Breaking News

Gasani Spesialish Sukses Digelar


Gasani Spesialish tingkat Sumatra Barat, sukses di Gelar oleh OSIS SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi

GASANI SPESIALISH yaitu Gebyar Alquran Sain dan Seni SMP Islam Al-Ishlah, tingkat SD se-Sumatra Barat. Acara ini sukses dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2022. Kegiatan Gasani tahun ini mengangkat tema, Melalui Gasani Spesialish 2022 kita tingkatkan ukhuwah antar pelajar SD se- Sumatera Barat. Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk melatih para siswa dalam berorganisasi, dan memupuk rasa tanggung jawab dan juga menjalin tali silaturahmi antarpelajar SD se-Sumatra Barat dan sekaligus mempromosikan yayasan pendidikan Islam Al Ishlah Bukittinggi ke seluruh penjuru Sumtra Barat. Ujar Busyra, S.Pd. selaku Kepala sekolah SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi.


Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bapak Walikota Bukittinggi yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bukittinggi,  karena Beliau berhalangan hadir, disebabkan ada Kegiatan lain di kota Padang. Bapak Melfi, M.Si  dalam sambutannya, menyampaikan rasa bangga dan sangat mengapresiasi Kegiatan OSIS SMP Al-Ishlah yang sudah mampu mengangkat acara besar ini dan dikelola secara profesional. Kegiatan ini adalah salah satu wujud mendukung program merdeka belajar dengan menggali semua potensi siswa di bidangnya masing-masing, serta memfasilitasi siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya.  Ujar Beliau dalam sambutan dan sekaligus membuka kegiatan Gasani secara resmi.


Gasani 2022 ini mengusung empat cabang lomba yang di peruntukkan bagi Siswa SD/MI kelas 4, 5 dan 6.  Adapun cabang lomba yang diadakan adalah; Lomba Baca Puisi, lomba MHQ (Musabaqah Hifzil Quran), MTQ ( Musabaqah Tilawatil Quran), dan Lomba KSN untuk bidang studi IPA, IPS dan Matematika. Semua juri setiap cabang lomba adalah mereka yang berkompempeten di bidangnya masing-masing. Semua peserta sangat antusias mengikuti semua cabang lomba yang diadakan, terbukti dengan banyaknya peserta yang mendaftar, untuk cabang lomba puisi diikuti oleh 31 orang peserta,  MHQ 30 orang, MTQ 25 orang dan KSN lebih kurang 100 orang.


Peserta yang mendafta berasal dari hampir semua sekolah SD se - Bukittinggi,  dari Padang Panjang, Batu Sangkar, Payakumbuh, Kota Padang dan Kabupaten Agam. Begitu antusias nya para peserta bahkan ada yang mendaftarkan diri lebih dari kuota yang diminta. Namun panitia tidak bisa meloloskan karena keterbatasan waktu dan juga persyaratan.

Kegiatan pembukaan Gasani ini diadakan di lapangan sekolah, dan diikuti oleh semua tamu undangan,  peserta dan guru pendamping dari setiap sekolah. Dalam rangkaian acara pembukaan juga ditampilkan pentas seni dari siswa siswi SMP Islam Al-Ishlah berupa tari Galombang dari siswa kelas VII dan VIII, pembacaan Puisi oleh Rajwa Alya, yang juga pemenang lomba baca Puisi tingkat Sumatera Barat. Parodi Literasi berupa drama singkat oleh siswa kelas IX, penampilan story telling oleh English Club SMP Islam Al-Ishlah dengan mengangkat judul Uwais Al Qarni, dan acara ditutup dengan penampilan Solo Song oleh Gilang Gemilang Ramadhan dari kelas IX. Gilang menyanyikan lagu Rumah Kita yang dipopulerkan oleh Achmad Albar. Gilang membawakan lagu dengan pas sehingga membuat suasana menjadi  'pecah' dan semua penonton ikut bernyanyi. Semua penampilan seni disambut hangat oleh semua undangan dan peserta yang hadir.


Setelah acara pembukaan, Kegiatan langsung dimulai di masing-masing tempat cabang lomba. Ada empat tempat yang disediakan oleh panitia,  untuk lomba  baca puisi langsung di panggung utama di lapangan sekolah, cabang MHQ di aula lantai tiga, KSN dilaksanakan di kelas gedung sekolah lantai dua dan MTQ digelar di mushala lantai satu.
Gasani 2022 ini tidak dipungut biaya alias free insert,  semua dana murni dari sponsor dan juga dana  bos sekolah.

Hadiah yang disediakan oleh panitia juga sangat menarik. Untuk pemenang lomba diberikan tabanas,  tropi,  dan juga bingkisan. Juara satu mendapat tabanas 600.000,  juara dua 500.000, dan juara tiga 4000.000 untuk peserta harapan mendapatkan bingkisan dan juga tropi. Semua peserta lomba dan juga guru pendamping mendapatkan  sertifikat.
Gasani Spesialish 2022 ini berjalan sukses berkat keseriusan dari semua panitia dan juga kekompakan semua pengurus OSIS generasi 15 dan 16 SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. 


Kegiatan ini akan menjadi  agenda rutin yang akan diadakan setiap tahun oleh OSIS SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi, ujar Fitryani, S.Pdi. selaku pembina OSIS. Semoga dengan adanya kegiatan Gasani ini, menjadikan SMP Islam Al-Ishlah semakin jaya dan dikenal oleh semua orang di Sumatera Barat, dan bisa mendidik semua pengurus OSIS belajar berorganisasi yang sesungguhnya dan juga belajar bertanggung jawab papar Beliau.










Tidak ada komentar