Breaking News

Cara Kreatif Mengajar Milenial


Pembelajaran saat ini adalah tantangan yang sangat luar  biasa bagi guru dan anak didiknya, karena harus melaksankan pembelajaran jarak jauah di masa pandemi covid-19 ini. Pembelajaran membawa dampak positif dan negatif bagi pelaku pendidikan. Dampak negatifnya sudah sering kita dengar keluhan D dari hampir semua masyarakat, anak harus belajar dari rumah, orang tua yang sibuk dan stres, harus menyediakan kuota internet yang tidak sedikit, harus mempunyai gawai atau laptop untuk.media pembelajarannya, dan berbagai keluhan darisiswa, guri dan orangtua. 
Namun dekiian, tidak selalu suatu musinah ini membawa dampak yang buruk, marena Allaj tidak akan datangkan suatu masalah tanpa.ada hikmah dibalik semuanya. Di masa pa demi nini, yang pasti hampir semua keluarga berkumoul bersama. Waktu sebelum pamdemi ini, dukunanak dan orang tua hanya nertemu saat malam hari saja, sekarng jadi fuul bertenu dan berintrmeraksi. Kalau dulu orang tuabyang sering komplen jika anaknya bermasalh dsekolah, dan cenderung menyalahkan guru, sekarang bisa nerasakan bagaimana susah n ya me ajdi guri, walaupin guri untuk anak bisa kandung sendiri. Nah, bagi guri p ujn juga demikian. Sebelum pandemi ini, guri hanya me hajar dengan cara konvensional, sekarang harus mengajar dengan cara yang profesional. Kalau duku takut dan tidak bisa me gtu akan teknologi, sekarang mau tidak mau harus belajar dan menggunakan  teknologi b tersebut. 
Mengajarkan guru untuk terus mengakar secara aktif dan kreatif. Dengan berinovasi dan menemukan cara mengajar byang menarik dan tidak membuat siswa bosan. Dmya, dengan menggunakan aplikasi y angvtersedia di gawai. Dan pemnafaatan media sosial bagi siswa SMP dan SMA.  Karena merekalah generasi Z ini pengguna media sosial terbanyak. Sebagai guru yan gv kreatif, sudah sepatutnya kita nisa menggu akan media kita ini sebagai sumber dan media pembelajaran kita. 
Walau bagaimana oun keadaanya, kita hafus me gikut ik zaman. Guru kreatif adLH guru yang terbuka dengan berbgaia perubahan  dan bisa melebur ke dengan perubahan yang ada sekarang. Bagiman9cafa me gaJr yang kreatif di masa pandemi ini. Berikut akan kit apaparkN beberapa hari hambatan dalam pjj

