Breaking News

Modul Kelas 7 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka ( Teks Deskripsi )

Satuan Pendidikan : SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi
Fase / Kelas : D / 7 (Tujuh
Semester : 1 (Ganjil)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia 
Alokasi waktu : 6 JP (2x Pertemuan)

Capaian Pembelajaran
Peserta didik mampu mengevaluasi informasi melalui penilaian ketepatan gagasan, pikiran, dan gagasan, pikiran, arahan, pandangan, atau pesan dari teks deskripsi dengan membandingkan informasi tersebut dengan pengalaman dan pengetahuannya.

Profil Pelajar Pancasila
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Mandiri
Bernalar Kritis
Bergotong Royong

Alur Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menemukan informasi eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat.
Peserta didik mengidentiikasi gaya penulisan teks deskripsi di media sosial dengan menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik.
Peserta didik mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiri dan tepat.

Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Pendahuluan
Guru membuka pembelajaran dengan menyapa peserta didik dan mengucapkan salam
Guru menyiapkan peserta didik secara fisik ( mengecek kehadiran peserta didik) dan meminta peserta didik untuk berdo’a.
Guru memancing peserta didik dengan pertanyaan pemantik. Apakah ananda tahu dengan teks deskripsi?
Guru memberi apresiasi atas jawaban peserta didik.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru mencek pengetahuan awal peserta didik dengan memberikan beberapa pertanyaan secara lisan terkait materi yang akan dipelajari. Mengapa teks deskripsi penting bagi kita? Bagaimana menyajikan teks deskripsi yang baik?
Kegiatan Inti
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat ,mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi tentang pengertian teks deskripsi.
Guru menyiapkan 1 teks deskripsi untuk dibaca oleh siswa. Teks cerita diusahakan bersifat lokal. Teks deskripsi yang berjudul “Pantan Terong yang Instagramable”
Peserta didik berdiskusi terkait dengan isi cerita dan menemukan informasi yang eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat 
Peserta didik berdiskusi terkait dengan bahasan yang sedang dibahas dengan bimbingan guru.
Penutup 
Menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Melakukan refleksi dan tanya jawab untuk mengevaluasi kegiatan yang telah berlangsung.
Menutup pembelajaran dengan membaca do’a

Pertemuan 2
Pendahuluan
Guru membuka pembelajaran dengan menyapa peserta didik dan mengucapkan salam
Guru menyiapkan peserta didik secara fisik ( mengecek kehadiran peserta didik) dan meminta peserta didik untuk berdo’a.
Guru memancing peserta didik dengan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya.
Guru memberi apresiasi atas jawaban peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru mencek pengetahuan awal peserta didik dengan memberikan beberapa pertanyaan secara lisan terkait materi yang akan dipelajari
Kegiatan Inti
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat ,mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi menjelajahi arti kata menggunakan kamus.
Peserta didik mencari arti sebuah kata menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Saat ini KBBI daring dapat diakses dilaman https://kbbi.kemendikbud.go.id/. Siswa tinggal mengetik kata dasar yang ingin dicari di kolom pencarian secara mandiri dan tepat.
Untuk memperdalam makna dan penggunaan kata yang dicari , guru meminta peserta didik mengisi kalimat rumpang yang terdapat di bawah wacana tersebut setelah meminta peserta didik untuk mencari arti kata tersebut.
Penutup 
Menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Melakukan refleksi dan Tanya jawab untuk mengevaluasi kegiatan yang telah berlangsung.
Menutup pembelajaran dengan membaca do’a.

Asesmen
Asesmen Awal
Asesmen Diagnostik dengan memberikan beberapa pertanyaan non kognitif
Asesmen Akhir
Asesmen Tertulis dengan pilihan ganda

Media, Metode dan Sumber
Media :
PPT, LKPD dan Video Pembelajaran
Metode :
Langsung, diskusi, penugasan
Sumber : 
Kementrian Pendidikan dan Kebudaayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia .Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudaayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia .Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

FORMAT PENILAIAN SIKAP YANG MENUNJUKKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Sekolah : SMP Ishlam Al Ishlah Bukittinggi
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2022/2023
*centang (√) jika menunjukkan sikap yang diharapkan
RANCANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK

ASESMEN NON-KOGNITIF
Informasi apa saja yang ingin digali?
Pertanyaan kunci yang ingin ditanyakan

Apa yang sedang kamu lakukan saat ini?
Apa saja kegiatan kamu selama belajar di rumah?
Bagaimana perasaanmu saat belajar di
rumah?
Hal apa yang paling menyenangkan ketika belajar di rumah?
Hal apa yang paling tidak menyenangkan ketika belajar di
rumah?
Apa harapanmu saat ini?

