Pembukaan Super Kamp Tahfizd SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi


Rabu, 23 Maret 2022 dilaksanakan kegiatan pembukaan supercamp tahfiz SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak H. Marfendi Dt. Basa  Balimo, wakil wali kota Bukittinggi. Ternyata Buya Marfendi ini juga salah satu pionir dan pendiri Yayasan Pendidikan Islam Al Ishlah tahun 1987, ketika itu dirintis oleh remaja Masjid Raya Bukittinggi.  

Acara dimulai dengan hafalan Alquran yang disampaikan oleh M.Syauqi peserta supercamp,  yang sudah hafal 5 juz Alquran. Lalu dilanjutkan oleh Kepala sekolah yaitu Busyra, S.Pd. menyampaikan sambutan dan tujuan dilaksanakan nya supercamp tahfiz ini. Beliau mengungkapkan bahwa, supercamp tahfiz ini dilaksanakan untuk mengisi waktu ramadhan dengan Kegiatan yang positif  dengan menambah hafalan minimal 1 juz selama 4 hari. 

Kegiatan supercamp ini akan dilaksanakan di Hotel Campago Kelurahan Campago Guguak  Bulek pada tanggal 5 s.d. 8 April 2022. Mereka akan difasilitasi dengan menginap selama 4 hari 3 malam di hotel, dan fokus menghapal Alquran. 


Buya marfendi menjanjikan hadiah khusus bagi anak-anak yang mampu menghafal alquran lebih dari 1 juz. Dalam acara pembukaan ini, Beliau memberikan motivasi dan pesan-pesan kepada semua peserta dan juga undangan yang hadir. Banyak pesan dan petuah yang diberikan oleh Buya Marfendi saat itu. Papar Beliau; 

Ketika Allah senang dengan kita, maka Allah akan memberikan apa yang kita inginkan. Mungkin kita tidak tahu apa yang kita ingin, namun Allah maha tahu apa yang kita butuhkan. Alquran itu adalah salah satu bukti tanda cinta Allah pada kita,  makanya Allah akan mencintai orang orang yang menghafal surat cinta dari-Nya. Dengan cintanya Allah pada kita maka semua permintaan kita pastilah akan dikabulkan oleh Allah. Maka carilah kasih sayang Allah dengan cara mencintai dan menyayangi surat cintanya juga. Yaitu dengan menghafal Alquran. 



Secara ilmiah pun sudah dibuktikan mereka penghafal Alquran, pastilah cerdas. Maka karena itu sudah banyak universitas negeri di Indonesia memberikan beasiswa full bagi mereka yang hapal alquran. Bagi penghafal Alquran dengan ketentuan sekian juz, maka boleh memilih jurusan apa saja yang mereka minati. 

Ilmuwan hebat seperti Ibnu Sina sekalipun, sebelum dia menjadi orang hebat di ilmu kedokteran, dia sudah terlebih dahulu menghafal isi Alquran secara keseluruhan. Begitu agungnya Alquran, para ilmuwan besar baik yang muslim ataupun nonmuslim,  hampir semua merujuk penemuan dan ilmu yang dimilikinya dari Alquran. 

Selanjutnya lagi pesan Beliau kepada semua peserta,  "Pelajarilah Alquran secara mendalam, dan jadikanlah Alquran ini menjadi objek dan bagian dari hidup kita, maka insyaallah hidup kita akan diberkahi, apa itu berkah? Berkah itu adalah sedikit namun berlebih," ujar Beliau. 

Buya juga berpesan kepada setiap wali murid, usahakan di SMP ini, anak-anak kita bisa hafal 30 juz, karena di umur SMP inilah waktu yang paling pas untuk bisa menghafal Alquran, karena jiwa anak-anak masih bersih. Jika sudah SMA, maka akan susah lagi mengahapal karena masa pancaroba dan sudah banyak target dan pikiran di masa ini. Makanya maksimalkan menghafal dari waktu SMP ini. Bagi setiap keluarga minimal harus mempunyai satu anggota keluarga yang hafal Alquran, karena, melalui wasilah merekalah nanti anggota keluarga lainnya bisa menuju syurganya Allah." Papar Beliau secara panjang lebar. 


Banyak pesan dan motivasi yang diberikan oleh Buya Marfendi kepada semua yang hadir dalam pembukaan supercamp ini. Tidak hanya anak-anak yang termotivasi, namun semua guru dan juga wali murid yang hadir.  

Semoga supercamp ini bisa menjadi agenda rutin SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi untuk ke depannya. Ungkap Desmanita, A.Md selaku ketua pelaksana supercamp tahfiz di tahun 2022 ini, dan tentu juga ini menjadi harapan kita bersama,  agar semakin banyak penghapal Alquran di muka bumi Allah ini. Aamiin yra.

0 komentar:

Posting Komentar