Khatam Alquran dan Munaqasah SD Islam Al Ishlah Bukittinggi, Sukses!!

Penulis, Fitri Hamidah, S.Pd. 
Kepala SD Islam Al Ishlah Bukittinggi 


Jumat 27 Mei 2022, Walikota Bukittinggi H. Erman Safar, SH membuka secara resmi acara Munaqasah dan Khatam Alqur’an ke XXV SDI AL ISHLAH Banto Darano, Kelurahan Campago Guguk Bulek, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.


Khatam Quran Perak ini diikuti oleh 163 siswa dan juga dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Drs.Masri, M.Pd, Bapak Camat MKS Mihandrik, SSTP.Msi, Bapak Lurah Nofrianto, S.Sos, Ibu Pengawas Pendidikan MKS Misyar, M.Pd, Ketua RW beserta tokoh masyarakat setempat. 



Hampir seribu orang berada di YPI Al Ishlah pada hari Jumat, (27/5) karena siswa TK, SMP dan SMA masih beraktivitas dan melakukan PBM. Ditambah dengan para guru di empat jenjang pendidikan dan walimurid SD yang terlibat dalam acara Kahatam dan Munaqasah. Acara dimulai pada pukul 09.00 wib, di musala YPI, dimulai dengan pembacaan ayat suci alquran oleh Fairuz siswa kelas 4B, lalu laporan panitia pelaksana oleh Ustad Rizki dan sambutan oleh Kepala sekolah, Ustazah Fitri Hamidah. Khatam Quran dan munaqasah ke-XXV ini dibuka secara resmi oleh Walikota Bukittinggi. 


Bapak H. Erman Safar dalam sambutannya mengapresiasi Yayasan Pendidikan Islam Al Ishlah, majelis guru beserta orang tua siswa yang telah bergandeng tangan dalam melaksanakan acara tahunan ini. Beliau sangat terkesan dengan pendidikan di sekolah ini karena,  telah memberikan dan menyeimbangkan pelajaran umum dengan pelajaran agama. Sebagai modal bagi anak-anak dalam menjalani kehidupan kelak. Sekaligus bisa mendidik para siswa untuk mampu menghafal Alquran. 


Selain itu Beliau juga menyarankan agar sekolah bisa membentuk persatuan alumni. Karena dengan adanya alumni, akan bisa membantu untuk memajukan sekolah. Karena kejayaan dan kemajuan itu bisa tercapai jika kita bisa bersama dan bersatu, pungkasnya.  Saat itu, Bapak Erman Safar juga berjanji memberikan bantuan dana untuk perbaikan musala sebesar 200 juta. Semoga dengan bantuan ini, bisa lebih memperluas dan mempercantik musala di yayasan ini yang digunakan oleh peserta didik di YPI Al Ishlah Bukittinggi untuk beribadah.  
 

Peserta didik yang tamat dari SD Islam Al Ishlah selain mengikuti Ujian Sekolah, mereka juga mengikuti Ujian Program Khusus yang dikemas dalam kegiatan Munaqasah dan Khatam Alqur’an.


Kegiatan pertama adalah ujian tahfidz, dilaksanakan pada 10 Maret 2022. Alhamdulillah tahun ini sebanyak 163 orang siswa sudah melaksanakan ujian tahfiz yang pengujinya berasal dari KEMENAG Bukittinggi dengan banyak hafalan; 1 Juz, 2 Juz, 3 Juz, 4 Juz dan 11 Juz.


Kegiatan kedua ujian Munaqasah, (27/5) dimana masing-masing siswa diuji pengetahuan agamanya di bidang Fiqih, Tarekh, Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab. Dalam ujian ini para siswa didampingi oleh orang tua masing-masing,  dengan tujuan agar orang tua tahu bagaimana kemampuan anak-anak mereka dalam memguasai dan menjawab pertanyaan lisan dari penguji. Pertanyaan yang diberikan berjumlah 10 buah, dari materi yang telah mereka pelajari dari kelas 1 sampai dengan kelas 5. 


Kegiatan ketiga yaitu khatam Al Qur’an, dilaksanakan pada Sabtu, (28/5) diikuti oleh semua siswa kelas VI yang berjumlah 163 orang. Kegiatan ini dilakukan di dua tempat berbeda yaitu, di musala untuk kelas 6A dan 6B, di aula untuk kelas 6E dan 6F, dilaksanakan pada pukul 08.00 wib, sampai selesai.  Sedangkan kelas 6C di musala pada pukul 14.00 wib dan berakhir pada pukul 18.15 menjelang magrib.


Kegiatan terakhir Minggu, (29/5) adalah acara penutupan dan juga pemberian hadiah bagi  para pemuncak dalam acara khatam ini. Kategori pemenang adalah juara 1 pa dan pi untuk Tilawah dipilih dari masing-masing juara di kelas 6.Berikutnya adalah juara Munaqasah dan Tahfiz dari semua peserta. 

Juara umum pada khatam Alquran tahun ini adalah  Kahiratul Hisan dari kelas 6B. Sedangkan siswa yang memiliki hafalan tahfiz paling banyak adalah Afdhal Muwaffaq dari kelas 6A dengan jumlah hafalan sebanyak 11 Juz. Hadiah bagi para pemenang berupa,  tropi,  bingkisan, plakat,  dan juga voucher dari Walikota Bukittinggi. Selain itu, semua peserta juga mendapatkan tropi, bingkisan dan juga plakat yang berisikan poto dan juga nama-nama teman sekelas.  Semoga dengan adanya apresiasi ini, bisa menambah semangat mereka dalam mempelajari Alquran. 


Ucapan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya disampaikan kepada Ustadz/ Ustadzah SD Islam Al-Ishlah, selaku panitia acara. Berkat kerja keras dan kekompakan semua majelis guru, kegiatan tahun ini bisa terlaksana dengan lancar. Tidak lupa para sponsor yang telah mendukung kegiatan ini, yang telah memberikan sumbangan baik materil dan non materil. 



Juga  kepada wali murid kami atas kepercayaannya menyerahkan pendidikan anak-anak ke sekolah SD Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Semoga kegiatan ini bisa terlaksana dengan lebih baik di tahun-tahun berikutnya.  Semoga kami selalu bisa memberikan yang terbaik untuk pendidik anak-anak bangsa ke depannya;)


1 komentar: