Breaking News

Agungnya para Penuntut Ilmu

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak

Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan jalannya menuju surga (HR. Muslim)

            Manusia adalah mahluk istimewa yang diciptakan oleh Allah swt, dengan segala kesempurnaannya. Allah telah memberikan akal yang sehat pada manusia untuk membedakannya dengan mahluk hidup lainnya. Dengan akal yang diberikan oleh Allah itulah manusia diwajibkan untuk mencari ilmu pengetahuan dalam segala hal, agar tidak tersesat dalam menjalani kehidupan ini. Ilmu pengetahuan ibaratkan sebuah cahaya yang bisa menuntun manusia hingga mencapai tujuan penciptaannya  sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat kelak.

Menuntut ilmu pengetahuan sangatlah penting, karena tanpa ilmu, manusia akan hidup tanpa arah dan tujuan. Mereka bagaikan hidup dalam kegelapan tanpa ada cahaya petunjuk yang menuntun jalan kebaikan. Ilmu tanpa agama buta, dan agam tanpa ilmu sesat, sebagai orang yang beragama dan berilmu kedua-duanya harus sejalan dan saling beriringan, tidak bisa jika hanya berjalan sendiri saja. Orang yang beragama, jika tanpa memiliki ilmu, maka dia akan sesat. Orang yang berilmu saja namun tidak berlandaskan agama, maka ilmunya itu akan buta, tidak akan mampu melihat kebenaran.

Di dalam islam, menuntut ilmu adalah wajib, seperti yang dikatakan dalam hadist “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim (baik muslimin ataupun muslimat)”. (HR. Ibnu Majah). Dengan demikian tidak ada alasan bagi setiap muslim untuk tidak menuntut ilmu. Ilmu bisa di dapatkan dari mana saja dan kapan saja, semua yang diciptakan oleh Allah di muka bumi ini adalah sumber ilmu bagi manusia. Alam takambang jadi guru kata pepatah orang Minang Kabau

Orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah swt. Malaikat pun menaruh hormat kepada orang yang belajar ilmu agama. “Sesungguhnya malaikat meletakkan sayapnya sebagai tanda ridha kepada mereka para penuntut ilmu” (HR. Abu Daud). Kita sebagai mahluk yang diciptakan dengan akal oleh Allah harus menggunakan akal dan pikiran kita untuk bisa belajar dan menuntut ilmu. Sangat agungnya seorang manusia yang suka menuntut ilmu, Allah menjamin kehidupan yang layak dan berkah bagi para penuntut ilmu.

Saat ini, ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat. Abad-21, yang dikenal dengan dunia digital, mempermudah semua aktivitas manusia. Hampir semua kegiatan manusia menggunakan teknologi mutakhir yang ada sekarang ini. Semuanya bersifat digital dan cepat, manusia hidup dengan semua kemudahan dan kepelikan yang diciptakan dengan semua teknologi yang menunjang kehidupan. Sangat berbeda dengan masa lalu. Kita lihat di zaman dahulu, dimana kegiatan manusia sangat terbatas dengan semua alat dan sarana yang menunjang kehidupan manusia.

            Begitu mulianya para penuntut ilmu, bahkan ada pepatah menyebutkan tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat. Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina. Kenapa harus ke negeri Cina? karena Cinalah negeri yang paling pintar dalam ilmu dan teknologinya. Orang Cinalah yang paling hebat dalam berdagang dan bekerja. Mereka adalah orang-orang berdisiplin tinggi dan penuh semangat dalam bekerja dan menuntut ilmu. Sehingga tidak lah salah kalau kita disuruh untuk menuntut ilmu sampai ke Negeri Cina. Kenapa dari buaian sampai ke liang lahat? Karena ilmu itu terus berkembang dan jangan pernah berhenti untuk mencari ilmu. Karena untuk menuntut ilmu tidak kenal batas usia dan batas waktu. Setiap menit bahkan detik ilmu itu betambah dan berkembang terus.

            Jadi sebagai manusia yang dianugerahi akal dan pikiran oleh Allah swt, kita harus semangat dalam menuntut ilmu. Jangan kemalasan dan kesibukan menghambat kita dalam belajar. Tuntut dan galilah ilmu di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Setiap ilmu yang didapatkan dan dimanfaatkan serta diterapkan oleh orang lain. Pahalanya akan selalu mengalir bagi penyampainya. Itulah amal jariah bagi setiap orang, makanya ada ungkapan sampaikanlah walalupun satu ayat. Ketika yang satu ayat itu yang dilaksanakan oleh oarng lain, maka manfaatnya akan selalu mengalir buat kita selama orang itu mengamalkannya sepanjang hayat. Tidak ada kata berhenti untuk mencari dan menuntut ilmu, karena begitu agungnya para penuntut ilmu bagi Allah SWT.

Terbit di Elipsis 

Tidak ada komentar