Merdeka Belajar


Sekarang ini mentri pendidikan Nadin Makarim mencanangkan merdeka belajar bagi semua guru. Dengan ini diharapkan bisa menghasilkan kualitas belajar bagi semua siswa disekolah.  Guru tidak lagi dibebankan dengan administrasi yang banyak. Salah satunya adalah pembuatan RPP. Sekarang, guru tidak dibebankan lagi dengan lembaran lembaran RPP yang banyak. Untuk RPP cukup satu lembar saja,  karena pada praktiknya,  apa yang tertulis di RPP, belum tentu semua dilaksanakan. Jadi dalam RPP, cukup beberapa komponen pokok saja, yang mencakup untuk  semua kriteria kelengkapan RPP. Dalam RPP harus ada Identitas, KI, KD, kegiatan pembelajaran, dan Evaluasi pembelajaran. Sementara apa yang ada dalam kegiatan pembelajaran, masing masing guru akan melaksanakan sesuai dengan kebutuhan kelasnya. Jadi tidak akan sama bagi setiap guru dan di masing masing sekolah. 
Kabar baiknya lagi dengan pencanangan merdeka belajar ini oleh Mas Nadiem,  bisa membuat keleluasaan guru untuk berkreativitas dengan anak didiknya. Diharapkan dengan program ini guru bisa bebas memberikan keterampilan yang dapat melatih kemampuan dan bakat para siswa. Sehingga  selain menambah wawasan para siswa dengan menguasai semua ilmu pengetahuan dengam mengasah kognitifnya. Siswa juga dilatih untuk terampil di segala bidang. Dengan mengutamakan skil atau keterampilannya. 

Namun tidak bisa kita pungkiri, apapun keputusan yang diambil,  akan selalu menimbulkan polemik,  atau pro dan kontra. Terlepas dari itu semua kita harus bisa membuka mata dan mengubah mind set  bahwa apapun perubahan yang dilakukan, bertujuan untuk kebaikan sistem pendidikan kita ke depannya. Untuk menjadikan Sumber Daya Manusia Indonesia yang berkompeten  disegala bidang 😊💖

0 comments:

Post a comment