Dampak Positif Era Digital

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak



Menurut Wikipedia, era digital biasa juga disebut dengan globalisasi. Yaitu, proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya yang banyak disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi dan internet. Perkembangan media digital saat ini memang membawa perubahan yang sangat signifikan bagi perkembangan zaman di abad ini.        

Sangat banyak dampak yang terjadi dengan masuknya era digital ini ke setiap Negara. Kita tidak bisa mengelakkan lagi perubahan-perubahan yang terjadi cukup signifikan dalam setiap lini kehidupan manusia. Sebagai manusia yang hidup di zaman ini kita harus bisa membuka diri dengan berbagai perubahan yang telah terjadi saat sekarang ini. Apa saja dampak positif di era digital ini yang dapat dirasakan oleh manusia, mari kita bahas tuntas. 

1.       Informasi yang dibutuhkan akan lebih cepat dan lebih mudah megaksesnya.

Era digital atau era internet ini lebih memudahkan manusia untuk bisa saling berkomunikasi. Semua kegiatan dan orang yang terlibat di dalamnya bisa terhubung dengan internet. Apalagi ditambah dengan adanya email dan social media lainnya seperti sekarang. Diantaranya adalah whatsApp, instagram, twetter, facebook, line, dan telegram semakin mempermudah manusai untuk saling berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya. Tidak ada batas waktu dan wilayah mana pun di seantero dunia.

2.     Tumbuhnya inovasi dalam berbagai bidang yang berorientasi pada teknologi digital yang memudahkan proses dalam bekerja. Di era ini bisa dikatakan semua bisa dilakukan dengan serba mudah dan tidak ada batasnya. Kita bisa mnegerjakan apapun secara mobile. Bahkan sekarang pun banyak sekali even yang tidak mengharuskan pesertanya datang. Hanya butuh media online dan mereka bisa melakukan segala sesuatu dengan  mudah. Banyak sekarang ini online course yang bisa kita ikuti, bahkan ada beberapa universitas yang menyediakan fasilitas kuliah online. Manusia tidak perlu lagi berkumpul di suatu kelas dan mendengarkan penjelasan dosen. Mereka cukup mengakses internet dan suatu sistem informasi agar mereka bisa bercengkrama layaknya suatu kelas perkuliahan. Jika ingin melakuka diskusi, kita bisa memanfaatkan google hangout. Di bidang ekonomi dan perbankan bisa menggunakan virtual Account untuk melakukan pembayaran.

3.      Munculnya media massa berbasis digital, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan informasi masyarakat. Sekarang media massa tidak perlu lagi melakukan proses cetak, karena sekarang orang lebih banyak menggunakan teknologi digital sebagai sumber informasinya. Tidak perlu lagi loper, mesin-mesin besar sebagai alat cetak untuk media massa dan tidak lagi butuh operator mesin juga, semua sudah serba digital dan online yang dibuthkan oarng hanyalah paket data bukan lagi subjek yang berbentuk seperti koran dan majalah. Karena mereak sudah bisa mendapatkannya secara digital.

4.      Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan sumber teknologi informasi dan komunikasi. Hidup di zaman digital ini tidak perlu takut tersesat. Sekarang juga sudah ada teknologi aplikasi GPS seperti google maps, kita hanya perlu mengikuti rute yang ditunjukkan dalam aplikasi. Kita juga bisa menentukan berapa perkiraan waktu tempuh, rute terdekat, serta memilih jalan mana yang mengalami kemacetan. Selain itu juga bisa mencari fasilitas publik terdekat seperti pom bensin, ATM, restaurant, masjid dan lain sebagainya. Untuk alat transportasi sekarang ini hadir berbagai ojek online dan taksi online. Era digital ini adalah salah satu masa dimana orang berbekal gawai bisa langsung memanggil ojek. Orangtua tidak perlu lagi repot harus meluangkan waktu untuk menjemput anak sekolah, mahasiswa pun tidak perlu lagi jauh-jauh jalan ke kampus karena semua sudah tersedia dengan mudah.

5.      Munculnya berbagai sumber belajar seperti perpustakaan online, media pembelajaran online, diskusi online dan dapat juga meningkatkan kualitas pendidikan. Sekarang ini, sudah banyak tersedia media pembelajaran secara online, bisa dilakukan dari rumah dan tidak perlu biaya yang mahal. Semua tersedia sangat banyak mulai dati yang gratis dan berbayar, mulai dari puluhan, dan ratusan ribu. Tergantung kualitas dan fasilitas yang diberikan oleh masing-masing penyedia layanan pembalajaran online tersebut.                                                                                                 

6.      Muculnya e-bisnis seperti took online yang menyediakan berbagai barang kebutuhan dan memudahkan untuk mendapatkannya. Bagi kita yang sering berbelanja online, era digital ini adalah surge dunianya. Kita bisa memilih barang tanpa harus repot pergi ke took atau ke mall. Cukup dengan modal gawai kita bisa memilih barang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pokok, bayar listrik, bayar pulsa, bayar tiket rumah kereta,  bayar paket data sampai dengan membeli game online. Kita bisa memilih barang dan harga sesuai dengan kondisi dompet, untuk proses pembayaran juga cukup mudah yaitu melalui transfer antar bank saja.

 

 

Dampak positif yang kita rasakan sekarang ini tidak lepas dari control yang dilakuakan oleh orang tua dan lingkungan sekitar generasi milenial kita. Semua harus di bawah pantauan dan control, jika tidak, maka bisa menyebabkan kebabalasan dan malahan dampak negatifnya yang akan muncul. Sebut saja masalah belanja online, jika tidak dibatasi anak-anak akan suka hati sakja menmggunakan kartu yang diberikan oleh orangtuanya. Oleh karena itu, orang tua jangan lelah melakukan dan memperhatikan para generasi kita. Selalu taburkan kasih sayang dan perhatian karena bagi milenial sekarang yang dibutuhkannya tidak hanya materi saja namun perhatian dan kasih sayangdari kita orang tuanya yangpaliong utama.

      Bagaimana cara kita mengenalkan kepad milenial tersebut tentang agama dan unsur religious dalam hidup. Arah dalam kehidupan itu tetap agama dan jangan mendewakana serta menuhankan teknologi untuk kesenangan sesaat. Merka hanya bisa meniru dan melihat apa yang ada di dalam keluarga dan lingkungannya. Mari kita berbebah sebagai oarngtua kitalah yang harus pertama sekali melakukan sebelum kita menuntut lebih kepada mereka. Setiap hari kita harus selalu berbenah, sebab buah tidak akan jauh jatuh dari pohonnya. Kadang kehadiran anak kita adalah kelas belajar sepanjang masa bagi orangtuanya. Merekalah mentor kecil yang kita panggil dengan anak sayang, ananda, belahan jiwa atau panggilan sayang lainnya.

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar