Alternatif Liburan yang Alami dan Menyenangkan





Awal tahun selalu identik dengan masa liburan. Sesuai dengan kalender pendidikan bulan januari adalah awal semester 2, jadi ada masa liburan semester yang bertepatan dengan tahun baru masehi. Jadi masa liburan ini pasti dimanfaat oleh semua orang untuk merefresh otak setelah lelah bekerja menjalankan rutinitas setiap harinya. 
Ditambah lagi Sejak pandemi menyapa dunia Sejak dua tahun yang lalu, sekarang semua orang mulai keluar untuk liburan, setelah lama terkurung di rumah karena pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai nama dan level yang dicanangkan. Kemana saja tempat liburan yang dituju, asalkan berangkat dan keluar dari rumah hampir semua tempat disinggahi. Ada liburan ke tempat wisata yang dekat, dan banyak juga yang melakukan perjalanan jauh ke luar kota, provinsi bahkan ke luar negeri.  


Dalam beberapa hari ini, berdasarkan pantauan yang telah dilakukan, semua ruas jalan antarkota antarprovinsi terdeteksi merayap macet. Banyak mobil pribadi, bahkan mobil pariwisata yang menengah bahkan yang paling besar  berjalan merayap di sepanjang jalan lintas Sumatra. 
Sangat banyak alternatif tempat wisata yang bisa dituju,  dari yang dalam ruang, pusat perbelanjaan, kolam berenang,  bahkan taman-taman berbentuk kafe yang menyajikan spot-spot berselfie atau berfoto yang menarik.  Salah satu tempat wisata yang belum banyak orang tahu terdapat di kota Padang. 

Ketika berjalan - jalan ke kampus UNAND,  dan menyusuri setiap fakultas yang ada, sebagai motivasi bagi anak-anak untuk giat belajar, di dekat Poli teknik Negeri Padang kami lanjut menyusuri jalan ke atas,  dan di sana terdapat sebuah surau batu, yang semuanya terbuat dari batu air yang disusun dengan semen. Surau kecil yang terdapat di atas bukit yang paling tinggi di bagian itu, berdiri dengan sangat memesona, rugi rasanya jika tidak menyempatkan untuk sholat di sana. 



Beberapa mahasiswa dan pengunjung nampak sedang diskusi di dalam dan di teras surau. Setelah menyusuri surau kecil nan cantik itu, perjalanan kami lanjutkan terus ke atas. Pemandangan yang awalnya hanya hutan di kiri dan kanan, di bagian ke bawahnya kami disuguhi dengan Pemandangan yang sangat memesona.  Ternyata di batang air sana, ada sebuah bendungan yang sangat besar, dan airnya jernih berwarna biru. Ada jembatan juga yang menambah indah suasana alam yang masih asri dan alami. 
Aktivitas orang di sana yang tampak hanyalah para penambang batu air yang memuat dan membawa batu-batu kecil untuk bangunan. Air yang mengalir dengan deras dan jernih itu sangat sejuk dan bersih.  Banyak pipa-pipa besar yang terhubung dari sumber air di sana. Suasana yang lebih menakjubkan lagi adalah adanya 7 pintu air bendungan yang mengalirkan air dengan sangat jernih. Di bawahnya dengan batang air yang mengalirkan airnya di antara batu batu kerikil besar dan kecil. Di sanalah para pengunjung bisa mandi-mandi dan berenang. Karena ada bagian kolam dalam yang dibuat  langsung di bawah bendungan.  

Ada beberapa bendungan yang di buat oleh pihak kampus di sana, sebagai sumber air yang disalurkan untuk kebutuhan semua jurusan dan juga warga sekitar. Karena letaknya yang jauh ke dalam, masih banyak orang-orang dari luar daerah yang belum tahu tempat ini. Terbukti hanya sedikit pengunjung yang mandi-mandi di sana. Kalau hari biasa bahkan tidak ada pengunjung palingan hanya para penambang batu air saja. 



Sebagai sebuah destinasi yang alami, sudah selayaknya pihak kampus atau yang berkepentingan bisa memviralkannya. Terbukti ketika di sebar di media sosial banyak orang yang penasaran dan tidak tahu dimana lokasinya. Kalau dikelola dengan baik, ini bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan,  sambil mengajarkan anak-anak untuk dekat dengam alam. Jika dijelajahi lagi, juga ada air terjun yang menambah indah lukisan alam ciptaan sang maha Agung.  Sudahkah alami, bersih dan sehat, karena air yang mengalir bersumber dari mata air pegunungan yang sangat jernih. 
Tempat ini sangatlah sejuk, bisa menjadi alternatif tempat liburan yang menyenangkan. Selain indah, sehat dan yang paling penting hemat, karena tidak ada tarif dan uang masuk untuk mandi dan berenang di sana. Ada ketenangan yang tercipta di sekitar itu, alunan angin nan sejuak diselingi bunyi aliran air sungai yang mengalir deras, menambah syahdu suasana berliburan dengan keluarga tercinta. Di sekitar tempat itu hanya ada satu kedai minuman yang dikelola warga setempat untuk para penambang batu. Jadi kalau ke sana jangan lupa membawa makanan, karena tidak ada pilihan orang yang berjualan di sana. 


Selamat menikmati liburan, manfaatkan waktu libur ini untuk bisa berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga tercinta. Karena efek liburan ini akan menambah semangat dalam bekerja. Bagi anak anak akan menambah fokus dan konsentrasinya dalam belajar. Dimanapun tempat liburan nya yang penting adalah quality time yang tercipta di antara semua anggota keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar