Hikmah Virus Corona


Sangat mudah bagi Allah membalik dan mengatur semuanya. Hanya dengan satu mahluk yang tak terlihat semua kehidupan manusia di seluruh dunia bisa lumpuh. Hampir semua negara mengeluarkan maklumat lebih banyak berdiam diri di rumah, dan kurangi berinteraksi dengan lingkungan luar.  Baik berjabat tangan, dan berinteraksi lainnya.  
Apa hikmah dari semua ini? Bagi keluarga yang biasanya sibuk. Sekarang bisa berinteraksi dan saling menyapa di dalam keluarga. Dengan adanya virus ini, sesama keluarga semakin erat berinteraksi didalam rumah. Biasanya karena kesibukan ayah dan anak hanya bertemu sesat saja menjelang berangkat kerja dan sekolah, sekarang lebih banyak waktu untuk ngobrol dan berbincang. Biasanya tidak ada beribadah bersama, dengan adanya pandemi ini, bisa beribadah bersama dan bisa saling bercerita. 
Pandemi covic 19 ini bisa mengubah pola kehidupan manusia secara keseluruhan. Di seluruh pelosok dunia. Bahkan di mekkah sekalipun manusia bisa berhenti tawaf karen adanya pandemi ini. Kenapa, karena pemerintah Arab Saudi memberlakukan stop mengnjungi negaranya karena banyaknya manusia yang terjangkit virus ini. 
Apa yang bisa kita lakukan sebagai pendidik? Harus bisa memberikan pendidikan dan literasi kesehatan bagi para siswa. Memberikan pengetahuan bahwa semua penyakit dan virus itu berasal dari allah, jadi hanya kepada-Nyalah kita bisa berserah diri dan meminta perlindungan. Bisa memberikan pengetahuan pola hidup sehat kepada siswa. Mencuci tangan setiap selesai beraktivitas dengan sabun. Memakai masker, tidak perlu berjabat tangan dengan teman teman termasuk guru. Bagi siswa yang sakit, diizinkan untuk beristirahat di rumah saja tanpa dipersulit, dan mengurangi kegiatan yang dilakukan bersama. Karena virus ini bisa menukar melaui batuk, kontak tangan ataupun tempelan bekas tangan di suatu tempat. 
#gurumelekliterasi

2 comments:

  1. Ini membuat kita selalu optimis, mengambil hikmah dari setiap kejadian

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bg. insyaallah selalu ada hikmah disetiap kejadian

      Delete