1. Dalam.PJJ dan belajar daring  ini, yang harus tersedia adalah jaringan internet. Tidak akan terlaksana belajar daring tanpa adanya *ka ringan internet ini.  2. Anak anak yang tidak memiliki gawai dan teknologi yang sangat diperlukan sekarang. Ada keluarga yang memiliki anak 4 namun hanya ada 1 gawai di rumah. Padahal anak anak serentak belajar daring saat ini. Guru tidak bisa berbicara di depan vidio, grogi dan malu, karena bleum terbiasa. 
Lima prinsip belajar daring, 1. lakukan daring dengan SOP yang baik dan benar. Aturan main dalam belajar daring. 2. Gunakan media termudah yang bisa digunakan oleh guru dan anak. Tidak semua anak bisa memakai zoom meeting, google classroom dll. 3. Daring bisa dilaksanakan dengan syarat utama akses internet lancar serta serta guru dan siswa memiliki media yang memadai. 4. Belajar harus dilakukan secara efektif dan efisien karena mempertimbangkan banyak hal. 
5. Daring membutuhkan kesungguhan guru dan siswa dalam melaksanakannya. Biar sedikit tapi bermakna. 
SOP belajar daring. 1. Guru dan siswa harus berpakaian rapi, apalagi kalau belajar Google meet, weebex, zoom meeting. Tidak berpakaian asal asalan. 2. Guru dan siswa memilih tempat terbaik. 3. Guru dan siswa menjaga adab dalam berbicara. 4. Satu hari sebelum melakukan meeting, harus menyampaikan informasi kepada siswa ttg media yang akan digunakan dalam pembelajaran melalui WA grup.. 5. Pastikan guru dan siswa menyediakan jaringan
Walaupun belajar daring, kita tetap melakukan belajar dengan semangat, tetao memotivasi dan berdoa.
Bagaimana mengelola kelas dalam belajar daring
1. Tetap harus tampil dengan bersih dan wangi. 2. Mulai dengan kelas yang menyenangkan,3 sediakan tempat yang nyaman, 4. Belajar secara sistematis dan gunakan gestur tubuh yang baik. 5. Belajar dengan interaksi yang dinamis, 6. Setiap 20 menit sekali lakukan game dan kuis. 7. Putarkan Vidio yang menarik buat anak SD dan TK. Lakukan improvisasi dengan anak. 8. Menutup pembelajaran dengan kalimat kalimat penuh hikmah dan semangat yang memotivasi. 
Guru kreatif harus memilki kompetensi memilki kemampuan publik speaking, memiliki kemampuan ice breaking atau pembelajar kreatif, menguasai teknologi atau melek teknologi, mampu mendesain media pembelajaran, menguasai berbagai model pembelajaran,menguasai ilmu parenting dan pengasuhan. 
Guru kreatif di era new normal. Guru harus memiliki blog, digunakan untuk media pembelajaran sendirii, di dalamnya ada portopolio pembelajaran, Vidio pembelajaran dll. Memiliki account media sosial seperti Ig, FB, tweeter, yang berisi pembelajaran, memiliki media pembelajaran online. Seperti classroom. Memiliki akount YouTube, jangan kalah dengan para youtuber. Gunakan ppt powerpoint kreatif, menggunakan reword, memiliki kemampuan menulis yang baik. (Membangun branding melalui media sosial atau blog YouTube) 
Cara efektif dan efisien belajar daring 1. Sampaikan materi satu hari sebelum pertemuan 2. Siapkan materi dalam bentuk Vidio atap voice note, gambar, narasi, dan slide presentasi. 3. Fasilitasi kecerdasan anak Dengan visual, audio visual, yang digemari anak anak. 4. Sediakan daftar hadir dengan google form. 5. Atur waktu sebaik mungkin dalam waktub1 jam. 6. Pastikan jaringan internet tersedia dan terbaik. 7. Gunakan berbagai media pembelajaran daring yang paling mudah (dipadukan) 
Cara asik mengajar menggunakan blog 
1. Dengan blog kita memilki e learning sendiri untuk pembelajaran daring. 2. Buat konten blog berisi Vidio, gambar, narasi, latihan, suara, pengayaan, daftar hadir, ujian online, materi mengajar dll. 3. Gunakan blog yang gratisan. Seperti blogspot dan worpress. 
Cara asik mengajar menggunakan Vidio. Buat Vidio pembelajaran dengan hp atau kamera, menggunakan aplikasi youcam, upload ke YouTube. Bisa juga melalui live YouTube, publish vidio di blog. 
Cara asyik mengajar menggunakan slide ppt 
1. Membuat slide yang menarik, jadikan ppt menjadi Vidio, membuat animasi menggunakan pot, membuat poster menggunakan ppt, publish slide ppt di slideshare.net
Cara mengajar menggunakan google form 
1. Membuat soal dan dfatar hadir saja. 2. Google form bisa membuat materi,3. Tampilkan Vidio juga di snaa, 4. Tampilkan gambar di google form, 5. 
Cara Sik mengajar menggunakan WhatsApp
1. Kirim link Vidio YouTube, blog, google form. 2. Buat voice note yang menarik daibagi menjadi beberapa bagian

Tidak ada komentar