Breaking News

Pelatihan IT untuk Peningkatan Kompetensi Guru di SD Islam Al-Ishlah Bukittinggi

Penulis Vhelltysia Gamina, S. Pd
Wakil Kesiswaan SD Islam Al-Ishlah Bukittinggi 

Jum’at, 16 Desember 2022. SD Islam Al-Ishlah Bukittinggi menggelar pelatihan peningkatan kompetensi untuk guru bidang IT di aula YPI AL ISHLAH. Pelatihan dibuka langsung oleh Ustadzah Fitri Hamida,S.Pd selaku kepala sekolah yang dalam sambutannya menyampaikan “Guru haruslah menguasai tuntutan proses pendidikan agar dapat meningkatkan kualitas peserta didik dalam menghadapi tantangan kehidupan di era globalisasi sekarang ini salah satunya yaitu menguasai IT. Atas dasar pertimbangan tersebut, pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan atau pengetahuan guru tentang aplikasi pembelajaran yang akan disampaikan oleh nara sumber. Semoga bermanfaat” pungkasnya. 

Adapun sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut yakni Ibu Misyar, M.Pd pengawas SD Kecamatan MKS. Pelatihan dihadiri langsung oleh seluruh guru kelas dan guru mata pelajaran SDI AL ISHLAH.
Dalam pemaparannya, Ibu Misyar terlebih dahulu menjelaskan tentang apa dan bagaimana Pembelajaran Berdiferensiasi di hadapan seluruh peserta. "Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid "Lebih dalam lagi, pengawas tersebut menjelaskan apa saja dan bagaimana terkait tujuan pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana guru merespon kebutuhan belajar siswa, bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang mengundang siswa, manajemen kelas yang efektif, dan penilaian berkelanjutan.

Selain menjelaskan tentang pembelajaran berdiferensiasi, para peserta juga diajak melakukan praktik untuk membuat situs pembelajaran Google Sites. Pelatihan ini diikuti dengan antusiasme dari peserta. Alhamdulillah pelatihan ini juga telah menambah pengetahuan dan kompetensi serta skill guru dalam membuat dan menggunakan Google Sites sebagai media pembalajaran. 

Semoga dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan kompetensi para guru khususnya di SD Islam Al-Ishlah Bukittinggi dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga bisa menampilkan metode dan teknik digital ini di kelas masing-masing. Juga bisa membuat anak didik bersemangat dalam belajar karena menggunakan metode yang menarik dan menyenangkan sesuai dengan zaman mereka.  

1 komentar: