Breaking News

Wisuda Akbar Tahfiz Quran SMPN 2 Bukittinggi


Selasa, (30/4) 2024 SMPN 2 Bukittinggi mengadakan tasyakuran wisuda akbar angkatan pertama. Kegiatan wisuda ini diikuti oleh 30 orang tahfizul quran. Mereka memiliki hafalan dari 1 sampai 4 juz. Hafizh quran ini berasal dari kelas 7, 8, dan 9 SMPN 2 Bukittinggi. Mereka adalah siswa pilihan yang sangat gigih dalam mengahapal alquran. Hal ini menjadi lebih istimewa lagi  karena mereka bisa melawan rasa lelah dan mau berinteraksi langsung dengan alquran.  Ketika teman-teman lainnya sudah pulang dan asik dengan gawainya, mereka masih mojok di sudut mushala untuk menambah hafalannya. 

Ketua Panitia sekaligus pembimbing tahfiz ibu Suryanti, S.Ag. menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini adalah hasil dari kegiatan ekskul tahfiz yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu, sepulang sekolah setelah salat Ashar. Setelah rutin menghapal, memurajaah dan diuji kelayakan oleh kemenag kota Bukittinggi maka mereka layak diwisuda dengan jumlah hafalannya masing-masing.  Kegiatan wisuda tahfiz ini pertama kali diangkat untuk memberi apresiasi kepada mereka yang telah dengan semangat menambah hafalannya. 


Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi Bapak Hendri, S.Pd mewakili bapak Wali kota Bukittinggi membuka secara langsung kegiatan tahfiz ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa "Beruntunglah orangtua yang memiliki anak-anak yang mau menghapal alquran.  Tidak lagi sibuk dengan gawainya. Masukanlah anak-anak dalam kegiatan yang bermanfaat yang bisa membangun mental mereka untuk berbuat lebih. Alirkan energi positif mereka dengan mengikuti kegiatan yang bermanfaat, salah satunya adalah masuk kegiatan tahfizul quran ataupun kegiatan lainnya." Papar beliau. 

Kepala sekolah, Ibu Irdasmayeti, S.Pd pun sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terangkatnya kegiatan perdana ini di SMPN 2 Bukittinggi. Berkat kerja keras, semangat dan kegigihan anak-anak dalam menghapal quran, semoga membawa keberkahan bagi sekolah kita. Harapan yang besar tersemat untuk anak-anak semoga di tahun berikutnya semakin banyak penghapal quran dari SMPN 2 Bukittinggi, ujar Ibu kepala sekolah. 


Beliau pun juga memberi apresiasi kepada SMPN 2 Bukittinggi yang telah berhasil mengangkat kegiatan ini untuk pertama kalinya. Semoga di tahun-tahun berikutnya akan lebih banyak lagi siswa yang hafiz quran ujar beliau. 

Sementara kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Bapak H. Tamrin, M.Ag. dari Kementrian Agama Kota Bukittinggi menyampaikan pesan dalam sambutannya agar siswa dengan lima nilai terbaik diberi beasiswa belajar di Bukittinggi Quran Center Mandiangin Koto Selayan.  Lalu tingkatkan tahsin dan rajin mengulangi hapalan sebagai bekal kesuksesan dunia wal akhirat.  


Dengan adanya kegiatan ini bisa memotivasi siswa lainnya agar bisa mengikuti jejak teman-teman nya dalam menghapal alquran. Antusias dari orangtua pun sangat tinggi dengan hadir tepat waktu dan mengikuti semua prosesi wisuda darinawal sampai akhir.  Semoga tahun-tahun berikutnya wisuda akbar tahfiz quran ini bisa diikuti oleh banyak siswa SMPN 2 lainnya. 
Sukses untuk semua warga SMPN 2 Bukittinggi.  



Dokumentasi koleksi pribadi 

Tidak ada komentar