TEKS PIDATO PERSUASIF

Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

Gantungkan cita-cit mu setinggi langit. Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, Engkau akan jatuh di antara bintang-bintang

Presiden Soekarno

 

TEKS PIDATO PERSUASIF

 MATERI       : BAHASA Indonesia

KELAS          : IX

 

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato Persuasif merupakan suatu kegiatan dalam penyampaian pendapat, ide, atau gagasan melalui sebuah pembicaraan di depan umum dengan tujuan untuk mengajak serta mempengaruhi para pendengar agar mereka mau mengikuti ajakan si pembicara.

Maka dari itu, orang yang sedang melakukan pidato harus menunjukkan pendapat serta pandanganya secara menarik dan disertai dengan bukti-bukti yang sangat kuat.

Sebuah alasan yang akan disampaikan dalam pidato tersebut harus bersifat logis atau sesuai dengan nalar dari para pendengarnya.

Pidato jenis ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menghimbau para masyarakat untuk melakukan sesuatu hal yang bermanfaat bagi kehidupan, kesehatan, dan lain sebagainya.

contoh pidato persuasif 

1.Pidato kenegaraan

2. Pidato sambutan

3.Pidato peresmian

4.Pidato laporan

5.Pidato kampanye

Struktur Pidato Persuasif

Struktur yang terdapat pada pidato ini hampir sama dengan pidato-pidato pada umumnya, yaitu meliputi :

1.      Salam pembukaan yang terletak di awal pidato.

2.    Pendahuluan – pada bagian ini sebaiknya kita utarakan tentang gambaran dari isi pidato tersebut secara singkat.

3.    Isi Pidato – Berikan penjelasan tentang apa maksud dan tujuan kita melakukan pidato tersebut, baik itu berupa rencana, sasaran dan semua yang ingin dicapai dari isi pidato tersebut.

Ciri Kebahasan Pidato Persuasif

Sebagai pidato yang digunakan dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah pendapat dan pesan yang berupa himbauan serta ajakan, pidato ini perlu mengunakan beberapa ciri kebahasaan, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Kalimat aktif, merupakan sebuah kalimat yang memiliki subjek aktif dalam melakukan kegiatan atau aktivitas tertentu.
    Contohnya : Masyarakat yang tinggal di kampung kami memiliki jiwa semangat kebersamaan yang kuat saat melakukan kegiatan apapun seperti gotong royong.
  • Kosakata emotif, merupakan sebuah kosakata yang berhubungan dengan perasaan yang bisa membuat para pendengar tersentuh.
  • Kata tugas, merupakan salah satu jenis kelompok kata dalam sebuah tata bahasa Indonesia yang terdiri dari kata depan, kata sambung, kata sandang, dan juga kata seru.
  • Kosakata bidang ilmu (istilah) merupakan sebuah kosakata yang sangat sering digunakan di dalam bidang keilmuan.
  • Sinonim, adalah bentuk persamaan atau padanan dari makna kata yang diucapkan.
  • Kata benda abstrak, merupakan sebuah kata benda yang tidak ada wujudnya atau sebuah benda yang tidak bisa dilihat oleh mata.

Pidato Persuasif merupakan jenis pidato yang bersifat?

Pidato Persuasif merupakan salah satu jenis pidato yang bersifat menghimbau atau mengajak seseorang untuk melakukan hal-hal bermanfaat.

Tujuan dari Pidato Persuasif adalah?

Agar para pendengar dapat menyetujui atau meyakini tentang apa yang disampaikan dan dapat melakukan sebuah tindakan tertentu.

Apa fungsi dari Pidato Persuasif?

Persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk mempengaruhi pendengar dengan membujuk agar mau melakukan hal baik.

langkah-langkah mengidentifikasi pesan pidato persuasif. 

 1.Membaca atau mendengarkan             pidato persuasif dengan   seksama

2.   Mencatat informasi penting dalam pidato persuasive yang dibaca atau di dengarkan
3.   Menyimpulkan pesan dari  informasi penting dalam pidato persuasif yang dibaca atau didengar

Ciri-ciri kebahasaan teks pidato persuatif, antara lain :

1.   Kalimat aktif

2.   Kata tugas

3.   Kosakata emotif

4.   Kosakata bidang ilmu atau istilah

5.   Sinonim

6.   Kata benda abstrak

Pembahasan  

Penjelasan dari ciri-ciri kebahasaan teks pidato persuatif :

·         1. Kalimat aktif ialah kalimat yang subjeknya aktif melakukan kegiatan atau aktivitas

·         2. Kata tugas ialah sejenis kategori kata dalam tata bahasa Indonesia dan terdiri atas kata depan, kata sambung, kata sandang, dan kata seru.

·         3. Kosakata emotif ialah kosakata yang ada hubungannya dengan emosi atau perasaan yang dapat membuat pendengar tersentuh emosinya ketika menyimak atau membaca.

·         4. Kosakata bidang ilmu atau istilah ialah kosakata yang sering digunakan dalam bidang keilmuan.

·        5.  Sinonim ialah persamaan kata atau padanan makna dari kata.

·         6. Kata benda abstrak ialah kata yang menyatakan benda yang memiliki sifat abstrak atau tanpa wujud karena tidak dapat ditangkap oleh pancaindra.

 Contoh Pidato Persuasif : Cara Meminimalisir Dampak Negatif dari Globalisasi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Kepala SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi
Yang saya hormati Ustad/Ustazah,
Serta seluruh teman -teman yang seperjuangan dengan saya.

Pertama – tama, mari lah kita ucapkan puji dan syukur kita kepada Tuhan YME, atas berkat dan rahmat-Nya lah sehingga kita dapat berkumpul pada pagi hari yang berbahagia ini dalam rangka Upacara Bendera setiap hari Senin.

Pada kesempatan yang mulia ini, saya akan mengajak kita semua untuk merenungkan kembali tentang globalisasi serta dampaknya bagi kehidupan kita semua. Globalisasi itu sendiri berasal dari satu kata yaitu “global” yang berarti keseluruhan.

Globalisasi juga dapat diartikan sebagai sebuah proses dalam penyebaran hal-hal baru yang ada didalam kehidupan kita, yang mencakup informasi yang berasal dari seluruh dunia dan kemudian disebarkan melalui media cetak maupun elektronik.

Jika, berbicara mengenai Globalisasi, maka hal tersebut memiliki pengaruh di berbagai sudut dari kehidupan kita. Baik itu didalam bidang Transportasi, Komunikasi, Pendidikan, Olahraga, bahkan hingga ke kuliner.

Kita semua sebagai warga yang baik terutama para pelajar harus bisa menyikapi dampak dari Globalisasi ini dengan hanya menerima manfaat yang baiknya saja lalu meninggalkan efek buruknya. Karena dengan cara itu lah budaya yang berasal dari mana saja yang masuk di Indonesia dapat difilter dengan baik.

Semoga apa yang sudah saya sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sedikit dari harapan terakhir bagi kita bersama, sebagai bangsa Indonesia yang satu, semoga pengaruh dari globalisasi tidak merusak keutuhan bangsa. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr Wb.

0 comments:

Post a comment