Abad 21 adalah Dunia Teks



Sekarang ini kita hidup di abad 21, lebih sering disebut dengan zaman revolusi 4.0. Yah, sangat banyak perubahan yang terjadi  di abad ini.  Kehidupan sekarang sudah berbasis digital.  Serba internet. Kehidupan manusia mulai dimudahkan  dengan berbagai teknologi  dan aplikasi digital yang berkembang dengan pesat. 
Tidak bisa  dipungkiri, dengan zaman ini sudah banyak terbuka lowongan pekerjaan, banyak mengubah cara dan pola kehidupan manusia. Dan pastinya banyak pekerjaan yang juga mulai hilang.  Sebut saja salah satunya, pak pos. Kini, jasa pos sudah beralih fungsi,  yang pada tahun 70 s.d. 90-an, jasa pos sangat dinanti dan dibanggakan. Kini semua sudah mulai berubah.  Tidak ada lagi koresponden melalui surat, yang ada melalui telepon pintar yang bisa membawa setiap pemegangnya  menjelajahi  dunia, kemana mereka suka. Di era digital ini, apapun pesan yang masuk melalui teks. Apakah itu; wa, fb, ig, telegram, dan banyak aplikasi lainnya yang semua menggunakan teks. 


Di dunia pendidikan pun, semua juga berubah. Salah satunya dengan adanya perubahan kurikulum. Kurikulum selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman, sekarang adalah zaman milenial, kurikulum pun sudah berubah dari KTSP, kurikulum 2013, dan sekarang menjadi kurikulum 2013 edisi revisi. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sekarang ini materinya berbasis teks. Sesuai dengam moto kurikulum 2013 bahwa, Bahasa  Indonesia adalah Pembawa dan Penghela Pengetahuan, jadi tidak akan jalan sebuah ilmu jika seseorang tidah paham dengan bahasa yang digunakan. Baik dalam pembelajaran dan dalam kehidupan sehari hari.


Apa saja Teks yang harus dikuasai oleh siswa pada tingkat SMP pada pelajaran Bahasa Indoensia? Akan kita bahas berikut ini:
  1.  Teks Deskripsi : Teks yang menggambarkan sesuatu objek secara detail dan jelas. Sehingga pembaca seolah-olah melihat apa yang dijelaskan dalam teks tersebut 
  2. Teks Observasi : Yaitu teks yang dibuat berdasarkan pengamatan yang dilakukan. 
  3.  Teks Prosedur : yaitu Teks yang menyampaikan langka-langkah melakukan atau membuat sesuatu. 
  4. Teks Eksposisi yaitu: Teks yang memaparkan suatu hal secara jelas, sesuai dengan fakta dan data yang ada
  5. Teks Eksplanasi yaitu : Teks yang menyamapaikan proses terjadinya suatu peristiwa 
  6. Teks Ulasan yaitu: Teks yang mengulas atau menimbang kelemahan dan keunggulan sebuah buku. sering juga disebut dengan resensi 
  7. Tekss laporan Percobaan  yaitu: Teks yang melaporkan percobaan 
  8. teks DIskusi yaitu: Teks yang berisikan argumen pro dan kontra dalam menyikapi suatu permasalahan.
Masih banyak teks yang harus dikuasai dalam kurikulum  ini. Pastinya, semua itu sudah digunakan  dan dikuasai oleh pengguna dunia digital.  Tinggal kita memulai dan memilah teks yang akan kita gunakan. 

5 comments:

  1. Replies
    1. Alhamdulillah, nulis nya pas kamu udah ngasih tahu deadline nya BW kim. klo gak, kdg dah lupa aja update artikel 🤭😁

      Delete
  2. Bagus..!! Semoga semakin pintar dan semakin cemerlang pemikirannya ...!

    ReplyDelete
  3. Bagus.!semoga lebih sukses dan semakin cemerlang pemikirannya...!

    ReplyDelete