sering dibasuhkan ke wajah akan membuat wajah mempunyai daya pancar tersendiri.” Ujarnya. Dengan berwuduk setiap akan shalat lima waktu. Berarti dalam sehari lima kali kita telah membersihkan muka, ini merupakan dasar yang paling penting untuk menjaga kecantikan wajah. Menjaga kebersihan merupakan dasar bagi perawatan wajah karena wajah yang bersih pasti akan terhindar dari masalah.
Masalah-masalah yang sering terjadi pada wajah adalah jerawat, kulit kering, kulit keriput, dan kulit bersisik. Wajah berjerawat biasanya disebabkan karena kulit wajah yang kotor. Kulit berminyak lebih cenderung berjerawat karena kelenjer minyaknya lebih aktif dari pada kulit keringatau normal. Pori-pori membesar yang membuat debu mudah sekali masuk hingga menimbulkan jerawat. Faktor makanan juga bisa menyebankan timbulnya jerawat.
Dalam mengobati jerawat sebenarnya tidaklah sulit. Pertama bila penyebabnya dari luar maka jangan malas untuk selalu membersihkan wajah. Salah satu caranya adalah dengan berwudhuk lima kali sehari, asal dilakukan denan benar, wajah akan selalu senantiasa bersih. Kedua, jika penyebabnya karena makanan, maka makanan yang dimakan harus dijaga. Jangan makan makanan yang banyak mengandung lemak agar jerawat tidak tumbuh dengan subur.
Masalah lain yang juga sering meresahkan kita adalah kulit keriput. Secara alami semakin tua usia seseorang, maka kulitnya akan berkeriput. Terutama pada wajah, penyebabnya adalah karena kulit kering dan kurangnya kadar air pada wajah. Selain itu, sinar matahari langsung juga mempunyai pengaruh besar terhadap terjadinya proses kulit yang keriput. Daya tahan kulit dan kadar air akan berkurang karena panas matahari sehingga menyebabkan kelembapan kulit berkurang dan menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput
 Stres juga bisa menyebabkan kulit cepat menjadi keriput. Pikiran yang kalut dan capek akan membuat guratan pada muka. Untuk menghindari stres ini kita harus mendekatkan diri kepada Allah dengan cara mendirikan shalat lima kali sehari semalam. Karena melaksanakan shalat juga tidak akan terlepas dari rutinitas berwudhuk, dengan demikian sangat banyak manfaat yang dapat kita rasakan dengan berwudhuk. Selain pikiran kita menjadi tenang dengan mendirikan shalat, kulit kitapun terjaga kelembapannya. Jadi, senantiasa dirikan shalat dan jaga kecantikan kulit kita selalu ya!!

6 comments:

  1. MasyaAllah, begitu luar biasanya manfaat dari berwudhu.. Terimakasih ilmunya cikgu...

    ReplyDelete
  2. Waah,informatif sekali buk dila.. Abis wudhu bawaannya pngn ngaca dan ngerasa cantik aja πŸ˜‚

    ReplyDelete
  3. Ga guna rajin makai skincare kalau ga rajin wudhu. Hiya hiya hiya.

    ReplyDelete
  4. Betul...
    Air wudhu bagus sebagai pemutih wajah

    ReplyDelete