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD)

Kegiatan 1
Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi.
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat menemukan informasi eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat.
Pantan Terong yang Instagramable

Rafa menghabiskan akhir pekan bersama keluarganya. Kali ini mereka berwisata ke sebuah puncak yang sedang populer di Aceh, yaitu Pantan Terong. Rafa tak menyesal mengusulkan destinasi wisata ini kepada keluarganya. Ia sering membacanya di internet. Kali ini ia dapat menyaksikan keindahan tempat ini dengan matanya sendiri. Setiba di rumah, ia pun segera menuliskan pengalamannya ini di blognya.
Kami berangkat dari Banda Aceh pukul 01.00 siang. Pukul 08.00 malam kami tiba di rumah Paman di Kota Takengon. Setelah makan malam, Paman menyuruh kami bergegas tidur. Kami akan pergi segera setelah salat subuh. Siapa tahu kami bisa menyaksikan matahari terbit di Pantan Terong! Kota Takengon masih gelap dan sepi saat kami berangkat pagi itu. Hanya dalam waktu 15 menit, kami sudah tiba di jalan mendaki ke arah puncak bukit. Wow, jalanan kecil itu menanjak dan curam dengan tikungan-tikungan yang tajam! Deg-degan sekali rasanya. Untung Paman lihai mengendarai mobil. Kata Paman, hanya mobil berkondisi prima yang bisa memanjat jalanan securam ini. Untung saja ketegangan itu segera berakhir. Sesampai di atas, Paman memarkir mobil di luar pagar dan kami pun masuk ke dalam. Dari ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut, kami dapat melihat warna langit yang jingga terkena semburat sinar matahari di balik deretan gununggunung yang kokoh. Warna itu kontras sekali dengan perbukitan yang hijau, perkebunan, lembah-lembah yang sangat cantik, dan Kota Takengon yang terlihat kecil dari sini. Oh ya, kalian juga dapat melihat Danau Laut Tawar yang seperti berkilau diterpa sinar matahari pagi. Pokoknya rasa kantuk karena bangun pada pagi buta tadi sudah terbayar dengan pemandangan cantik ini. Kata Paman, kalian juga dapat menikmati pelangi yang muncul setelah hujan. Wah, aku jadi penasaran! Lain kali aku harus ke sini lagi. Nah, matahari sudah makin tinggi, waktunya untuk swafoto. Wah, banyak sekali latar yang dapat dipilih untuk swafoto! Ada ayunan di depan tulisan Pantan Terong yang dicat senada dengan warna bendera pusaka, merah dan putih. Apabila kalian berswafoto di sana, kalian akan mendapatkan latar lembah yang mengepung Kota Takengon di kejauhan. Keren, kan?Bab I | Jelajah Nusantara | 5 Bagus, ya? Pasti kalian tidak tahu aku s e dang menggigil kedinginan. Setelah berswafoto, apa lagi? Di sini kalian pun dapat mencicipi aneka jenis sajian kopi asli Tanah Gayo. Kalian dapat memilih berbagai varian minu man kopi , seperti espresso, cappuccino, mochacino, hingga latte. Makin siang makin banyak pengunjung berdatangan. Matahari makin tinggi dan hawa sejuk memeluk kami. Angin yang bertiup memainkan rambut dan berputar di sekeliling tubuh membuat kami ingin berswafoto lagi dan lagi. Sebelum pulang, ibuku membeli suvenir yang berbentuk kopi gayo. Katanya, kita harus membantu perajin lokal. Nah, tunggu apa lagi? Dengan mengunjungi Pantan Terong, kalian pun ikut mempromosikan wisata dan kerajinan lokal. Segera berwisata ke Aceh dan menikmati kecantikan Pantan Terong, ya! 

Setelah membaca pengalaman Rafa, jawablah pertanyaan di bawah ini!
 1. Apa objek yang dideskripsikan dalam tulisan Rafa di atas? 
2. Di kota mana objek tersebut berada? 
3. Pada pengantar tulisan, mengapa disebutkan Rafa tak menyesal mengusulkan destinasi wisata ini kepada keluarganya?
 4. Tuliskan kembali dua kutipan kalimat Rafa yang menunjukkan kesannya terhadap objek tersebut! 
a. _____________________________________________________ 
b. _____________________________________________________
 5. Tempat wisata tak hanya menyuguhkan pemandangan yang instagramable, tetapi juga kisah di balik terbentuknya bentang alam, cerita di balik pembuatan cendera mata, serta makanan khas daerah tersebut. Kegiatan apakah yang pernah kalian lakukan saat berwisata selain mendokumentasikan keindahan tempat tersebut?
 6. “Jangan ambil apa pun selain foto, jangan bunuh apa pun selain waktu, dan jangan tinggalkan apa pun selain jejak kakimu,” merupakan ungkapan penting yang perlu dicamkan oleh pengunjung tempat wisata. Menurut kalian, apa maksud pernyataan tersebut

Kegiatan 2: 
Mengenali Gaya Penulisan pada Teks Deskripsi di Media Sosial 
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mengidentiikasi gaya penulisan teks deskripsi di media sosial dengan menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik

