Remaja  dan Permasalahannya 
Oleh Dilla, S.Pd.
Guru SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi 

Remaja adalah masa transisi antara anak anak menuju dewasa. Masa ini adalah masa yang sangat menentukan akan kehidupan manusia dewasa ke depannya. Perilaku seorang remaja terdiri dari beberapa tahap diantaranya perilaku kognitif, sosioemosional dan seksual. Perilaku kognitif adalah perilaku yang ditandai dengan pola pikir dari remaja itu sendiri. Sementara perilaku  sosioemosional adalah tindakan yang berkaitan dengan emosi dan juga bagaimana cara remaja itu berinteraksi dengan kehidupan sosilanya tersebut. Perilaku seksual adalah suatu tindakan yang  berkaitan dengan cara bagaimana remaja itu menjalin suatu hubungan dengan lawan jenisnya atau sering disebut pacaran. Hal semacam ini akan dirasakan oleh para remaja pada masa puber.
Kebanyakan remaja sekarang juga tidak peduli dengan kebersihan alias jorok. Mereka tidak peduli dengan kebersihan diri dan lingkungan sendiri. Jangankan membantu mencuci piring dan mencuci baju sendiri. Untuk mandi pun kadang mereka malas. Remaja sekarang sudah serba instan mau enak dan praktis saja. Karena hampir semua kebutuhannya dilayani dan tau beres. 
Kenapa bisa begitu, karena perlakuan dan pola asuh orangtua akan sangat berpengaruh. Jika anak sudah biasa dilayani maka akan munculah sifat sifat yang di atas. Manja, tidak peduli, mau tau beres saja tanpa berusaha untuk mendapatkan sesuatu dengan tangan sendiri. 
Kebanyakan orang tua sekarang banyak menuntut anak belajar dan belajar. Mereka harus les ini les itu dan semua difasilitasi dan tau beres saja. 

#gurumelekliterasi
#ggdn


0 comments:

Post a comment