Terciptanya Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan

Penulis Efrina, S.Pd.I


Guru sangat berperan penting dalam dunia pendidikan, tugas guru diantaranya adalah mendidik, membimbing, mengayomi dan sebagai fasilitator

 Di Madrasah saya sebagai guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, VIII, IX MTs M Kota solok (Pesantren Tahfiz Al-qur'an Al-Mumtaz)  tidak menggunakan alat canggih, saat pembelajaran berlangsung karena anak kita di sini sistem boording scholl untuk proses pembelajarannya jadi anak santri tidak dibenarkan membawa hanphone di madrasah, namun bagaimana cara guru menciptakan pembelajaran aktif yang menyenangkan?

Mari disimak ya,
1.Dengan metode diskusi, tanya jawab, sebelum melaksanakan metode diskusi, guru memberikan bahan diskusi yang sudah dibagi menjadi 3 kelompok, dengan adanya diskusi dan tanya jawab para santri sangat antusias saat tampil di depan kelas

2. Dengan metode kisah, santri sangat lebih mengerti jika bisa membandingkan fakta dengan sekarang , dengan metode ini santri bisa memilah ini yang baik dan ini yang benar, apalagi kalau dikaitkan dengan mata pelajaran  kisah-kisah Nabi dan Rasul, dengan adanya metode kisah yang dijelaskan guru santri kembali bisa mengingat pelajarannya yang berlalu saat di MDA

3.Metode kuis
Guru menyuruh santri mengeluarkan kertas dan menulis satu pertanyaan saja tanpa jawaban dan dikumpulkan ke depan. Setelah itu guru langsung memilih gulungan kertas lembaran soal tadi, dan bagi santri yang bisa menjawab pertanyaan langsung mendapat nilainya. Nah dengan metode ini walaupun sederhana bisa membangkitkan semangat belajar santri

Sebelum pembelajaran ditutup guru tetap memberikan pertanyaan apa saja yang dapat disimpulkan pelajaran kita hari ini, dengan adanya pertanyaan kembali jadi lebih mengingat memori anak kembali setelah menyimak penjelasan di metode ceramah 

Semoga bermanfaat, masih ada lagi pembelajaran metode yang menarik lainnya, di edisi berikut akan kita bahas. 

0 komentar:

Posting Komentar