Breaking News

Serial Parenting. Lima Kata Ajaib untuk Mendidik Anak Hebat



Tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua, oleh karena itulah sebagai orangtua yang bijak dan cerdas kita harus selalu belajar untuk menjadi orang tua baik dan bijak di mata anak-anak kita. Jangan mendidik sebelum kita terdidik. Bagaimana cara agar kita bisa terdidik ya harus banyak belajar bagaimana cara mendidik. 

Anak adalah aset dan investasi setiap orangtua yang tidak ternilai harganya. Bahkan di dalam alquran pun sudah disebutkan salah satu amalan yang masih mengalir ke alam baka yang menemani kita kelak adalah doanya anak yang sholeh dan sholehah. Masalahnya sekarang dengan perlakuan dan cara didikan kita, akankah anak-anak kita akan mendoakan kita? Apakah doanya hanya sekadar di lisan saja, ataukah memang benar-benar berdoa untuk ampunan dan kebaikan kita di mata sang pencipta? 

Beranjak dari sanalah, sebagai orangtua hebat kita harus bisa menjadi tauladan dan contoh yang baik bagi anak-anak.  Sejatinya, setiap anak yang terlahir ke dunia sudah membawa benih-benih kebaikan, jadi kitalah sebgaia orangtua yang bisa menjadikan mereka baik, setengah baik atau tidak baik. Ibaratkan sebuah kertas putih, kitakah orangtua nya yang menggoreskan tinta ke atas kertas putih tersebut.  Anak-anak akan meniru semua kata orangtuanya,  jika ingin menjadikan anak-anak kita mempunyai akhlak yang baik dan terpuji, makanya kita harus memberikan contoh tauladan dan mengajarkan  πŸ’πŸ’LIMA KATA AJAIBπŸ’ ini sejak dini.  Apa sajakah itu? Yuk kita bahas . 


🌷1.Tolong
Kata ajaib pertama yang penting untuk diajarkan kepada anak-anak adalah kata “tolong”. Bunda bisa membiasakan mengatakan “tolong” saat membutuhkan bantuan anak-anak atau anggota keluarga lainnya. Mengucapkan kata tolong secara otomatis dapat membuat anak-anak menjadi rendah hati dan sopan. Oleh karenanya mintalah anak mengucapkan kata tolong sebelum meminta bantuan Bunda dan orang lain.

🌷🌷2. Maaf
Kata ajaib selanjutnya adalah “maaf”. Mungkin anak-anak masih belum terlalu paham arti kata maaf, tapi ayah-bunda bisa lho menjelaskan alasan si kecil harus meminta maaf. Suatu hari dia akan memahami arti kata maaf dan tumbuh menjadi anak yang rendah hati. Yuk, biasakan kata maaf tiap kali ayah-bunda melakukan kesalahan sekecil apapun. Bukan untuk merendahkan diri di hadapan anak-anak melainkan melatih anak untuk menjadi pribadi yang berjiwa besar.

🌷🌷🌷3. Permisi
Ayah-bunda pasti bangga donk punya anak yang pandai menghargai orang lain? Nah, mengajarkan anak-anak untuk meminta izin orang lain sejak dini dapat melatihnya menjadi pribadi yang tidak suka berbuat sesuka hati dan lebih menghargai orang lain. Alangkah bagusnya jika ayah-bunda memberikan contoh mengucapkan kata “permisi” tanpa segan agar anak-anak paham sopan santun.



🌷🌷🌷🌷4. Terima Kasih
Siapa sih yang tidak senang jika usahanya dihargai walau hanya dengan ucapan terima kasih? Tidak hanya orang tua tapi juga anak-anak. Ya, kata “terima kasih” membuat kita merasa berharga, tak terkecuali anak-anak yang yang juga bisa membuat mereka lebih percaya diri. Percayalah ayah-bunda, anak-anak yang kurang dihargai akan mencari penghargaan di luar keluarga. Jadi, ajarkan anak mengucapkan kata ajaib “terima kasih” sehingga mereka juga bisa menghargai orang lain dengan ucapan terima kasih.

🌷🌷🌷🌷🌷5. Silakan.
Membiasakan anak mengucapkan kata silakan dapat menjadi bekal anak untuk menjadi pribadi yang memiliki sikap toleransi. Oleh karenanya ajarkan anak mengucapkan kata “silakan” sejak dini. Ayah-bunda dapat memberikan contoh dengan mengucapkan kata “silakan” sehingga anak bisa belajar tentang ketulusan dan menghargai orang di sekitarnya.

Nah, itu dia 5 kata ajaib yang wajib diajarkan kepada anak-anak. Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman suku dan budaya sehingga anak-anak perlu diajarkan untuk membangun toleransi sejak dini dengan terbiasa mengucapkan 5 kata ajaib tersebut. Semoga anak-anak kita bisa menjadi anak yang berakhlak baik dan terpuji ya ayah bunda. 
Jumpa lagi di serial parenting berikutnya,  jangan lupa like and share yak. πŸ˜‰πŸ˜˜ 


Salam good parenting untuk generasi Indonesia yang lebih baik.
Salam Generasi Emas Indonesia 


😘😘😘

2 komentar: