Breaking News

Kegiatan Wisuda Tahfiz, Perpisahan dan Lounching Buku SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi

Sabtu, 3 Juni 2023 di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi mengadakan kegiatan akhir tahun yaitu wisuda tahfiz dan perpisahan,  sekaligus meluncurkan buku karya guru dan siswa SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi Selama beberapa tahun terakhir.  

Kegiatan ini sangat ditunggu oleh semua generasi 16 yang akan melanjutkan studinya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Sebanyak 174 siswa kelas 9 akan melangkah meninggalkan sekolah tercinta ini untuk melanjutkan perjuangan ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Alhamdulillah di tahun ini sekolah kita kembali meraih juara 1 tingkat Bukittinggi Dalam hasil Ujian Akhir Sekolah Kelas 9. 

Hasil luar biasa yang mampu kita raih di tahun ini, selain prestasi prestasi hebat lainnya. Di acara wisuda tahun ini lahir hampir 200 orang penghapal alquran yang akan terus memurojaah hafalannya sehingga bisa kelak meletakkan  Mahkota penghapal alquran di kepala orang tuanya masing-masing.  Pesan sekolah agar kelak mampu menambah hapalan dan terus mengulang setiap ayat dan surat yang telah dikuasai. 
Kegiatan wisuda diawali dengan pembacaan ayat suci alquran oleh siswa kelas 7, dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh ustad Zulfakhri, M.Pd. dalam tausiahnya beliau menyampaikan sangat Beruntungnya orangtua yang memiliki anak yang hafiz alquran karena bisa membawa 10 orang terdekat nya kelak di akhirat nanti ke surganya Allah. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan atau seoatah kata perpisahan yang disampaikan oleh ketua angkatan generasi 16 yaitu Fatir Alamsyah. Lalu juga sambutan dari perwakilan orangtua murid kelas 9. 
Acara yang dipandu oleh tiga MC kece ini, dikemas sangat menarik. Dengan menggunakan tiga bahasa, para pembawa acara menyampaikan rangkaian demi rangkaian acara dengan meriah. Mereka adalah Rojwa dari kelas 8A Natasya dari kelas 8B, dan Fathira dari kelas 7D. Setelah laporan dari kepala sekolah ustazag Busyra, S.Pd. sekaligus pemulangan kembali para siswa kelas 9 kepada orang tua masing-masing. Ustazah Ira melaporkan keberhasilan dan prestasi yang telah diraih oleh SMP selama satu tahun terakhir. Ucapan terimakasih juga kepada orangtua murid yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik selama tiga tahun ini di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi.  
Acara dilanjutkan dengan Lounching buku karya siswa dan guru SMP Islam AL-Ishlah Bukittinggi. Masing-masing penulis naik ke atas pentas membawa buku hasil tulisan mereka sekaligus penyerahan piagam penghargaan oleh kepala sekolah kepada masing-masing penulis. Dua buku yang diluncurkan hari itu adalah The Story of Tania dan Petualangan Tiga Mantra yang ditulis oleh generasi -16. Semua guru yang sudah berkarya pun tidak lupa dipanggil ke atas pentas. Banyak guru Al Ishlah yangvtekah menghasilkan karya dimulai sejak pandemi 2019 lalu. Semoga ke depannya semakin banyak karya yang hadir dan lahir lagi dari semua sivitas SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi.  
Setelah itu, acara wisuda tahfiz dimulai dengan pemanggilan setiap siswa dengan hasil capaian mereka dalam menghapal alquran.  Mulai dari 1 juz, 2 juz sampai 7 juz. Pencapaian tertinggi siswa yang paling banyak hapalannya adalah kategori 7 juz ada tiga orang, yaotu, Salwa, Fatiya, dan Ilyas. Kategori 6 juz satu orang, yaitu Aqsa Arantisi, 4 juz 6 orang dan yang lainnya kategori 3, 2 dan 1 juz, sementara kategori 1 juz hanya 4 orang. 

Apresiasi yang sangat luar biasa dari yayasan dengan berhasilnya acara ini digelar oleh pihak sekolah. Hari itu, semua walimurid datang dan menyambut dengan meriah acara wisuda yang pertama kali ini digelar oleh pihak SMP. Dengam bangga mereka memakai jubahbyang berwarna hijau muda dan perpaduan hijau tua. Wajah bangga dan bahagia tampak dari 174 siswa generasi 16 yang hadir saat itu.

2 komentar: