Breaking News

Peringat HUT Guru ke -77 YPI Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Guru adalah Kunci Pembuka Peradaban

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak

Puncak peringatan hari ulang tahun Guru ke-77 dilaksanakan serentak pada tanggal 25 November 2022. Peringatan hari guru ini dilaksanakan oleh sekolah di seluruh pelosok Indonesia. Terbukti banyaknya update status kagiatan peringatan HUT guru ini di berbagai sekolah dan oleh semua guru di media sosial. Baik di ig, Facebook, Twitter,  grup wa, youtube dan berbagai media lainnya. Tidak ketinggalan juga SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi yang pada Peringatan kali ini memperingati hari guru dengan tema "Serentak Berinovasi Melaksanakan Merdeka Belajar"


Kegiatan hari guru yang digawangi oleh OSIS generasi ke-16 ini berjalan lancar dan sukses. Terbukti dengan banyaknya air mata guru yang menetes dengan persembahan acara yang di bina oleh pembina OSIS yang mumpuni ini, yaitu Ustazah Fitiyani, S.Pd.I. Sayang sekali kegiatan ini tidak diikuti langsung oleh Kepala sekolah yang saat itu juga harus mengikuti kegiatan yang tidak bisa ditinggal. Ustazah Busyra, S.Pd. selaku Kepala sekolah, mengapresiasi Kegiatan dan kekompakan semua guru dan siswa pada acara HUT guru ini. Walaupun ada kesedihan yang terselip karena tidak bisa mengikuti acara secara langsung. 
Hujan yang turun di pagi itu tidak menyurutkan langkah dan semangat para siswa untuk memberi surprise kepada guru-gurunya. Untaian kata indah dan berbagai buket bunga dan juga buket snack serta kue yang telah mereka persembahan untuk para guru. Kegiatan pagi yang biasanya dimulai dengan hafalan, hari itu berganti dengan kejutan yang diberikan kepada para guru. Hampir semua guru mendapatkan bunga, coklat dan kue yang diberikan oleh para siswa, baik  dari SD sampai SMP. Tidak pandang bulu, mereka memberikan ucapan terimakasih dan bakti mereka kepada para guru yang telah mendidik dan membersamai mereka setiap hari.

Ketika jam 8.30 hujan mulai reda, semua siswa siswa SD dan SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi menuju lapangan untuk melaksanakan upacara HUT Guru ini. Pagi itu, seluruh lapangan YPI Al Ishlah penuh oleh lebih seribu siswa yang mengikuti upacara dengan khidmat. Pada hari itu,  pelaksana upacara semuanya adalah para guru. Dengan penuh semangat para pelaksana upacara menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Sebagai bentuk nyata dan kontekstual bagi siswa dalam pelaksanaan upacara yang seharusnya. 
Pada hari itu, bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala sekolah SDI AL ISHLAH Ustazah Fitri Hamidah, S.Si., S.Pd. pelaksanaan lainnya gabungan dari guru SD dan SMP. Dari pemimpin upacara, protokol, penggerek bendera,  pembaca UUD 45, ajudan, pembacaa doa dan paduan suara semua dilaksanakan oleh para guru di YPI Al Ishlah Bukittinggi.  Kegiatan ini baru pertama dilaksanakan,  biasanya masing-masing tingkat melakukan upacara sendiri. Namun peringatan HUT RI ini menjadi istimewa karena melaksanakan upacara gabungan antara SD dan SMP.  Kekompakan semua guru terlihat ketika sesudah upacara, dengan moment foto bersama. 
Selesai upacara, barulah dilaksanakan kegiatan masing-masing di tingkat SD dan SMP. Berbagai kegiatan dilakukan di YPI pada hari itu, SMA melaksanakan upacara dan kegiatan di lapangan belakang. SD melaksanakan kegiatan di mushala,  dan SMP di lapangan samping, gerbang belakang. Apapun bentuk kegiatan yang dilakukan,  pada hari itu,  semua bergembira dan melaksanakan dengan suka cita. 
OSIS SMP generasi-16 sudah mempersiapkan acara dengan seremonial pelepasan balon udara dan pemotongan kue.  Lalu pemberian hadiah dan juga surat cinta dari siswa kepada masing-masing hurinya. Suasana haru mulai terasa ketika acara dimulai dengam pembacaan Puisi oleh Randa Gema Ramadhan dari kelas 8D. Karya yang ditulis sendiri ini, dibacakan dengan penuh penjiwaan, dan tidak sedikit guru yang meneteskan air mata, termasuk pembaca puisi sendiri juga menangis membacakan puisinya.  Selanjutnya persembahan nyanyian dari OSIS yang juga membuat suasana semakin melow. Dingin hari tak terasa lagi, karena hangatnya persembahan yang diberikan oleh semua siswa kepada gurunya.  Acara penutupan dilaksanakan dengan poto bersama dan juga kembali ke kelas masing-masing. 
HUT Guru ini menjadi suatu kegiatan yang dinanti baik oleh guru dan juga para siswa. Tidak ada satu orang hebat pun di dunia ini tanpa adanya campur tangan seorang guru. Setiap kita adalah guru, siswa pun merupakan guru bagi gurunya. Karena dengan adanya siswa, para guru belajar sabar,  belajar disiplin dan juga belajar tentang kehidupan dengam semua latar belakang siswa yang dihadapinya. Pendidikan adalah sebuah peradaban dan gurulah kunci pembuka peradaban itu. Semoga kita bisa menjadi guru yang benar-benar bisa ditiru dan digugu oleh anak didik. Bisa memotivasi dan juga menginspirasi para anak didik menuju kesuksesan mereka di masa datang. Sama dengan kita para gurunya, juga mempunyai guru-guru hebat yang bisa membuat kita menjadi seperti ini. 
Hidup guru, maju Pendidikan. 😀




1 komentar: