Peluncuran Edisi ke-13 Majalah Sekolah Beraksi SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi





 Majalah sekolah Beraksi, edisi ke-13 kembali diluncurkan  oleh Tim Jurnalistik SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi.  Majalah sekolah ini mulai diterbitkan sejak tahun 2014 di generasi ke-8. Jauh sebelum gerakan Literasi  Nasional  di gadang-gadang oleh pemerintah di tahun 2016. Jadi, cocoklah kalau kami pakai moto Semen Padang yaitu, Kami sudah berbuat sebelum yang lain memikirkan🙂. 
Tujuan majalah ini dbuat awalnya karena tidak tertampung lagi karya siswa di mading, yang terbatas ruang. Maka di rancanglah buletin, awalnya. Tetapi, begitu semangatnya para siswa mencari berita dan menulis, edisi perdana kami terbit sebanyak delapan halaman. Sejak saat itu, dibentuklah tim Jurnalistik Al Ishlah, dan terus menerbitkan majalah ini sesuai dengan waktunya. Mereka menulis dan berkarya di sela sela kesibukan belajar yang full day. 
Majalah sekolah ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, mulai dari awal nya di print warna, di cetak satu warna, dua warna dan sampai full color, sampai saat sekarang ini. Majalah ini juga sudah ber - ISSN sejak edisi ke-11, dengan nomor ISSN 2656-5900. ISSN pada majalah sma dengan ISBN pada buku, sebuah pengakuan internasiona sebuah media yang punya nomor identifikasi pribadi yang tidak dimiliki  oleh media yang sama di seluruh dunia. Majalah Beraksi Adalah satu-satunya majalah sekolah yang sudah ber-ISSN se-sumbar untuk tingkat SMP. Majalah sekolah ini menyajikan berita seputar kegiatan sekolah dan luar  sekolah. Liputan yang dilakukan layaknya seperti wartawan di lapangan. Inipun bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam menggali potensi diri dalam dunia jurnalistik, dan dunia tulis menulis. Diharapkan dengan adanya simulasi dunia jurnalistik di sekolah, bisa melahirkan wartawan dan penulis handal di masa depan. 

2 comments:

  1. Seandainya sekolahku dulu ada tim jurnalisnya, pasti keren juga 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😊😁 sekarang kan juga bisa jd jurnalis san😊 dan suatu saat akan jd pembina dan pendiri nya dsekolah.

      Delete