Breaking News

Peran Guru bagi Kemajuan Bangsa

Dilla, S.Pd. Pemerhati Pendidikan dan Anak

Pada perang dunia ke-2 ketika bom atom menghancurkan Nagasaki dan Hirosima, Kaisar Hirohito di Jepang bergegas mengumpulkan para jendral yang selamat. Pertanyaan pertamanya adalah “Berapa jumlah guru yang tersisa?” dia menyuruh mengumpulkan para guru yang selamat. Begitu besarnya peran dan fungsi guru bagi seorang pemimpin, menyiratkan bagaimana pentingnya dunia pendidikan sebagai salah satu sektor yang menjadi perhatian bagi keberlangsungan suatu bangsa. Terlepas dari apa dan bagaimana  kondisi serta keadaan yang dihadapai oleh bangsa, pemerintah sebagai garda terdepan tetap harus menunjukkan komitmen yang tinggi  kepada sektor pendidikan sebagai kunci kemajuan bangsa.

Menjadi guru sejatinya adalah menjalankan peran yang sangat mulia. Mulia karena di tangan seorang gurulah lahir generasi-generasi penerus bangsa. Di tangan guru jugalah muncul tokoh-tokoh atau kaum intelektual yang akan menjadi agent og change. Maka sepatutmyalah seorang guru bersyukur dengan karunia yang luar biasa ini. Pemerintah pun telah meningkatkan kesejateraan para guru dengan menaikkan gaji mereka. Bagi PNS, ada gaji poko ditambah tunjangan daerah.  Bersanya gaji tergantung golongan. Guru juga mendapatkan sertifikasi. Adanya perhatian dari pemerintah hendaknya menadi penyulut nagi para guru untuk semanagat dalam menididk anak bangsa.

Demikian juga yang terjadi di negara kita saat ini. Sejak pandemi covid-19 menyapa hampir semua negara di dunia, otomatis berbagai sektor yang menunjang kehidupan manusia menjadi lumpuh. Bagaimana dengan dunia pendidikan? Pendidikan tidak boleh terhenti hanya karena wabah, ilmu harus tetap digali demi kemajuan suatu negeri. Karena kemajuan suatu bangsa terletak pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya, yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan. Pemerintah sebagai ujung tombak pengatur dan pelaksana pembangunan dan juga pembiayaan di berbagai sektor pelayanan, tidak lepas tangan dengan keadaan dan situasi ini. Pendidikan tetap menjadi fokus utama bagi pemerintah.

Peningkatan kualitas  sumber daya manusia yang bergerak dalam dunia pendidikan, kebutuhan oprerasional sekolah, siswa, guru dan pembiayaan peningkatan komponen pendidikan yang ada di lembaga ini. Dengan anggaran khusus yang diberikan kepada sektor ini diharapkan bisa mengejar ketertinggalan kita dari Negara lain. Maju tidaknya suatu bangsa tergantung maju atau tidaknya pendidikan di negara tersebut. Untuk itulah peran guru sangat dibutuhkan.

Dunia pendidikan sebagai fondasi pembangunan sumber daya manusia (SDM) setiap bangsa, harus mendapat perhatian khusus dalam menjalankan programnya. Apa tujuan dari pembiayaan pendidikan? Sebagai hasil akhir untuk mutu pendidikan yang terjaga. Dengan kata lain, pembiayaan pendidikan adalah upaya pengumpulan dana untuk membiayai operasional dan pengembangan pendidikan, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga mampu bekerjasama dilingkup lokal, regional, nasional, maupun internasional

 Terbit di Elipsis

Tidak ada komentar