Sifat Orang Beriman itu seperti Lebah


Di dalam Alquran, ada lima surat yang bercerita tentang binatang. Apa saja itu, diantaranya adalah, Albaqarah artinya sapi betina,  An namal artinya semut, Alfiil artinya gajah, Annahal artinya lebah dan Al ankabut artinya laba laba. Saat ini kita akan membahas tentang surat Annahal. 
Annahal artinya adalah lebah. Sifat lebah ini bisa kita ibaratnya seperti sifatnya orang-orang yang beriman kepada Allah. 

Apa sifat lebah yang pertama,  yaitu lebih suka berjamaah, atau berkumpul,  tidak ada lebah yang terbang sendiri, namun dia selalu bersama- sama. Sifat kedua lebah suka bekerja keras, tidak suka bermalas malasan, dia patuh kepada pemimpinnya yaitu ratu lebah. Lebah juga suka makan bersama, suka berbagi dan tidak suka sendiri. Apa yang ada dimakan bersama. 


Sifat lebah berikutnya adalah, jika dia hinggap dimana saja tidak akan merusak. Misalnya, hinggap di dahan atau ranting bunga, tidak ada ada satupun ranting atau tempat berpijaknya yang patah. Ini menggambarkan kalau orang beriman itu tidak pernah merusak atau mengganggu dimana saja dia berada. 
Sifat lebah yang lain adalah,  dia memakan sari bunga, dan mengeluarkan madu. Apa maksudnya? Lebah memakan yang baik dan juga mengeluarkan hal yang baik juga. Lebah membantu penyerbukan pada bunga dan dia mengeluarkan madu suatu hal yang sangat bermanfaat dan berguna bagi manusia. Layaknya orang beriman, memakan makanan halal, niscaya semua perbuatan dan juga kata-katanya juga akan keluar hal yang bermanfaat dan tidak menyakiti orang lain. 

Lebah pantang diganggu, kalau sudah diganggu pantang baginya untuk diam, pasti akan membalas. Terlihat di sini sifat lebah itu berwibawa. Satu lagi sifat lebah yang paling patut di tiru adalah, jika dia menggigit orang secara sendiri, atau bersalah maka dia akan menyendiri sampai dia mati. Apa maksudnya,  lebah jika berbuat salah, dia akan menyendiri dalam arti kata dia bertobat dan menyisihkan diri dari gerombolannya sampai dia menemukan ajalnya. Begitu jugalah baiknya orang yang beriman, jika dia berbuat dosa, sudah seharusnya dia bertobat sampai dia dipanggil oleh Allah swt.


Dari pemaparan di atas, itulah sifat lebah yang patut kita tiru sebagai orang yang beriman. Lebah adalah analogi kehidupan dan merupakan gambaran sifat orang beriman di antara kita. Apakah kita sudah memilki semua sifat lebah tersebut? Jika belum, mari kita benahi diri untuk selalu berusaha menyerupai Sifat lebah. Karena sejatinya kita orang mukmin ini pasti diberikan iman oleh Allah, tinggal bagaimana cara kita mengelola dan memanajemen hati untuk bisa selalu memilki sifat lebah ini. 
Semoga bermanfaat dan kita semua bisa copy paste sifat lebah ini dalam kehidupan kita sehari hari. 😉😘 


2 komentar:

  1. Balasan
    1. Mantap usahakan setiap ada kegiatan kita publish langsung ke blog bunda 😉😘

      Hapus