Pernahkah kalian mendengar tentang atau membaca informasi dari media sosial di internet? Blog dan Instagram adalah contoh media sosial di internet. Kalian dapat membaca pengalaman dan pendapat orang lain tentang suatu topik. Tentunya, kalian harus dapat memilih informasi yang benar, bermanfaat, dan baik. Berkonsultasilah dengan guru, orang tua, atau wali saat menjelajahi informasi di internet. Apabila menulis di media sosial, kalian dapat menyapa pembaca dengan lebih akrab. Ini adalah beberapa contoh kalimat menyapa pembaca yang ditulis Rafa di blognya.
 (a) “Bagus, ya? Pasti kalian tidak tahu aku sedang menggigil kedinginan.” 
(b) “Apabila kalian berswafoto di sana, kalian akan mendapatkan latar lembah yang mengepung Kota Takengon di kejauhan. Keren, kan?” 
Sekarang tulislah beberapa ungkapan lain yang digunakan Rafa untuk menyapa pembaca blognya.
 1. _______________________________________________________ 
2. _______________________________________________________ 
3. ______________________________________________________

Kegiatan 3: 
Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus 
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiri dan tepat

Saat ini, KBBI daring dapat kalian akses di laman https://kbbi. kemdikbud.go.id/. Kalian tinggal mengetik kata dasar yang ingin kalian cari di kolom pencarian. Nah, sekarang carilah kata swafoto, suvenir, kontras, perajin, dan semburat pada laman tersebut. 
1. swafoto 
2. suvenir 
3. kontras 
4. perajin 
5. sembura
Kemudian, isilah kalimat tidak lengkap dan rumpang ini dengan katakatamu sendiri. 
Suvenir yang dibuat oleh perajin di daerahku adalah ………………………………………………………………………………………………..
Sifat kedua kakak beradik itu sangat kontras. Berbeda dengan sang adik yang banyak berbicara, sang kakak …………………………………...........................................................
Banyak tempat wisata menawarkan pemandangan indah sebagai latar swafoto. Pemandangan indah yang digunakan sebagai latar swafoto di Pantan Terong adalah ……………………………………………………………………………………………
Rafa ikut membantu para perajin lokal dengan cara…………………………………………
Senja datang, mentari pun meredup. Semburatnya berwarna……………warna yang kusuka.

Tabel Penilaian Kegiatan Menjelajah Makna Kata

Peserta didik tidak mengisi kalimat rumpang atau mengisi, tetapi semua jawaban salah. 

Nilai = 1
Peserta didik mengisi semua kalimat rumpang setelah mencari arti kata tersebut pada kamus, tetapi hanya terdapat satu jawaban yang tepat 
Nilai = 2
Peserta didik mengisi semua kalimat rumpang setelah mencari arti kata tersebut pada kamus, tetapi terdapat satu jawaban yang kurang tepat.
Nilai = 3
Peserta didik menjawab lima kalimat rumpang dengan tepat sehingga menunjukkan pemahamannya tentang kosakata yang diujikan pada kalimat tersebut. 
Nilai = 4
Rangkuman teks deskripsi
Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

Teks deskripsi
Paragraf yang berisi tentang penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu secara apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan kepada pembaca secara jelas dan terperinci. Sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis.
Ciri umum teks deskripsi
Berisikan penggambaran atau penjelasan suatu objek.
Penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik dituliskan sehingga pembacanya mengerti secara jelas apa yang digambarkan di dalam teks.
Pembaca seolah-olah merasakan, melihat, mendengarkan, atau mengalami langsung apa yang disajikan di dalam teks.
Menjelaskan objek berdasarkan warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri maupun psikis objek sacara detail.
Ciri isi dan tujuan teks deskripsi
ciri isi teks deskrpsi 
Diperinci menjadi bagian-bagian objek (yang diperhatikan) serta menggambarkan secara kongkret (benar-benar ada).
Ciri tujuan teks deskripsi
Menggambarkan dengan cara merinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek (yang diperhatikan)dari sudut pandag penulis.
Teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan/melukiskan secra rinci dan penggambaran sekongkret (benar-benar ada) mungkin suatu objek (yang diperhatikan) apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakannya. 

Jenis teks deskripsi
Berdasarkan objeknya teks deskripsi dibedakan menjadi tiga yaitu,
Teks deskripsi subjektif adalah teks deskrispsi yang penggambaran objeknya menurut kesan yang dimili oleh penulis teks.
Teks deskripsi spasial adalah teks deskripsi yang menggambarkan objek berupa tempat, benda ,ruang, dan lainnya.
Teks deskrpsi objektif adalah teks deskripsiyang menggambarkan objek apa adanya/berdasarkan keadaan yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis.

Glosarium
Swafoto:
Swafoto adalah potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera digital, biasanya untuk diunggah ke media sosial.
Suvenir
Suvenir adalah tanda mata, kenang-kenangan, cendera mata.
Kontras
Kontras adalah memperlihatkan perbedaan yang nyata apabila diperbandingkan.

Perajin
Perajin adalah orang yang pekerjaannya (profesinya) membuat barang kerajinan.
Semburat
Semburat adalah memancarkan cahaya, bersinaar.
Dartar Pustaka
Kementrian Pendidikan dan Kebudaayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia .Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudaayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia .Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
 Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 20 Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
https://kbbi.kemendikbud.go.id/. 
BAHASA_INDONESIA-BS-KLS_VII.pdf

Tidak ada komentar